12 Manfaat Lobak Putih dan Kandungan Gizi Lobak Putih

Posted on

Manfaat Lobak Putih – Lobak putih atau daikon atau lobak Jepang, adalah sayuran yang berasal dari Cina. Sayuran ini kemudian banyak dibudidayakan di Indonesia terutama di dataran rendah dan di pegunungan. Sekilas jika diperhatikan, lobak putih bentuknya mirip wortel. Tapi warnanya berbeda yaitu putih.

Sayuran dengan nama latin Raphanus raphanistrum var. Sativus ini milik keluarga Brassicaceae atau Cruciferaceae. Kelompok sayuran masih merupakan keluarga dengan kol atau kubis.

Lobak-Putih
Lobak Putih

Lobak putih baik untuk kesehatan manusia. Beberapa manfaat lobak adalah menurunkan berat badan, menghambat pertumbuhan sel kanker, menurunkan tekanan darah tinggi dan banyak manfaat lobak lainnya untuk kesehatan Anda.

Kandungan Gizi Lobak Putih

Lobak putih mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Kandungan zat gizi makro dalam lobak putih termasuk karbohidrat, protein, dan lemak. Meski tidak banyak, lobak putih juga memiliki kalori.

Tanaman lobak putih mengandung kalium dalam jumlah yang sangat besar. Lobak putih juga mengandung mineral lain seperti natrium, kalsium, zat besi dan magnesium. Beberapa vitamin dalam lobak putih adalah vitamin C dan vitamin B kompleks.

Manfaat Lobak Putih

Memperkuat Imunitas

Manfaat lobak putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena kehadiran antioksidan dalam lobak putih yang berasal dari kandungan vitamin C. Sistem kekebalan tubuh diperkuat karena vitamin C telah meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain vitamin C, berbagai nutrisi lain seperti vitamin B, vitamin E, dan kalium berkontribusi pada peningkatan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi lobak secara teratur dapat berarti bahwa mencegah anda tidak sakit dan tidak mudah tertular penyakit.

Menurunkan Berat Badan

Jika Anda memiliki masalah dengan obesitas konsumsi lobak putih dapat menjadi solusi karena khasiat lobak putih dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Lobak putih mengandung serat dan banyak air.

Kandungan serat dalam lobak putih meningkatkan massa tinja anda dan membantu menghilangkannya. Selain itu, Anda merasa lebih kenyang melalui serat dan mencegah anda makan banyak.

Membantu Detoksifikasi

Makanan dan minuman yang anda makan mengandung racun yang berbahaya jika tidak segera dibuang. Racun yang menumpuk dapat mempengaruhi kesehatan Anda dan menyebabkan berbagai masalah medis.

Manfaat lobak dapat membantu Anda menyingkirkan racun ini. Kandungan zat dalam lobak putih bisa menghilangkan sisa metabolisme tubuh, yang beracun, sehingga tubuh terbebas dari racun.

Menjaga Kesehatan Kulit

Lobak putih juga dapat membuat kulit anda sehat. khasiat lobak putih ini didasarkan pada beberapa bahan seperti air, vitamin C, vitamin B kompleks dan berbagai mineral. Kandungan ini dapat membantu melembabkan kulit anda.

Kulit yang tetap lembab mencegah gangguan kulit seperti kulit kering, kulit terkelupas, kulit kusam, ruam dan kulit pecah-pecah. Konsumsilah lobak putih untuk menjaga kulit Anda sehat dan cantik.

Membantu Proses Pencernaan

Manfaat lobak juga dapat membantu proses pencernaan. Hal ini terkait erat dengan Dukungan serat yang terkandung dalam lobak putih. Serat dalam lobak putih dapat mengatur pergerakan usus.

Selain itu, serat makanan ini juga dapat meningkatkan kemampuan sistem pencernaan tubuh untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Khasiat lobak putih juga dapat membersihkan usus anda dari berbagai zat berbahaya, karena mengandung serat.

Melindungi dan Menjaga Organ Hati

Hati adalah organ yang sangat penting karena memiliki banyak fungsi. Fungsi hati yang sangat banyak dapat terganggu jika hati memiliki banyak masalah. Karena itu, perlindungan harus diberikan terhadap hati.

Manfaat lobak dapat menjaga kesehatan hati dan mengatasi berbagai masalah. Khasiat lobak putih, yang dapat mendetoksifikasi tubuh, ternyata dapat mengurangi kerja hati. Hal ini dapat mencegah kerusakan pada hati karena beban kerja menetralkan racun.

Menjaga Kesehatan Jantung

Selain menjaga kesehatan organ hati, manfaat lobak putih juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat dalam lobak putih bisa menyerap kolesterol yang akan dihilangkan. Ini memiliki efek menurunkan kadar lemak darah.

Kadar lipid darah yang berkurang adalah kolesterol LDL atau kolesterol jahat dan trigliserida. Saat kolesterol LDL dan kadar trigliserida turun, Hal ini dapat menjaga kesehatan jantung.

mengontrol Tekanan Darah

Kandungan potasium sangat tinggi dan telah ditunjukkan bahwa lobak putih memiliki efek pada tekanan darah. Berkat kandungan potasium, manfaat lobak putih dapat mengontrol tekanan darah.

Hal ini karena potasium dalam lobak putih dapat menjaga keseimbangan natrium dan kalium dalam tubuh. Mengkonsumsi lobak putih dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini sangat baik untuk pasien dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Mengontrol Gula Darah

Lobak putih tidak hanya bisa mengendalikan tekanan darah tetapi juga kadar gula darah. Sayuran cruciferus ini memiliki sifat hipoglikemik yang dapat menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal.

Mengobati Demam dan Flu

Jika Anda atau keluarga Anda mengalami demam atau flu, jangan terburu-buru untuk minum obat kimia. Manfaat lobak putih telah terbukti mengobati demam dan flu. Hal ini karena lobak putih mengandung zat antibiotik untuk mengatasi infeksi yang menyebabkan demam dan flu.

Memerangi Infeksi Jamur

Kandungan lobak puti yang juga mengandung zat anti-jamur dapat memerangi infeksi jamur yang terjadi dalam tubuh. Dipercayai bahwa lobak putih mengatasi infeksi jamur yang disebabkan oleh jamur Candida albicans atau sejenis jamur yang sering terinfeksi pada manusia.

Mencegah Radang Tulang Rawan

Jika Anda menderita osteoporosis, lobak putih dapat menanganinya. Manfaat lobak putih dapat mengatasi osteoporosis, karena kadar antioksidan dapat melawan radikal bebas yang dapat merusak tulang rawan.

Selain manfaat lobak putih yang mengandung vitamin C, ia juga dapat merangsang pembentukan kolagen yang dibutuhkan oleh tulang rawan.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat lobak putih semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: