11 Manfaat Daun Hantap untuk Kesehatan

Posted on

Daun Hantap – Daun hantap adalah daun ramuan alami yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit. Berbagai jenis tanaman beraneka ragam di Indonesia menyebabkan banyak tanaman yang dapat digunakan sebagai obat herbal, salah satunya adalah tanaman hantap.

Mengapa perlu menggunakan daun tanaman ini? Daun hantap mengandung serat, tanin, alkaloid dan berbagai senyawa lainnya untuk membantu menyehatkan tubuh.

Daun-Hantap
Daun Hantap

Daun hantap berukuran cukup lebar dan cukup besar untuk sebuah daun. Warnanya yang hijau dan melengkung di bagian luar daun membuatnya terlihat seperti daun mangga ketika Anda melihatnya. Jumlah daun di tanaman atau pohon bisa sangat banyak.

Karena itu, daun ini sangat lebat saat tumbuh. Cobalah menanam daun ini di taman rumah Anda sehingga Anda dapat menggunakannya kapan pun Anda membutuhkannya.

Manfaat Daun Hantap

Obat Panas Dalam

Khasiat utama daun hantap adalah mengobati panas dalam. Telah terbukti bahwa daun ini dapat mengobati panas dalam. Anda bisa memasak daun ini dan kemudian minum air rebusan saat masih hangat, sampai panas dalam Anda sudah sembuh.

Mengatasi Sariawan

Khasiat daun hantap juga baik untuk mencegah sariawan. Daun ini membuat mulut Anda sehat. Jika sebelumnya Anda terinfeksi sariawan, Anda juga dapat menggunakan daun ini sebagai obat untuk sariawan.

Menyehatkan Pencernaan

Jangan ragu menggunakan khasiat daun hantap untuk membuat pencernaan Anda lebih sehat. Ternyata daun lebar ini mengandung banyak serat, yang menyehatkan pencernaan dan mencegah gangguan pencernaan.

Baik untuk Kesehatan Usus

Jaga kesehatan usus Anda dengan menggunakan khasiat daun hantap. Daun ini secara alami menyehatkan usus sehingga tidak mudah terkena penyakit seperti peradangan atau penyakit lain yang dapat merusak sistem pencernaan.

Menyehatkan Lambung

Khasiat daun hantap tidak kalah bagus dalam menyehatkan lambung. Lambung yang sehat adalah lambung yang dapat dengan mudah memproses makanan dan menarik berbagai nutrisi untuk masuk kedalamnya.

Obat Maag

Bagi Anda yang sering menderita penyakit maag ada baiknya menggunakan daun hantap untuk mengobatinya. Daun ini adalah daun ampuh yang menetralkan keasaman lambung di tubuh Anda.

Menyembuhkan Perut Kembung

Perut yang kembung dapat menyebabkan mual dan muntah. Keadaan seperti itu jangan dibiarkan begitu saja. Saat Anda mulai merasakan kembung, cobalah mengobatinya dengan daun hantap.

Membantu Proses Persalinan

Untuk wanita hamil yang akan melahirkan, mereka dapat mencoba khasiat daun hantap. Daun hijau ini membantu wanita hamil untuk menjalani proses persalinan yang mudah dan aman.

Melancarkan Buang Air Kecil

Gunakan daun hantap untuk dunia kesehatan yang bisa Anda andalkan saat buang air kecil. Bagi wanita yang biasanya mengalami kesulitan buang air kecil, disarankan untuk mengkonsumsi daun ini.

Menyehatkan Saluran Kemih

Saluran kemih yang sehat dapat mencegah penyakit. Untuk itu, buatlah saluran ini lebih bersih dan lebih sehat dengan mengandalkan bahan alami daun hantap. Daun ini mengusir kuman dari saluran kemih Anda.

Sumber Antioksidan

Antioksidan adalah zat yang dapat memperlambat atau mencegah oksidasi. Antioksidan bisa menjebak radikal bebas sehingga tidak bisa menyebabkan penyakit. Vitamin A dan karotenoid, Vitamin E, Vitamin C, Vitamin B 2, Zn Seng, Tembaga Cu, Selenium Se dan protein adalah antioksidan yang digolongkan sebagai nutrisi.

Demikianlah pembahasan tentang daun hantap semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: