11 Manfaat Daun Ketepeng untuk Kesehatan

Posted on

Daun Ketepeng – Tanaman Ketepeng adalah salah satu jenis tanaman obat yang berasal dari daratan tropis amerika.Ketepeng merupakan tanaman perdu yang memiliki daun berbentuk oval saling berhadapan. Mahkota bunganya berwarna kuning di bawah dan memiliki bentuk cangkang polong berwarna hitam, bersayap pipih.

Flavanoid, karbohidrat, alkaloid, antrakuinon, saponin, tanin adalah beberapa kandungan dari daun Ketepeng. Daun ketepeng, yang telah lama digunakan sebagai obat penyakit kulit, sering digunakan sebagai tanaman hias karena bunganya yang indah. Daun ketepeng sekarang sulit diperoleh tetapi merupakan solusi yang efektif untuk memerangi penyakit seperti panu, Kadas dan Kurap.

Daun-Ketepeng
Daun Ketepeng

Manfaat Daun Ketepeng

Mengobati Penyakit Herpes

Khasiat daun ketepeng yang pertama adalah mampu mengobati penyakit herpes. Daun ini mengandung banyak bahan aktif yang bertindak secara alami melawan herpes.

Mengatasi Penyakit Kulit

Khasiat selanjutnya dari daun Ketepeng adalah menjadi obat luar yang baik untuk pengobatan berbagai kondisi kulit seperti gatal, panu, kadas dan kurap. Anda dapat mengambil ekstrak pati daun ini dan kemudian menempelkannya pada area kulit yang bermasalah.

Obat Sembelit

Khasiat daun Ketepeng dalam pengobatan herbal juga efektif dalam mengobati sembelit. Daun ketepeng ini menyehatkan saluran pencernaan anda dan mencegah tanda-tanda sembelit.

Mengatasi Sariawan

Khasiat Ketepeng untuk mulut adalah dapat mengobati sariawan. Obat ini memiliki sifat anti-inflamasi yang menjaga kesehatan mulut Anda, terutama untuk sariawan. Jika saat ini Anda terinfeksi sariawan, Anda dapat mencoba khasiat daun ketepeng.

Mengobati Cacingan

Khasiat daun Ketepeng juga mampu mengobati cacingan. Bahan aktif dalam daun ini membunuh cacing yang menyebabkan penyakit di tubuh anda sehingga tubuh dapat pulih dan terbebas dari cacingan.

Obat Wasir

Penyakit lain yang bisa disembuhkan dengan daun Ketepeng adalah wasir. Daun alami ini menghentikan pendarahan wasir yang berdarah dan menghilangkannya sehingga tidak muncul kembali.

Meredakan Nyeri Haid

Nyeri saat menstruasi dialami pada banyak wanita. Beberapa dari mereka bahkan membuat orang itu pingsan dan lemah. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba manfaat daun ketepeng untuk meredakan nyeri haid.

Melancarkan Saluran Kemih

Saluran kemih yang lancar adalah tanda kesehatan tubuh Anda. Anda bisa menjaga saluran ini tetap lancar dengan menggunakan daun ketepeng. Daun ini juga membersihkan saluran kemih Anda.

Menyehatkan Pencernaan

Daun ketepeng adalah sejenis daun yang dapat menyehatkan sistem pencernaan Anda. Pencernaan yang lancar mencegah tubuh Anda menderita penyakit pencernaan seperti sulit buang air besar dan diare.

Mencegah Hipertensi

Anti hipertensi adalah khasiat ampuh dari daun ketepeng yang dapat mencegah tekanan darah naik. Tekanan darah harus dikontrol dengan baik agar tetap stabil. Orang dengan tekanan darah tinggi juga dapat menggunakan daun ini untuk mengatasi kekambuhan penyakit ini.

Mencegah Jerawat

Diketahui pula bahwa daun ketepeng dapat mencerahkan kulit wajah, menghaluskan kulit wajah dan mencegah jerawat. Daun ketepeng kering dicampur lalu diolah menjadi krim untuk lulur wajah dan kulit tubuh lainnya.

Demikianlah pembahasan tentang daun ketepeng semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: