10 Manfaat Daun Ketapang Kering untuk Pengobatan Non Medis

Posted on

Daun Ketapang Kering – Mungkin sebagian dari Anda belum pernah mendengar nama daun Ketapang. Daun tanaman ini biasanya digunakan untuk mendukung budidaya ikan cupang, sehingga hewan-hewan ini dapat hidup nyaman di air akuarium.

Ternyata daun Ketapang tidak hanya memiliki manfaat untuk ikan cupang, tetapi juga efek yang bermanfaat bagi kesehatan kita, Daun ini bisa berkhasiat meredakan rasa sakit berbagai jenis penyakit.

Daun-Ketapang
Daun Ketapang

Manfaat Daun Ketapang

Mengurangi Hipertensi

Manfaat dari daun ketapang pertama adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Pasien tekanan darah tinggi dapat menggunakan daun ketapang ini untuk mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Cara mengonsumsinya juga sangat sederhana, yakni anda hanya bisa minum air matang dengan merebus daun ketapang dan ketika mendidih air rebusan bisa diminum.

Mengobati Sariawan

Selain menurunkan tekanan darah, khasiat lain dari daun Ketapang adalah menghilangkan sariawan.

Khasiat anti infeksi yang terkandung dalam daun Ketapang dapat membantu penyembuhan sariawan, yang sangat mengganggu. Cara menggunakannya seperti di atas dengan mengonsumsi ekstrak daun ketapang.

Dapat Menyembuhkan Penyakit Kulit

Manfaat kesehatan dari daun Ketapang adalah dalam penyembuhan berbagai penyakit kulit seperti kurap, kadas, gatal-gatal dan juga serangan jamur.

Penggunaannya juga sangat sederhana, yaitu dengan melumatkan daun untuk mengekstraksi daun ketapang. Kemudian daun yang dilumatkan diaplikasikan pada tubuh sampai masalah penyakit kulit terselesaikan.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat lain dari daun Ketapang adalah penyembuhan masalah yang terjadi pada sistem pencernaan.

Jika Anda memiliki masalah dengan sistem pencernaan, seperti sembelit dan diare, tidak ada salahnya jika Anda mencoba menggunakan daun Ketapang sebagai obat.

Meredakan Nyeri Haid

Tentu saja, wanita sering mengalami rasa sakit saat menstruasi. Jika Anda salah satu dari mereka yang terkena, Anda dapat menghilangkan rasa sakit dengan daun ketapang.

Untuk dapat menghasilkan obat dari bahan ini, Anda harus mengolahnya menjadi minuman.

Mempertajam Daya Ingat

Kehilangan daya ingat dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Misalnya, usia, nutrisi, genetika atau otak jarang diasah. Untuk mempertajam ingatan Anda, daun Ketapang dapat digunakan sebagai solusi.

Dalam kandungan daun Ketapang ini, ada senyawa yang membuat otak bekerja secara optimal dan maksimal. Hanya jika Anda secara teratur minum daun ketapang dengan air mendidih, ingatan Anda akan meningkat tajam.

Mengurangi Resiko Stroke

Stroke adalah penyakit yang sangat berbahaya. Bahkan berisiko menyebabkan kematian. Hanya sedikit yang bisa pulih dari stroke ini.

Penyakit ini memang disebabkan oleh banyak hal, seperti tekanan darah tinggi, stres dan sebagainya. Mengkonsumsi air rebusan daun ketapang ini mengurangi risiko stroke.

Mencegah Penuaan Dini

Daun ketapang juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini karena memiliki senyawa yang baik sehingga kerutan halus pada wajah bisa dihilangkan.

Mengobati Wasir

Daun ketapang juga dapat digunakan untuk mengobati wasir sambil menghilangkan rasa sakit dan meminimalkan perdarahan.

Cukup mudah digunakan dengan merebus daun Ketapang secukupnya lalu menunggu hingga cukup hangat dan digunakan untuk mencuci daerah wasir. Lakukan secara rutin sampai wasir dapat disembuhkan dan pendarahan berhenti.

Penyakit Herpes

Herpes adalah sekelompok virus herpesviridae yang dapat menginfeksi orang yang melepuh pada kulit dan mengeringkan kulit. Jenis virus herpes yang paling umum adalah virus herpes simpleks (HSV), yang biasanya menyebabkan infeksi pada beberapa bagian tubuh seperti wajah, mulut dan alat kelamin, yang disebut sebagai herpes genital.

Daun ketapang juga dapat digunakan untuk mengobati herpes, karena mengandung antibiotik dan beberapa vitamin yang penting untuk penyembuhan herpes, misalnya manfaat vitamin C.

Demikianlah pembahasan tentang daun ketapang kering semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: