13 Manfaat Daun Inggu untuk Kesehatan

Posted on

Daun Inggu – Daun Inggu adalah tanaman yang berasal dari Eropa atau Afrika. Daun Inggu memiliki beberapa manfaat yang dapat digunakan untuk kesehatan. Tanaman ini dapat digunakan sebagai tanaman hias, atau biasanya tanaman ini memiliki habitat liar di mana tanaman ini dapat ditemukan di mana-mana, selama tempat itu memiliki paparan sinar matahari yang cukup. Secara umum, tanaman ini sering ditemukan di ladang.

Daun Inggu terkenal dikalangan masyarakat karena daun Inggu memiliki sejumlah keunggulan yang diyakini sangat efektif untuk pengobatan luka, pengobatan epilepsi dan juga untuk pengobatan demam. Selain itu, ternyata daun Inggu juga anti-inflamasi.

Daun-Inggu
Daun Inggu

Tanaman ini adalah salah satu tanaman yang harus ditanam sebagai apotek hidup, karena daun Inggu memiliki beberapa keunggulan, seperti dijelaskan di atas. Untuk lebih jelasnya, kami menjelaskan manfaat daun Inggu berikut untuk kesehatan Anda.

Sebelum Anda mengetahui manfaat daun Inggu, Anda juga perlu tahu bahan apa yang terkandung dalam tanaman inggu. Kandungan daun Inggu termasuk Katone, Flaveol, Bergapten, Modic Acid, Rutin, Tannin, Cocciaginine, Pinena, Edulinin, dll. Meski di dalam tanaman ini memiliki racun namun segala yang dimiliki oleh daun Inggu ini sangatlah kecil sehingga tanaman umum ini sangat jarang mengibatkan orang keracunan. Untuk itu, daun Inggu memang sangat efektif untuk menjaga kesehatan Anda.

Manfaat Daun Inggu

Mengatasi Rasa Sakit

Manfaat daun Inggu yang pertama adalah dapat mengatasi rasa sakit dan ketidaknyamanan. Karena itu, daun inggu disebut juga daun dengan fungsi analgesik. Berbagai rasa sakit yang Anda rasakan dapat disembuhkan dengan daun ini, misalnya nyeri haid.

Menurunkan Panas Dalam

Manfaat daun inggu juga ampun dalam menurunkan panas demam. Bahan-bahan alami, yang tidak menimbulkan efek samping, pasti akan mengatasi demam panas di tubuh Anda, terutama pada anak-anak yang sering mengalami demam.

Mengatasi Pusing

Manfaat daun inggu dapat menyembuhkan pusing dan sakit yang terjadi di kepala Anda. Kandungan senyawa dalam daun ini mengurangi rasa pusing dan sakit serta gejala sakit kepala seperti migrain.

Menetralkan Racun Makanan

Khasiat daun Inggu dapat menjadi penetralisir racun dari makanan yang Anda konsumsi. Jika Anda memiliki gejala keracunan yang disebabkan oleh makanan yang Anda makan, segera ambil beberapa daun sehat ini untuk menghilangkannya.

Mengobati Cacingan

Manfaat daun inggu dapat mengobati cacingan. Cacingan adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh masuknya cacing ke dalam sistem pencernaan. Nah, daun ini akan membunuh cacing sehingga penyakit Anda bisa disembuhkan.

Mencegah Kejang Pada Anak

Penggunaan daun inggu untuk kesehatan anak-anak adalah salah satunya yang dapat mencegah kejang dan mengatasi gejalanya. Jika anak Anda sering kejang karena sakit, cobalah mengkonsumsi daun ini.

Menyembuhkan Luka

Penyembuhan luka cepat membantu kulit Anda cepat kering saat menutup luka. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan daun inggu. Daun hijau ini bisa mempercepat proses penyembuhan kulit Anda yang terluka.

Mengatasi Penyakit Hepatitis

Hepatitis atau sering disebut penyakit kuning akan menyerang hati di tubuh Anda. Untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan daun inggu sebagai obat. Daun ini berfungsi menyembuhkan penyakit hepatitis.

Meredakan Sakit Gigi

Jika Anda mengalami rasa sakit ngilu dan nyeri yang luar biasa dari gigi, gunakan daun inggu sebagai obat. Daun ini bisa meredakan sakit gigi. Jangan lupa ke dokter jika rasa sakitnya tidak hilang.


Anti Inflamasi

Salah satu manfaat daun inggu yang tidak kalah pentingnya adalah untuk mengatasi berbagai jenis peradangan dalam tubuh seperti infeksi tenggorokan dan radang usus. Kegunaan daun ini dibantu oleh kandungan senyawa antiinflamasi.

Analgesik

Tanaman Inggu dapat digunakan untuk mengobati rasa sakit atau nyeri karena tanaman ini bersifat analgesik dan sifatnya membantu menghilangkan rasa sakit.

Mengencerkan Dahak

Daun Inggu ini digunakan sangat efektif untuk mengencerkan dahak, sehingga tanaman ini dapat digunakan untuk mengobati seseorang yang menderita batuk.

Menetralisir Racun

Kandungan yang terkandung dalam daun Inggu juga dapat digunakan untuk menetralisir racun, khususnya daun Inggu dapat digunakan untuk menetralisir racun akibat makanan dan juga untuk menetralisir racun akibat obat.

Demikianlah pembahasan tentang daun inggu semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: