15 Manfaat Daun Kelor dan Kandungan Daun Kelor

Posted on

Daun Kelor – Tentunya, tidak semua tahu manfaat dan khasiat daun kelor. Beberapa orang tidak mengerti bahwa mereka bahkan pantang mengkonsumsi daun kelor. Meskipun daun kelor mengandung nutrisi dan bahan-bahan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh, daun kelor juga bermanfaat sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Bahkan teh dibuat dari daun kelor. Mengandung polifenol tingkat tinggi yang bertindak sebagai antioksidan dan mendetoksifikasi tubuh manusia, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegahnya menjadi rentan terhadap penyakit. Karena banyak manfaat dan sifat daun kelor, para ilmuwan menyebutnya pohon ajaib.

Manfaat-Daun-Kelor
Manfaat Daun Kelor

Kandungan Daun Kelor

Daun kelor adalah sumber vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Satu cangkir daun kelor segar (21 gram) mengandung:

  1. Protein: 2 gram
  2. Vitamin B6: 19% dari dosis harian yang direkomendasikan
  3. Vitamin C: 12% dari dosis harian yang direkomendasikan
  4. Zat besi: 11% dari dosis harian yang direkomendasikan
  5. Riboflavin (B2): 11% dari dosis harian yang direkomendasikan
  6. Vitamin A (dari beta-karoten): 9% dari dosis harian yang direkomendasikan
  7. Magnesium: 8% dari dosis harian yang direkomendasikan

Manfaat Daun Kelor

Penambah Tenaga

Daun kelor memiliki kandungan zat besi dan kalsium yang tinggi. Keduanya memainkan peran penting dalam proses menghasilkan energi dalam sel. Oleh karena itu, sangat tepat untuk menggunakannya sebagai penambah energi ketika tubuh menjadi lelah karena sakit atau karena berbagai alasan lainnya.

Menjaga Imunitas

Sistem kekebalan memainkan peran yang sangat penting dalam mencegah terjadinya berbagai infeksi virus dan bakteri. Agar sistem kekebalan tubuh selalu dalam kondisi optimal, dibutuhkan nutrisi yang baik. Salah satunya dengan mengonsumsi daun kelor.

Manfaat daun kelor adalah karena kadar vitamin A, vitamin C dan zat besi, yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan merah dan dengan demikian secara langsung berkontribusi pada pemeliharaan sistem kekebalan tubuh.

Mempertahankan Massa Otot

Protein dan berbagai jenis asam amino esensial dalam daun kelor bekerja bersama untuk mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan massa otot. Bagi para vegetarian, manfaat daun kelor tentu saja merupakan pilihan yang tepat untuk memastikan asupan protein harian bahkan tanpa makan daging.

Anti Stres

Berdasarkan hasil penelitian di Jurnal Penelitian Farmakologi dan Farmakodinamik, dikatakan bahwa daun kelor adalah salah satu adaptogen alami. Artinya, tanaman ini memiliki kemampuan melindungi tubuh dari efek racun yang ditimbulkan oleh stres.

Dalam pengobatan Ayurvedic dan pengobatan tradisional Tiongkok, manfaat daun kelor digunakan berabad-abad yang lalu untuk menghilangkan stres sambil meningkatkan daya tahan dan kesehatan tubuh secara umum.

Menjaga Sistem Pencernaan

Daun kelor adalah sumber kalsium dan serat, yang memberikan kontribusi besar bagi kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam daun kelor juga dapat membantu mengendalikan berat badan dengan membantu tubuh merasa lebih kenyang lebih lama dan mendukung proses metabolisme yang optimal.

Menyehatkan Mata

Seperti yang disebutkan sebelumnya, daun kelor memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, bahkan empat kali lebih tinggi dari wortel yang diprediksi menjadi sumber Vitamin A. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa konsumsi harian daun kelor dapat memiliki dampak besar pada kesehatan mata.

Mengobati Diabetes

Daun kelor telah terbukti digunakan sebagai obat herbal anti diabetes karena mereka dapat menurunkan kadar gula darah, menurut sebuah studi ilmiah baru-baru ini.

Penelitian lebih lanjut juga menegaskan bahwa makan makanan yang tinggi protein nabati dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Untuk diketahui, bahwa satu cangkir ekstrak daun kelor mengandung protein yang sama dengan jumlah protein dalam 100 gram daging.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kadar kalsium yang empat kali lebih tinggi dari susu ditambah vitamin K dan protein, sangat tinggi sehingga manfaat daun kelor bahkan lebih menakjubkan.

Kalsium, vitamin K, dan protein itu sendiri adalah bahan penting untuk menjaga kesehatan tulang. Pastikan pertumbuhan tulang yang sehat sambil mencegah berbagai jenis disfungsi tulang seperti osteoporosis.

Mencegah Kanker

Seiring bertambahnya usia, diperparah lagi dengan polusi udara yang semakin tak wajar, membuat tubuh semakin terbebani dalam mengatasi radikal bebas yang masuk dan merusak sel di dalam tubuh.Kondisi ini dapat meningkatkan risiko kanker.

Karena itu, tubuh harus mengambil antioksidan tambahan, agar sistem kekebalan dan organ yang terkandung di dalamnya tetap terlindungi. Untungnya, daun kelor mengandung berbagai antioksidan yang sangat tinggi.

Memperlambat Penuaan Dini

Telah terbukti bahwa senyawa zingin dalam daun kelor memperlambat efek penuaan dini. Selain itu, berbagai kadar mineral dan asam amino dalam daun kelor dapat meningkatkan produksi kolagen dan keratin, yang memainkan peran penting dalam kesehatan seluruh jaringan kulit.

Melawan Jerawat

Jerawat yang membandel dan meradang dapat disembuhkan dengan masker daun Kelor. Kandungannya yang dingin dapat mengurangi efek peradangan, mengeringkannya dengan cepat dan menyembuhkannya.

Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang bisa sangat baik dalam tubuh karena melawan radikal bebas yang berbahaya. Tingkаt rаdikаl bеbаs yаng tinggi dараt mеnyеbаbkаn strеs dаn kеmudiаn mеnimbulkаn bаnyаk реnyаkit krоnis, sаlаh sаtunyа diаbеtеs.

Mengobati Artritis

Daun kelor dapat mengurangi keparahan penyakit peradangan dengan mengekstraksi daun dan kelor. menurut sebuah реnеlitian jugа mеncаtаt bаhwа ekstrak daun kelor dapat mengurangi rasa sakit

Lembabkan bibir

Apakah Anda sering mengalami masalah kulit dengan bibir kering dan pecah-pecah? Minyak daun kelor atau penggunaan daun kelor sebagai scrub secara alami melembutkan dan melembabkan bibir. Cukup haluskan daunnya dan buat masker bibir.

Mencerahkan kulit

Pemakaian Masker Daun Kelor dengan rajin juga mampu mencerahkan kulit secara alami. Masker daun Kelor juga membantu meringankan dan menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat.

Demikianlah pembahasan tentang daun kelor semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: