15 Manfaat Daun Intaran untuk Kesehatan

Posted on

Daun Intaran – Banyak jenis daun yang bisa digunakan untuk berbagai hal, salah satunya digunakan untuk kesehatan. Satu jenis daun yang dapat digunakan untuk kesehatan adalah Daun Intaran.

Meskipun daun intaran atau daun dengan nama Latin Azadirachta indica tidak banyak tersedia di pasaran, mereka memiliki banyak manfaat kesehatan, hanya saja tidak banyak masyarakat yang tahu tentang manfaatnya.

Daun-Intaran
Daun Intaran

Manfaat Daun Intaran

Meningkatkan Nafsu Makan

Seperti daun lainnya yang memiliki rasa pahit yang sering digunakan untuk menambah nafsu makan anak, daun Intaran juga bisa menambah nafsu makan anak-anak dan orang dewasa. Daun intaran juga memiliki rasa pahit yang bisa dibuat menjadi sejenis lalapan atau mungkin sayuran lain.

Mengatasi Disentri

Mengatasi disentri dengan daun intaran sangat mudah dan efektif. Dengan meminum air rebusan daun intaran yang diminum secara teratur, disentri secara bertahap dapat disembuhkan.

Menurunkan Gula Darah

Asupan harian daun intaran dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini tidak hanya menurunkan kadar gula darah, tetapi juga dapat membantu menjaga kadar gula darah stabil di dalam tubuh.

Mencegah Kanker

Daun Intaran memiliki senyawa anti kanker. Konsumsi daun intaran dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga memperkuat imunitas dan mencegah masuknya sel penyebab kanker ke dalam tubuh.

Mengatasi Malaria

Penderita malaria bisa disembuhkan dengan daun intaran. Daun intaran dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Hal ini dapat membantu mengobati dan memulihkan malaria.

Meredakan Asma

Asma terjadi ketika saluran pernafasan tersumbat oleh lendir dan pernapasannya terganggu. Untuk membantu menghilangkan lendir di saluran pernafasan, minyak intaran dapat dikonsumsi dari 3 tetes dan 1 tetes setiap minggu selama 6 bulan.

Menjaga kesehatan mata

Seperti halnya sirih, daun intaray juga dapat berkontribusi untuk pemeliharaan kesehatan mata. Tapi caranya berbeda, di mana sirih menggunakan air rebusan untuk menjaga mata Anda tetap jernih. Daun intaran dikeringkan dan kemudian diminum dalam kapsul untuk menjaga kesehatan mata.

Mempercepat Pengeringan Luka

Daun intaran memiliki sifat antibakteri. Penggunaan daun intaran untuk menutup luka pada kulit dapat mempercepat pengeringan luka karena kandungan dalam daun intaran dapat mencegah masuknya bakteri yang dapat menghambat penyembuhan luka.

Mencegah Peradangan

Daun intaran dapat membantu mengatasi dan mencegah peradangan di beberapa bagian tubuh. Efek anti inflamasi dalam daun intaran mencegah peradangan di berbagai bagian tubuh.

Meredakan Demam

Daun intaran tidak dapat digunakan dengan kompres, tetapi dengan mengurangi panas yang disebabkan oleh demam. Efek piretiknya mengurangi panas yang disebabkan oleh demam.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Daun intaran dapat digunakan untuk menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar. Konsumsi daun Intaran dapat berkontribusi pada normalisasi sistem peredaran darah.

Mengatasi Penyakit Lambung

Penyakit lambung dapat terjadi karena dinding rahim yang rusak dan tingkat keasaman yang terlalu tinggi di lambung. Mengkonsumsi daun intaran menjaga dinding lambung tetap sehat dan membantu mengurangi kelebihan asam di lambung.

Mencegah Hipertensi

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti: Stroke dan penyakit jantung. Konsumsi harian daun Intaran untuk menghindari tekanan darah tinggi. Kandungan dalam daun Intaran dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga tekanan darah dalam keadaan normal.

Mencegah Serangan Jantung

Penyakit jantung dapat disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah yang menuju ke jantung. Kekambuhan penyakit jantung dapat dipicu oleh tekanan darah tinggi. Daun intaran dikenal bisa mencegah tekanan darah tinggi, sehingga risiko tekanan darah tinggi bisa berkurang.

Mengatasi cacingan

Cacingan terdengar seperti hal yang sepele, tetapi bisa menghabiskan tubuh. Dengan mengonsumsi makanan yang dicerna oleh cacing dalam tubuh, penyerapan nutrisi dalam tubuh bisa terhambat. Cacingan dalam tubuh harus dikeluarkan. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi daun intaran.

Demikianlah pembahasan tentang daun intaran semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: