15 Manfaat Daun Oregano untuk Kesehatan

Posted on

Daun Oregano – Daun Oregano adalah tanaman obat yang digunakan sebagai rempah di Italia, Spanyol, Mediterania dan negara-negara Eropa lainnya. Daun Oregano sering digunakan sebagai tanaman hias, yang sebenarnya memiliki beragam manfaat kesehatan.

Banyak orang tahu bahwa daun oregano sering ditambahkan ke pizza atau spageti. Ramuan ini juga sering dimasak dengan sup atau hidangan lainnya. Anda dapat sering menemukan daun ini dalam daging panggang dan lainnya. Faktanya, tidak jarang daun oregano diseduh dengan air panas sebagai minuman teh.

Daun-Oregano
Daun Oregano

Di berbagai daerah daun oregano diproses menjadi minyak organik. Hal ini karena minyak oregano mampu menembus bakteri dan menyebabkan kebocoran membran sel. Karena itu, minyak oregano dikenal sebagai antiseptik, antibakteri, antijamur, antiinflamasi, antioksidan dan lain-lain.

Hal Ini berarti bahwa minyak oregano sangat berguna untuk melawan tidak hanya jamur dan khamir tetapi juga berbagai penyakit karena dapat menghambat perkembangan berbagai bakteri ganas dalam tubuh.

Manfaat Daun Oregano

Melawan Radikal Bebas

Daun Oregano kaya akan timol dan asam rosmarinat. Keduanya memiliki sifat antioksidan kuat yang dapat mengurangi stres oksidatif dalam tubuh. Stres oksidatif adalah suatu kondisi di mana radikal bebas dalam tubuh berlebihan sehingga tubuh tidak dapat menetralisirnya. Stres oksidatif dapat menyebabkan kerusakan sel dan DNA karena produksi peroksida yang berlebihan.

Memperkuat Imunitas

Daun oregano diperkaya dengan vitamin A dan mangan, yang keduanya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi daun ini, energi tubuh sendiri dapat dipulihkan dan kelelahan kronis dicegah.

Menghilangkan nyeri haid

Zat-zat tertentu dalam daun oregano dianggap sebagai obat alami untuk wanita yang mengalami nyeri saat menstruasi. Manfaat ini tercapai ketika Anda mengkonsumsi daun oregano sebelum rasa sakit mulai.

Melancarkan Pencernaan

Meskipun ukurannya sangat kecil, daun oregano kaya akan serat makanan, yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, senyawa penting seperti carvacrol dan timol dalam daun oregano baik untuk pencernaan dan mencegah sembelit.

Meredakan Demam

Minyak Oregano memiliki sifat penyembuhan alami. Sekarang Anda dapat membeli minyak oregano, yang beredar di banyak tempat. Saat mengkonsumsi minyak alami ini, campur dengan air secukupnya.

Membersihkan Racun dalam Hati

Daun Oregano juga diperkaya dengan senyawa penting seperti kalsium, mangan, vitamin K, zat besi, serat dan sejumlah senyawa organik lainnya. Semua nutrisi ini bertindak sebagai detoksifikasi tubuh dan berguna untuk membuang racun dari hati.

Baik untuk Kesehatan Jantung

Daun oregano mengandung asam lemak omega-3 yang diketahui berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Omega 3 berguna untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh dan mencegah peradangan pada sistem kardiovaskular. Untuk menghindari risiko penyakit jantung, aterosklerosis dan stroke. Keuntungan ini ditingkatkan dengan adanya antioksidan dalam daun oregano ini.

Menyehatkan Usus

Senyawa carvacrol dan timol dalam daun oregano memiliki efek antibakteri terhadap bakteri patogen yang mempengaruhi usus, kulit dan lain-lain.

Mengobati Sariawan dan Luka

Daun Oregano mengandung timol dengan sifat antibakteri dan antijamur sehingga dapat mengobati infeksi kulit. Sebarkan daun oregano yang dihancurkan pada kulit yang sakit. Obat luar ini bisa mengobati sariawan, luka, bisul, dan sebagainya.

Mengatasi Insomnia

Teh yang terbuat dari daun oregano juga cocok untuk mengatasi gangguan tidur seperti insomnia. Teh herbal ini dapat menenangkan saraf dan membuat suasana hati lebih rileks, untuk menghindari stres.

Mencegah kanker

Daun oregano adalah makanan yang dapat mencegah berbagai kanker dengan kehadiran antioksidan kuat.

Mencegah penuaan dini

Teh Oregano kaya akan antioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan sel dan munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Menghilangkan Jerawat

Untuk mengobati jerawat, cukup oleskan daun oregano yang telah dihaluskan pada area jerawat.

Detoksifikasi Tubuh

Daun Oregano juga mengandung banyak mangan, kalsium, zat besi, vitamin K, serat dan berbagai senyawa organik lainnya. Dengan demikian, daun ini sangat baik untuk detoksifikasi tubuh dan juga dapat mendukung fungsi hati dan mempercepat pelepasan racun.

Anti Bakteri

Kandungan utama dalam daun oregano adalah carvacrol, thymol, cymene, caryophyllene, pinene, bisabolene, linalool, borneol, geranyl acetate, linalyl acetate dan terpinene. Oregano juga memiliki sifat antibakteri karena mengandung timol dan carvacrol. Keduanya adalah senyawa organik yang penting dalam memerangi berbagai bakteri yang mempengaruhi kulit, usus, dan bagian tubuh lainnya. Manfaat minyak oregano (minyak oregano) telah terbukti lebih unggul dari beberapa antibiotik, tanpa efek samping yang berbahaya.

Demikianlah pembahasan tentang daun oregano semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: