11 Manfaat Daun Kemuning untuk Kesehatan

Posted on

Daun Kemuning – Kemuning atau dikenal dengan nama latin Murraya paniculata adalah tanaman yang tumbuh di daerah tropis dengan ketinggian 7 meter. Kemuning memiliki daun seperti daun jeruk, tetapi lebih kecil.

Kemuning sering digunakan sebagai tanaman hias atau tanaman pagar. Kemuning adalah salah satu tanaman yang sering ditanam di halaman rumah Gadang di Minangkabau.

Daun-Kemuning
Daun Kemuning

Daun kemuning selalu dikenal dalam pengobatan tradisional sebagai daun herbal. Daun kemuning mengandung beberapa senyawa yang baik, yaitu eugenol, Careen-3, geraniol, paniculatine, tanin, bisabolene, cadin dan banyak lainnya yang baik untuk kesehatan Anda.

Manfaat Daun Kemuning

Menurunkan Berat Badan

khasiat daun kemuning pertama adalah sebagai daun yang bisa menjadi bahan herbal untuk menurunkan berat badan. Daun kemuning ini dapat menahan berat badan Anda dan membantu membuat diet Anda sukses.

Mengatasi Peradangan

Manfaat daun kemuning juga bermanfaat bagi Anda yang sering menderita peradangan. Kandungan alami daun kemuning sangat efektif dalam pengobatan berbagai jenis peradangan, baik peradangan pada kulit maupun organ-organ dalam tubuh.

Obat Infeksi Saluran Kemih

Khasiat daun kemuning berikutnya yaitu dapat menjadi obat untuk pengobatan infeksi saluran kemih. Daun kemuning ini memiliki senyawa yang cukup ampuh untuk melancarkan saluran kemih dan untuk mencegah penyakit pada saluran kemih.

Melancarkan Menstruasi

Khasiat daun kemuning pada wanita yaitu dapat melancarkan menstruasi. Menstruasi yang tidak teratur setiap bulan adalah tanda kesehatan yang terganggu. Dianjurkan untuk menggunakan bahan alami seperti daun kemuning ini yang tanpa efek samping.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Daun kemuning juga efektif untuk menurunkan kolesterol. Daun kemuning yang satu ini secara aktif menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh Anda, sehingga kadar kolesterol dalam tubuh tidak terlalu tinggi.

Sebagai Obat Eksim

Kombinasi yang tepat dari senyawa dalam daun kemuning menjadikannya efektif dan baik sebagai obat untuk eksim yang menyerang tubuh Anda.

Mengobati Keputihan

Keputihan adalah satu hal yang perlu dikhawatirkan karena itu adalah tanda bahwa tubuh Anda tidak sehat. Bagi wanita yang sering mengalami masalah keputihan, dapat menncoba manfaat daun kemuning untuk mengatasinya.

Merawat Luka Terbuka

Daun kemuning memiliki keunggulan dalam mengobati luka terbuka. Untuk luka terbuka, bagian yang dapat dimanfaatkan adalah daun kemuning. Caranya adalah dengan mengompres luka dengan air rebusan daun kemuning.

Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi memang dapat memengaruhi aktivitas harian Anda, tidak hanya itu sakit gigi itu juga dapat merusak suasana hati Anda. Untuk mengobati sakit gigi secara alami, Anda bisa menggunakan daun kemuning ini. Caranya, gosok saja daun kemuning untuk mendapatkan minyaknya. Kemudian panaskan minyak alami ini selama beberapa saat dengan api kecil. Oleskan minyak ini ke gigi berlubang dan gusi yang bengkak.

Mengatasi Batu Ginjal

Penyakit yang bisa diobati dengan daun kemuning adalah batu ginjal. Daun kemuning ini mengandung beberapa zat kuat untuk mengobati batu ginjal dan melindungi ginjal Anda dari penyakit lain yang menyerang.

Anti Penuaan

Mencegah penuaan dini tidak harus mahal dan merepotkan. Anda bisa menggunakan beragam daun herbal alami, salah satunya manfaat daun kemuning. Senyawa dalam daun kemuning ini bermanfaat untuk membuat Anda terlihat lebih awet muda.

Demikianlah pembahasan tentang daun kemuning semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: