12 Manfaat Daun Encok untuk Kesehatan

Posted on

Daun Encok – Daun encok diklasifikasikan menjadi spesies daun yang berasal dari tanaman liar dengan kelopak kecil dan tulang putih yang sedikit lengket. Nama daun ini tidak menyebabkan Anda menderita asam urat.

Daun ini sebenarnya sangat berkhasiat untuk kesehatan Anda. Batangnya berwarna putih dengan beberapa duri halus. Daun tanaman encok berbentuk oval dan cukup lebar dengan warna hijau tua. Tinggi tanaman tidak mencapai 1 meter.

Daun-Encok
Daun Encok

Kandungan senyawa dalam daun encok adalah 3 chloroplumbagin, suberosine, 5 methoxycillin, comarinseselin, chitranon, chitranon, plumbagin dan droseron. Manfaatnya bisa membuat Anda sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Meski berkhasiat tetapi Anda juga harus hati-hati saat menggunakan daun encok ini. Daun encok juga memiliki kandungan racun yang tinggi, jadi Anda tidak boleh menyimpan daun ini terlalu lama atau mendiamkannya.

Manfaat Daun Encok

Mengobati Rematik.

Ambil segenggam daun encok, cuci bersih, dan haluskan. Tambahkan sedikit air dan aduk hingga mirip dengan tekstur bubur. Oleskan campuran ke bagian yang terkena setidaknya dua kali sehari. Atau Anda juga bisa menghancurkan 15 gram daun encok dengan 1 sendok makan kapur sirih dan kemudian oleskan ke bagian yang sakit.

Mengatasi Sakit Kepala.

Bagi Anda yang menderita sakit kepala, daun encok juga sangat efektif dalam mengatasi masalah Anda. Anda harus menyiapkan cukup daun encok, lalu tumbuh dengan kasar, tambahkan sedikit minyak kelapa, aduk hingga terbentuk campuran bubur, dan kemudian letakkan di sisi sakit kepala selama maksimal 30 menit agar kulit Anda tidak terkena melepuh.

Cara lain untuk menggunakan daun encok adalah dengan menambahkan daun encok segar, mencuci bersih, menambahkan minyak kelapa, dan dilayukan di atas api. Baru kemudian dioleskan ke bagian belakang telinga.

Memperlancar Buang Air Kecil

Untuk mengatasi kesulitan buang air kecil, campur 1 genggam daun encok, tambahkan adas pulosari dan kemudian haluskan. Oleskan campuran daun encok dan adas pulosari selama maksimal 30 menit di perut bagian bawah

Meredakan Nyeri Memar

Karena sifat anti-inflamasi dan analgesik dari daun encok, daun ini dapat digunakan untuk mengobati rasa sakit akibat luka memar atau luka lebam.

Mengobati Kanker Darah

Tidak hanya daunnya yang bermanfaat, tetapi juga akar tanaman encok dapat bermanfaat dalam mengatasi kanker darah. Caranya adalah dengan mencampurkan akar encok dengan 15g beberapa jenis bahan lainnya seperti biji Livistona chinensis, Verbena officinalis, Hedyotis diffusa (rumput lidah ular) dan Spica prunellae (xia ku caol dari tanaman Prunella vulgaris L.) sebanyak 30 g.

Caranya adalah memasak akar encok selama 4 jam, gunakan air seperlunya, dan masak sampai menyusut. Biarkan sebentar, lalu tambahkan bahan lainnya. Masak selama 30 menit. Membagi menjadi 3 bagian dan minum di pagi, siang dan sore hari.

Mengatasi Penyakit Kulit

Juga telah ditunjukkan bahwa daun encok dapat mengatasi berbagai jenis masalah kulit, termasuk kusta dan kudis. Caranya adalah dengan menghancurkan daun encok yang sudah dicuci bersih lalu tambahkan air dan susu. Aduk rata, lalu diamkan sampai dingin, lalu minum 1/3 gelas tiga kali sehari.

Anti-Inflamasi

Khasiat daun encok juga anti-inflamasi, yang merupakan fungsi untuk mengatasi dan mengurangi peradangan. Sebelum peradangan terjadi, daun ini juga bisa mencegahnya agar tidak menimbulkan rasa sakit.

Bagus untuk Lambung

Khasiat daun encok sangat baik untuk lambung. Lambung adalah bagian dari pencernaan yang sering menyebabkan kejang atau kembung karena faktor-faktor tertentu. Untuk ini, Anda harus mencoba daun ini untuk mengatasinya.

Mengatasi Salah Urat

Salah satu manfaat daun encok yang baik untuk tubuh adalah mengatasi salah urat. Banyak orang mengalami penyakit ini di pembuluh darah mereka dan dapat diatasi dengan mencoba daun encok ini. Selain itu, daun encok ini juga berguna untuk mengatasi terkilir.

Antibakteri

Antibakteri adalah Khasiat dari daun encok untuk mengusir dan membunuh kuman, bakteri, dan virus yang menyerang kesehatan Anda. Banyak penyakit bakteri yang dapat dicegah dengan daun ini.

Menangkal Radikal Bebas

Siapa sangka jika daun encok dari tanaman liar dapat mencegah radikal bebas. Anda tidak akan merasakan efek radikal bebas sekarang, tetapi nanti dan Anda tidak akan menyadarinya. Sebelum terlambat, cobalah dulu obat herbal dari daun ini.

Menurunkan Demam

Manfaat daun encok juga dapat digunakan sebagai penurun demam. Daun ini dapat mengontrol suhu tubuh Anda sehingga tidak terlalu tinggi dan menyebabkan demam. Dengan cara ini, daun encok ini mengandung sifat antipiretik.

Demikianlah pembahasan tentang daun encok semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya