13 Manfaat Daun Horenzo untuk Kesehatan

Posted on

Daun Horenzo – Horenzo dikenal sebagai salah satu jenis bayam, yang merupakan tanaman asli dari Sakura Jepang. Sehingga menjadikannya juga disebut bayam Jepang. Jangan takut untuk mendapatkan bayam ini di Indonesia. Meskipun berasal dari Jepang, saat ini sudah ada banyak supermarket.

Horenzo biasanya diproses dalam bentuk sup dan tempura yang terasa lebih segar saat digigit. Untuk bentuknya sendiri tidak ada perbedaan untuk bayam secara umum. Hal yang sama berlaku untuk kandungannya.

Daun Horenzo
Daun Horenzo

Horenzo mengandung multivitamin kompleks seperti vitamin K, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B6, asam folat dan vitamin E. Selain itu, bayam jepang juga mengandung serat, zat besi, mineral dan lain-lain.

Manfaat Daun Horenzo

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Seperti yang sudah disebutkan horenzo ini kaya serat. Dengan asupan teratur serat baik untuk kesehatan sistem pencernaan anda. Agar Anda tidak merasakan sedikit pun yang namanya sembelit, diare dan disentri. Jadikan sayuran ini sebagai alternatif dari menu sehat keluarga anda.

Menyehatkan Mata

Bayangkan ketika mata Anda terganggu. Jangankan untuk melihat, hanya berkedip akan terasa tidak nyaman. Karena itu, penting untuk selalu menjaga kesehatan mata. Salah satunya, dengan rutin mengonsumsi daun horenzo. Telah ditunjukkan bahwa kandungan lutein dalam daun horenzo melindungi mata dari sinar ultraviolet.

Mencegah Anemia

Seperti halnya bayam lainnya, Daun herenzo mengandung kandungan zat besi yang tinggi. Oleh karena itu, tidak jarang bagi banyak orang untuk menggunakan sebagai alternatif pencegahan dan pengobatan anemia. Makanlah sayuran ini secara teratur.

Mencegah Kanker

Jika kanker telah menjadi salah satu penyakit yang ditakuti, kini telah menjadi penyakit yang tampaknya telah menyebar luas. Hal ini disebabkan perkembangan dunia obat antikanker. Selain itu, tidak ada yang salah dengan mencegahnya daripada menyembuhkannya.

Cobalah untuk mengkonsumsi daun horenzo secara teratur. Karena kandungan antioksidan dalam bayam Jepang cukup tinggi. Seperti kita ketahui, antioksidan tingkat tinggi dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Mencegah Diabetes

Mineral yang juga terdapat dalam daun horenzo adalah magnesium. Magnesium memiliki fungsi yang sama dengan jenis bayam lainnya. Jadi jika Anda makan sayur ini secara teratur, Anda bisa mengontrol kadar gula darah. Seperti kita ketahui, kadar gula darah yang tinggi meningkatkan risiko terkena diabetes.

Mengandung Vitamin dan Mineral

Banyak kelebihan yang terkandung dalam daun horenzo. Seperti halnya varietas bayam lainnya, bayam Jepang ini kaya akan vitamin dan mineral. Seperti yang sudah kita ketahui, kandungan vitamin dan mineral sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Melancarkan Peredaran Darah

Seperti yang sudah dijelaskan kandungan zat besi dalam daun horenzo dapat mencegah dan mengobati anemia. Ini juga terkait dengan kemampuannya mengontrol peredaran darah. Hal ini akan menghindari risiko yang terkait dengan darah seperti jantung.

Meningkatkan Kekuatan Tulang

Orang awam sering menyebutnya kerapuhan tulang. Penyakit dengan nama ilmiah osteoporosis umum di usia tua. Jadi alangkah baiknya jika Anda juga menggunakan daun horenzo sebagai menu harian. Diyakini bahwa kandungan yang terkandung di dalamnya selalu dapat menjaga kesehatan tulang.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Telah ditemukan bahwa daun horenzo mengandung sejumlah besar asam folat. Asam folat bermanfaat bagi tubuh karena dapat mencegah risiko penyakit jantung.

Anti Penuaan

Daun Horenzo untuk dikonsumsi oleh Anda yang ingin menghindari penuaan dini. Telah ditunjukkan bahwa kandungan vitamin K mengurangi tanda dan gejala penuaan. Jadi lebih baik jika Anda meminumnya secara teratur.

Mencegah Stroke

Kandungan vitamin K dalam daun horenzo dapat dibuktikan untuk mencegah stroke. Hal ini disebabkan kemampuan vitamin ini untuk mengurangi pengerasan pembuluh darah.

Mencegah Penyakit Alzheimer

Selain pencegahan stroke, telah ditunjukkan bahwa kandungan vitamin K dalam daun horenzo mengurangi plak di jaringan otak. Karena jika terlalu banyak plak menumpuk, risiko Alzheimer meningkat. Bagi orang awam itu sering disebut penyakit lupa.

Kaya Serat

Serat adalah salah satu kandungan alami yang tinggi dalam daun horenzo. Kandungan serat dalam daun horenzo tidak hanya dapat meningkatkan pencernaan, tetapi juga memiliki manfaat besar dalam menyerap nutrisi dan zat gizi yang masuk ke dalam tubuh.

Demikianlah pembahasan tentang daun horenzo semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: