15 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Posted on

Manfaat Temulawak – Jika Korea membanggakan ginsengnya, kita juga dapat membanggakan temulawak karena memiliki sifat yang sama, dan bahkan beberapa penelitian mengatakan bahwa temulawak lebih efektif daripada ginseng.

Temulawak terkenal dengan banyak manfaat kesehatannya bahkan di negara lain, terutama di Jerman dan Belanda. Kira-kira bagaimana cara temulawak dalam menjaga kesehatan kita?

Temulawak
Temulawak

Manfaat Temulawak

Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat temulawak dikenal sebagai penambah nafsu makan untuk anak-anak sehingga mereka dapat makan dengan baik dan memenuhi kebutuhan nutrisi mereka sehingga perkembangan tubuh mereka dapat dimaksimalkan. Bahan alami ini tidak hanya diproduksi sebagai obat herbal, tetapi juga digunakan untuk berbagai jenis obat penambah nafsu makan.

Mengobati Gangguan Pencernaan

Beberapa jenis penyakit seperti perut kembung, diare atau bahkan dispepsia sebenarnya dapat diobati dengan bahan alami ini. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology telah menunjukkan bahwa kondisi pasien dengan gangguan pencernaan cenderung membaik sebagai akibat dari konsumsi rutin obat herbal temulawak.

Mengatasi Kram Perut Saat Menstruasi

Banyak wanita yang mengaku mengalami sakit perut ketika fase menstruasi terjadi. Cobalah manfaatkan temulawak. mengkonsumsi temulawak bisa meredakan rasa sakit yang disebabkan saat menstruasi.

Mengatasi Masuk Angin

Manfaat temulawak seringkali tidak disadari adalah kemampunnya dalam mengatasi masuk angin. Para ahli kesehatan mengatakan bahwa kandungan dalam temulawak memiliki kemampuan untuk mengobati pilek dan sakit kepala. Dengan minum dua atau tiga gelas obat herbal temulawak, sakit kepala dan pilek mereda.

Mengatasi Kanker

Sebuah jurnal kesehatan dari The Prostate mengungkapkan bahwa manfaat temulawak mengandung agen yang dapat membantu mengobati kanker seperti kanker payudara, kanker prostat dan kanker usus besar. Penelitian lain yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center juga mencatat bahwa nutrisi dalam temulawak dapat secara efektif membunuh perkembangan sel kanker.

Mengatasi Masalah Usus Besar

Diyakini juga bahwa manfaat lain dari temulawak adalah dapat mengobati beberapa jenis penyakit, termasuk gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus, penyakit hati dan penyakit kandung empedu. Kondisi ini umumnya disertai dengan gejala-gejala seperti mulas, perut kembung dan mual.

Mempengaruhi Metabolisme Lemak

Manfaat temulawak juga bisa memengaruhi metabolisme lemak atau lipid. Metabolisme lemak adalah proses di mana asam lemak dipecah untuk mendapatkan energi bagi tubuh. Menurut sebuah penelitian, Temulawak mengandung bahan aktif lain selain curcuminoid, yang memengaruhi sistem metabolisme lemak.

Mengatasi Arthritis

Bagi Anda yang menderita osteoartritis atau radang pada persendian, cobalah manfaatkan tanaman temulawak. Temulawak mampu meredakan rasa sakit dan nyeri sendi.

Bahkan satu studi menemukan bahwa manfaat kesehatan temulawak untuk kesehatan hampir sama untuk penggunaan ibuprofen pada pasien osteoarthritis.

Menghilangkan Racun Dalam Tubuh

Diyakini bahwa kandungan Phelandren dalam tanaman Temulawak mampu membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh.

Mengatasi Demam

Keuntungan selanjutnya dari temulawak adalah kemampuannya untuk meredakan demam. Jika Anda adalah orang yang menggunakan obat-obatan yang biasa dijual di apotek untuk membantu Anda mengatasinya, Anda harus mencoba menggunakan obat alami seperti temulawak.

Meningkatkan Fungsi Ginjal

Manfaat temulawak ini berasal dari keberadaan minyak atsiri didalamnya. Minyak Atsiri membantu meningkatkan fungsi ginjal dengan menyaring darah dari sisa metabolisme dan racun.

Meningkatkan Stamina

Bagi Anda yang ingin meningkatkan stamina dengan bahan-bahan alami, sepertinya Anda juga bisa memanfaatkan temulawak. Campuran kunyit yang dicampur dengan temulawak bisa membuat tubuh mudah lelah dan gelisah. Ini bisa terjadi karena adanya senyawa tonikum yang dikandungnya.

Antipasmodik

Minyak Curcuma xanthorrhiza ternyata juga memiliki manfaat sebagai antispasmodik. Dilansir dari pusat informasi obat nasional, antispasmodik merupakan golongan obat yang memiliki sifat sebagai relaksan otot polos. Artinya, obat ini bisa merilekskan otot halus di usus dan mencegahnya dari kejang.

Anti-inflamasi

Temulawak mengandung zat antiinflamasi yang dapat menghambat produksi prostaglandin E2 dan menyebabkan peradangan. Karena itu, kandungan antiinflamasi membantu mengatasi penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada tubuh seperti radang sendi.

Obat Jerawat

Di dunia kecantikan temulawak juga bisa digunakan sebagai obat jerawat. Hal Ini karena temulawsak memiliki sifat astringen. Astringent berguna untuk mengurangi produksi minyak dari kelenjar. Selain itu, kandungan antiseptik yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu membersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat. Dengan cara ini, jerawat yang meradang secara bertahap membaik dan sembuh.

Demikianlah pembahasan tentang Manfaat temulawak semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya