16 Manfaat Daun Bungur dan Kandungan Dalam Daun Bungur

Posted on

Daun Bungur – Daun bungur muncul dengan jenis bunga merah muda yang indah. Karena itu, tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman hias karena bunganya yang indah. Tidak hanya tampilannya, tetapi juga aromanya yang sangat unik dan harum.

Tanaman bungur dapat tumbuh setinggi 9 meter. Pertumbuhannya dapat dengan mudah berkembang di daerah tropis seperti Indonesia. Jadi jangan heran jika tanaman ini tumbuh subur.

Daun-Bungur
Daun Bungur

Tidak hanya daun bungur yang memiliki khasiat kesehatan, tetapi juga akar dan bunga. Daun ini memiliki banyak senyawa alami yang dapat menyehatkan tubuh Anda. Manfaat daun sehat ini juga dapat mencegah berbagai jenis penyakit dalam tubuh.

Kandungan Dalam Daun Bungur

Daun bungur memiliki berbagai kandungan yang dapat digunakan sebagai obat untuk beberapa jenis penyakit. Daun bungur digunakan tidak hanya sebagai obat tetapi juga sebagai herbal untuk menjaga kesehatan.

Daun bungur terdapat kandungan antara lain asam korosol, saponin, tanin dan flavonoid. Penelitian menunjukkan bahwa saponin dapat digunakan dalam daun bungur sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dipercayai bahwa beberapa bahan dalam daun bungur digunakan sebagai obat dan bahan herbal untuk menjaga kesehatan.

Manfaat Daun Bungur

Mengatasi Diabetes

Diabetes terjadi karena penurunan produksi insulin dan menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Banyak metode yang digunakan untuk meningkatkan produksi insulin sehingga kadar gula darah dapat diturunkan. Salah satu bahan alami yang dapat membantu meningkatkan produksi insulin adalah tingkat asam corosolic yang ditemukan dalam daun bungur. Asam corosolic biasanya berasal dari ekstrack daun bungur.

Mencegah Kanker

Daun bungur mengandung saponin, yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sebagai antioksidan. Antioksidan dalam daun ini dapat mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh. Daun bungur mengandung saponin dan juga flavonoid. Kedua senyawa ini dapat mencegah sel kanker berkembang di dalam tubuh.

Sebagai Antivirus

Tidak hanya mencegah perkembangan sel kanker, saponin dalam daun bungur juga dapat mencegah virus memasuki tubuh. Sehingga tubuh dapat terhindar dari beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus seperti flu, herpes dan beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus.

Sebagai Antiseptik

Saponin dalam daun bungur juga memiliki efek antiseptik. Sifat antiseptik daun bungur dapat digunakan untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada permukaan kulit. Ini dapat membantu dalam menyembuhkan beberapa penyakit pada permukaan kulit dan selaput lendir seperti tersayat pisau, luka lecet dan luka lainnya.

Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga kesehatan tulang sangat penting karena tulang bertindak sebagai kerangka dan juga pendukung tubuh. Kekurangan kalsium dan fosfor dapat menyebabkan tulang menjadi keropos. Tulang membutuhkan senyawa flavonoid selain kalsium dan fosfor untuk mencegah keropos tulang.

Mengatasi Peradangan

Peradangan sering terjadi karena virus atau bakteri. Pencegahan dan mengatasi peradangan atau inflamasi bisa dilakukan dengan daun bungur. Flavonoid dalam daun bungur dapat mencegah dan mengatasi peradangan.

Mencegah Penuaan Dini

Salah satu manfaat daun Bungsur adalah dapat mencegah penuaan dini. Ini karena kandungan daun bungur dapat membantu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Anti Hipertensi

Kandungan daun bungur dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah. Dengan menggunakan daun bungur, tekanan darah bisa turun, sehingga tekanan darah kembali normal, karena daun tersebut memiliki sifat antihipertensi.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Penumpukan kolesterol dalam aliran darah dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Mengkonsumsi daun bungur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah sehingga aliran darah menjadi lancar dan juga dapat mencegah timbulnya penyakit yang disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah yang disebabkan oleh kolesterol.

Mengatasi Stroke

Stroke disebabkan oleh akumulasi kolesterol dalam aliran darah, yang menyebabkan penyumbatan aliran darah. Daun Bungur diketahui melepaskan darah dengan menurunkan kolesterol darah. Ketika aliran darah lancar, seseorang menghindari stroke, dan pasien stroke juga dapat secara bertahap membaik dengan mengambil daun bungur sebagai obat herbal.

Mengobati Kencing Manis

Khasiat daun bungur bermanfaat dalam pengobatan kencing manis. Penyakit ini adalah salah satu gejala yang menyebabkan diabetes muncul di tubuh Anda. Gunakan daun bungur ini sekarang untuk mencegah hal ini.

Mengobati Diare

Siapa sangka jika daun bungur juga bisa mengatasi diare dalam sistem pencernaan Anda. Jika Anda mengalami diare yang sulit disembuhkan, coba gunakan daun sehat ini sebagai obat.

Menyembuhkan Eksim

Eksim adalah jenis penyakit yang menyerang kulit Anda. Anda bisa mengatasinya dengan daun bungur. Bahan alami daun ini dirancang untuk membuat kulit Anda sehat tanpa menyebabkan eksim.

Mengatasi Penyakit Kulit

Anda bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit dengan daun bungur. Gatal atau gejala alergi yang menyerang kulit Anda bisa diatasi dengan daun bungur ini. Anda juga tidak akan mendapatkan efek samping pada kulit.

Mengobati Batu Ginjal

Batu ginjal adalah jenis penyakit yang menyerang organ ginjal Anda. Ini bisa diobati dengan mengkonsumsi daun bungur yang dimasak dengan air. Minumlah air secara teratur sampai batu ginjal Anda merasa sembuh.

Mencegah Serangan Jantung

Mirip dengan stroke, serangan jantung juga disebabkan karena aliran darah ke jantung tersumbat oleh kolesterol. Kandungan daun bungur, yang menurunkan kolesterol, merangsang sirkulasi darah dan tidak hanya mengatasi stroke, tetapi juga bisa mencegah serangan jantung.

Demikianlah pembahasan tentang daun bungur semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: