Daun Dewandaru : 15 Manfaat Daun Dewandaru Bagi Kesehatan

Posted on

Daun Dewandaru – Indonesia sendiri adalah salah satu negara dengan keanekaragaman hayati, itulah sebabnya masyarakat mengolahnya menjadi berbagai obat herbal. Penggunaan dan pengembangan obat tradisional adalah warisan turun temurun berdasarkan pengalaman. Salah satu olahan jamu didasarkan pada manfaat daun Dewandaru.

Pertumbuhan Dewandar juga menyebar ke Indonesia di wilayah Jawa dan Sumatra. Dengan karakteristik batang, batangnya tegak, berkayu, bulat dan berwarna coklat.

Daun-Dewandaru
Daun Dewandaru

Tanaman Dewandaru atau nama latinnya Eugenia uniflora L adalah semak yang tumbuh tinggi dan dapat mencapai ketinggian lebih dari 5 meter. umum di negara-negara Amerika Selatan, terutama di Brasil, Argentina, Uruguay dan Paraguay.

Tanaman Dewandaru adalah salah satu tanaman yang digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk jamu tradisional. Ini memiliki kelebihan sebagai obat batuk, disentri dan memiliki efek antibakteri.

Manfaat Daun Dewandaru

Menangkal Radikal Bebas

Tingginya kandungan senyawa dalam daun dewandaru, daun ini membuat khasiat dalam pencegahan radikal bebas. Karena senyawa di dalamnya bekerja bersama untuk mencegah radikal bebas dalam tubuh kita.

Penjelasan ilmiah terletak pada efek anti-radikal yang tinggi dari ekstrak kloroform, etil asetat dan etanol yang ditemukan pada daun Dewandaru.

Selain itu, ada juga senyawa kimia yang termasuk dalam kelompok antioksidan dan ditemukan pada daun Dewandaru, termasuk yang dari kelompok polifenol, vitamin C, vitamin E, beta-karoten, dan katekin.

Meningkatkan Sistem Imun

kandungan antioksidan yang terdapat dalam daun dewandaru dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena itu tubuh kita tidak rentan terhadap penyakit, dari penyakit ringan hingga berat seperti kanker dan lainnya.

Antioksidan Alami

Perlu Anda ketahui bahwa sistem antioksidan dalam tubuh kita dapat menurun karena rendahnya kualitas makanan yang mengandung antioksidan.

Untuk mengatasi masalah ketidakmampuan sistem antioksidan dalam tubuh kita, kita harus mengonsumsi tanaman yang memiliki senyawa alami yang bertindak sebagai antioksidan. Salah satunya adalah manfaat daun Dewandaru.

Daun Dewandaru adalah sumber antioksidan yang tinggi karena senyawa fenolik dan polifenol dalam daun Dewandaru bertanggung jawab untuk aktivitas antioksidan.

Selain itu, tanaman Dewandaru mengandung flavonoid, saponin, dan tanin. Flavonoid dan Vitamin C adalah sumber antioksidan.

Mencegah Kanker

Salah satu penyebab kanker adalah radikal bebas. Mengkonsumsi daun dewandaru secara rutin dan teratur menghambat penyebaran sel kanker dalam tubuh. Dengan demikian, penyakit seperti kanker bisa dicegah sejak dini.

Pencegahan tumor jinak dan ganas dapat dicegah dengan minum air rebusan atau seduhan dari daun Dewandaru. Karena senyawa fenolik dalam daun dewandaru melawan pertumbuhan tumor dalam tubuh.

Antibiotik Alami

Manfaat daun Dewandaru juga dapat bertindak sebagai antibiotik alami. Antibiotik digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi akibat kuman.

Antibiotik itu sendiri adalah zat yang diproduksi oleh jamur dan bakteri yang memiliki sifat mematikan atau menghambat pertumbuhan kuman.

Jadi, jika Anda ingin mencegah atau terinfeksi, hanya menumbuk beberapa helai daun Dewandaru, kemudian tempelkan pada infeksi, maka infeksi akan sembuh dengan cepat.

Mengobati Rasa Sakit

Ternyata khasiat daun Dewandaru juga dapat digunakan sebagai analgesik atau sebagai obat bius untuk menekan rasa sakit yang disebabkan oleh berbagai penyakit.

Jika Anda meminumnya secara teratur, Anda juga dapat minum obat seperti asam mefenamat. Namun perbedaannya adalah bahwa efek samping daun ini jauh lebih rendah.

Menyehatkan Paru-paru

Salah satu bakteri yang menyebabkan kesehatan organ paru-paru manusia adalah Streptococcus pneumoniae. Bakteri ini bersifat patogen bagi manusia.

Untuk alasan ini, gunakan daun Dewandaru untuk menjaga organ paru-paru Anda tetap sehat, karena kandungan antibakteri dalam daun berkontribusi terhadap pemberantasan Streptococcus pneumoniae, yang juga telah dibuktikan secara ilmiah.

Mengobati Diare

Diare, yang dapat disebabkan oleh bakteri atau kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat serta kebiasaan makan yang tidak sehat. Mereka hanya dapat diobati dengan konsumsi daun Dewandaru secara teratur.

Mengobati Disentri Basillar

Disentri basilar itu sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Shigella ketika infeksi terjadi di usus besar. Dengan rutin mengonsumsi daun Dewandaru, Anda telah berusaha mencegah terbentuknya disentri.

Ini karena dalam daun Dewandaru berguna sebagai agen antibakteri terhadap bakteri Membasi-Shigella yang menyebabkan penyakit pada usus manusia.

Mengobati Rematik

Mungkin manfaat daun Dewandaru dapat benar-benar dirasakan secara langsungoleh orang tua.

Karena mereka sering menderita sakit seperti rematik. Jadi, tambahkan minuman dari ekstrak daun dewandaru dengan memasak atau menyeduh untuk mengurangi rasa sakit akibat rematik.

Membasmi Sel Tumor

Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan dengan Dewandaru adalah Anda dapat menggunakannya untuk memberantas tumor. Ini juga diperkuat oleh penelitian ilmiah.

Dalam penelitian oleh Walker et al. (2005) menemukan dalam penelitian ini bahwa kandungan minyak atsiri dalam daun Dewandaru memiliki aktivitas sitotoksik secara invitro terhadap sel-sel tumor manusia.

Mengobati Sakit Gigi

Bahan-bahan seperti minyak esensial juga merupakan bagian dari daun Dewandaru ini.

Dengan minum atau membuatnya dengan air, Anda akan menghilangkan rasa sakit karena sakit gigi. Dan khasiat lain mencegah peradangan akibat sakit gigi.

Melindungi Organ Hati

Seperti yang sudah kita ketahui, hati adalah organ metabolisme terbesar dan terpenting dalam tubuh. Selain itu, hati juga berfungsi untuk menyimpan dan menyaring darah.

Untuk menjaga kesehatan hati kita dari penyakit hati, penyakit hati itu sendiri disebabkan oleh dua faktor, yaitu penggunaan obat-obatan, terutama yang mengandung parasetamol, dan mikroorganisme.

Dengan mengonsumsi daun Dewandaru, kita secara langsung berusaha menjaga kesehatan hati dan menghindari konsumsi obat yang berlebihan.

Ini karena ada ekstrak etanol di daun Dewandaru yang bisa menopang hati. Selain daunnya buah Dewandaru, penyakit hati juga bisa dicegah karena kandungan etil asetatnya

Menurunkan Tekanan Darah

Jika Anda menderita kondisi seperti tekanan darah tinggi, Anda harus segera mengambil daun dewandaru sebagai minuman sehari-hari.

Karena khasiat menormalkan hipertensi, Anda harus berkonsultasi dengan ahli herbal setidaknya sekali sehari atau pertama.

Anti Bakteri

Keunggulan utama daun Dewandaru adalah dihilangkannya bakteri berbahaya di dalam tubuh (antibakteri).

Daun Dewandaru sering digunakan untuk mengatasi masalah disentri yang disebabkan oleh bakteri bernama Shigella di usus besar manusia.

Demikianlah pembahasan tentang daun dewandaru semoga bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: