12 Manfaat Daun Embo dan Kandungan Daun Embo

Posted on

Daun Embo – Tanaman embo adalah tanaman yang memiliki berbagai jenis nama daerah. Beberapa namanya adalah imbo, alembha, intaran, mergo sier, neem tree dan nimba. Tanaman daun embo ini banyak digunakan dalam berbagai perawatan tradisional.

Dikenal sebagai obat melawan semua jenis penyakit. Kandungannya sangat fleksibel, sangat baik untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Baik penyakit dalam maupun penyakit luar.

Daun-Embo
Daun Embo

Daun embo menjadi pilihan perawatan ini adalah karena efek samping ringan. Inilah sebabnya obat tradisional seringkali lebih terkenal dan perlu. Efek samping yang di hasilkan lebih sedikit, sama sama menyembuhkan pula. Meski proses jangka waktu yang di tempuh sedikit lebih lama.

Kandungan Daun Embo

Tumbuhan ini mengandung beberapa nutrisi, termasuk azadiractin, sekelompok limonoid yang memiliki kandungan pembunuh pestisida yang sangat tinggi. Sayangnya, kandungan nutrisi azadirectin akan mati dalam 100 jam saat terkena sinar matahari dan air. Juga termasuk asam gliserat, asetiloksifuranil, decahidrotetramethyl, oxosyclopentanatolurane, asam asetat, keton, hexhydro, hydroxitetramethyl dan phenanthenone.

Manfaat Daun Embo

Mengobati Diabetes

Daun embo dapat digunakan untuk menyembuhkan diabetes. Caranya adalah memasak tujuh daun embo dengan dua gelas air. Biarkan mendidih sampai airnya tinggal segelas. Kemudian saring dan biarkan agak dingin. Minumlah setiap pagi, siang dan sore.

Menyembuhkan Diare

Ternyata daun tanaman ini bisa digunakan melawan diare. Anda melakukan ini dengan merebus 7 lembar daun embo dalam 3 gelas air. Biarkan mendidih sampai air tersisa 1 gelas. Saring, lalu minum setiap pagi, siang dan sore. Jika Anda merasa terlalu pahit, Anda bisa menambahkan madu.

Mengobati Malaria

Pengobatan malaria sama dengan pengobatan diare. Yakni dengan 7 lembar daun embo yang dimasak dengan 3 gelas air. Kemudian tunggu sampai mendidih sampai sisa air hanya segelas. Kemudian angkat dan saring. kemudian minum airnya. Hanya saja Anda meminumnya pagi dan malam.

Mengatasi Masuk Angin

Masuk angin memang salah satu penyakit yang dianggap ringan. Hanya saja itu menjadi sangat menyakitkan ketika Anda membiarkannya berlarut-larut. Salah satu cara untuk menyembuhkannya adalah daun Embo. Yaitu, dengan 7 lembar daun embo yang dimasak bersama dengan tiga gelas air. Kemudian rebus hingga air hanya tinggal satu gelas. Minumlah di pagi dan sore hari sebelum tidur.

Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Salah satu manfaat dari daun embo adalah untuk meningkatkan kelancaran sistem sirkulasi Anda. Hal ini dipengaruhi oleh fakta bahwa ada zat-zat minyak di daun embo, yang meningkatkan aliran darah dan dengan demikian membuat darah lebih bersih. Kandungan oksigennya juga lebih baik.

Mengatasi Penyakit Stroke

Stroke adalah penyakit yang menyerang otak karena sistem peredaran darah yang mengarah ke otak tersumbat. Biasanya disebabkan oleh kandungan kalsium yang tinggi. Bahkan jika terjadi kerusakan, beberapa alat indera mungkin tidak berfungsi dengan baik. Namun, jika aliran darah lancar, darah teroksigenasi dan berkarbonasi dapat dengan mudah ditukar untuk mengurangi risiko stroke.

Mengatasi Penyakit Jantung Koroner

Mirip dengan stroke, penyakit jantung koroner disebabkan oleh pembekuan darah yang mencapai jantung. Secara umum, penyumbatan karena terlalu banyak lemak dalam pembuluh darah. Oleh karena itu faktor risiko untuk pasien jantung koroner adalah orang yang menderita obesitas. Ketika sirkulasi darah lancar, Hal itu mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi Daun embo.

Meningkatkan Imunnitas

Sistem Imunnitas dapat meningkat ketika kondisi seseorang dalam kondisi baik. Berorientasi darah, yang selalu mengangkut oksigen secara optimal. Hal ini akan membantu menghilangkan racun dari tubuh dengan lebih mudah dan lebih cepat. Hal ini memungkinkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih tahan terhadap patogen yang merusak dan benda asing.

Mengobati Eskim dan Kudis

Kandungan daun embo memiliki sifat antibakteri yang membantu dalam pengobatan penyakit kulit seperti Eskim dan kudis. Caranya adalah mencuci bagian yang terkena dengan rebusan daun embo.

Mengobati Kanker

Beberapa penemuan baru-baru ini menyebutkan bahwa keefektifan daun embo dapat mengobati kanker. Hal ini karena beberapa zat dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Zat ini bertindak sebagai racun dalam tubuh, yaitu zat azadiraktin (C35H44 dan O16)

Melancarkan Program KB

Cukup mengusulkan dua anak untuk menjadi salah satu program pemerintah dan menangani kepadatan penduduk di Indonesia. Biasanya lebih dikenal dengan program keluarga berencana. Daun ini aman untuk dikonsumsi terutama bagi wanita yang berada dalam fase subur dan menunda kehamilan mereka. Kemanjurannya mampu membunuh invasi sperma untuk mencegah Fertiisasi.

Menurunkan Gula Darah

Kinerja daun embo dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Manfaatnya akan terasa setelah dua minggu makan ramuan daun embo ini. Caranya adalah mencuci segenggam daun embo kering, yang direbus dengan 2 gelas air. Biarkan mendidih sampai airnya hanya segelas. Minumlah airnya saat dingin setiap pagi dan sore.

Demikianlah pembahasan tentang daun embo semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: