11 Jenis Daun Lalapan Penambah Nafsu Makan

Posted on

Daun Lalapan – Bagi orang Indonesia yang suka makan sambal, Lalapan harus menjadi menu wajib sebagai teman nasi. Khusus untuk orang Sunda, baik sayuran mentah maupun semur, seakan merupakan makanan pelengkap yang memberi cita rasa dan tentu saja sangat sehat.

Berbagai jenis sayuran segar sering dijumpai setiap hari, dari mentimun ke pisang dan berbagai jenis daun, yang tidak kalah enak dinikmati dengan sambal terasi, ikan asin, dan nasi panas.

Namun ternyata tidak banyak yang tahu bahwa beberapa jenis daun sering dijadikan lalapan untuk teman makan nasi dan lauk. hal Ini tentu mempunyai rasa dan memiliki keunikan tersendiri.

Daun Lalapan

Daun Kemangi

Lalapan-Daun-Kemangi
Lalapan Daun Kemangi

Kemangi adalah daun yang bisa dikonsumsi mentah dan sangat populer di Indonesia. Hampir setiap tempat menyediakan lalapan pasti ada daun kemangi. Daun kemangi memiliki aroma yang sangat harum. Bahkan, aroma kemangi sangat kuat dan khas.

Daun kemangi memiliki rasa tidak pahit dan cocok dinikmati bersama kacang panjang, kol, dan mentimun. Kemangi selain dimakan mentah, tetapi juga banyak digunakan dalam pepes untuk membuat aroma Pepesan lebih harum.

Daun Kol

Lalapan-Daun-Kol
Lalapan Daun Kol

Kubis tidak hanya dicampur dalam sup atau ditumis, tetapi juga dapat dinikmati mentah dan dicelupkan ke dalam sambal. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang manis membuat kol cocok dimakan bersama sambal pedas. Pastikan Anda memilih kubis segar untuk dijadikan lalapan agar teksturnya garing dan rasa manisnya keluar.

Daun Poh-pohan

Lalapan-Daun-Pohpohan
Lalapan Daun Pohpohan

Sepintas, daun Pohpohan menyerupai kemangi. Namun, jika Anda melihat lebih dekat, daunnya nampak bertekstur di permukaan. Pohpohan juga dikenal di Indonesia sebagai lalapan favorit. Pohpohan rasanya gurih dan enak.

Dipercaya bahwa daun ini mengurangi nyeri otot dengan dikonsumsi langsung sebagai lalapan. Selain itu, diyakini bahwa tingginya kadar antioksidan dalam Pohpohan mengurangi risiko kanker dengan memerangi radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Kacang Panjang

Daun-Lalapan-Kacang-Panjang
Daun Lalapan Kacang Panjang

Ternyata kacang panjang tidak hanya dimasak tetapi juga sering disajikan sebagai lalapan segar. Kacang panjang yang paling baik untuk lalapan adalah yang masih muda dan segar, sehingga teksturnya renyah dan rasanya agak manis.

Daun Pegagan

Daun-Lalapan-Pegagan
Daun Lalapan Pegagan

Anda pasti sering melihat tanaman yang satu ini di pinggir jalan atau di perkebunan. Nama tanaman ini adalah Pegagan, di mana semua bagian tanaman dapat dimakan sebagai lalapan. Di Jawa Barat, Pegagan tidak hanya digunakan sebagai lalapan, tetapi juga diolah menjadi asinan.

Untuk mengkonsumsi daun ini, pastikan daun yang Anda makan benar-benar segar. khasiat daun pegagan adalah untuk menekan pertumbuhan sel kanker, karena daun ini mengandung tingkat antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu, kandungan senyawa saponin dalam pegagan juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Daun Selada

Daun-Lalapan-Selada
Daun Lalapan Selada

Selada adalah sayuran berdaun yang paling populer dijadikan sebagai lalapan. Warna hijau muda dan teksturnya yang renyah dan ringan sangat baik untuk dimakan dengan sambal dan berbagai lauk lainnya.

Daun Pepaya

Daun-Lalapan-Pepaya
Daun Lalapan Pepaya

Ada yang mengatakan bahwa daun pepaya rasanya pahit dan enak. Ya, daun dimakan mentah ini memiliki rasa pahit. Ternyata rasa pahit daun pepaya disebabkan oleh senyawa alkaloid yang terkandung di dalamnya. Meskipun menyebabkan rasa pahit pada daun pepaya, senyawa alkaloid sebenarnya dapat bertindak sebagai agen antibakteri dan antioksidan dalam tubuh.

Bagi Anda yang sering mengalami konstipasi, makan daun pepaya juga bisa menjadi solusi untuk memperlancar pencernaan. Karena daun pepaya mengandung senyawa karpain, yang berguna untuk meningkatkan sistem pencernaan.

Daun Tespong

Daun-Lalapan-Tespong
Daun Lalapan Tespong

Mungkin Anda masih asing daun ini, tetapi Tespong enak untuk dijadikan lalapan. Bentuk Tespong mirip dengan seledri, tetapi ukuran batang dan daunnya jauh lebih besar, Tespong juga tidak berbau. Teksturnya renyah, rasanya segar, jadi beberapa orang menyukainya sebagai lalapan

Daun Beluntas

Daun-Lalapan-Beluntas
Daun Lalapan Beluntas

Beluntas, seperti pegagan, juga merupakan semak liar yang dapat tumbuh di mana saja, bahkan di pinggir jalan atau di hutan. Daun tanaman berbulu ini bisa dimakan langsung mentah atau dikukus terlebih dahulu.

Namun, pastikan bahwa daun Beluntas yang Anda makan masih muda sehingga rasanya lebih enak. Kandungan minyak atsiri pada daun Beluntas membuat daunnya memiliki rasa yang khas dan aroma yang khas. Diyakini bahwa tanaman ini mengurangi risiko kanker karena mengandung flavonoid.

Daun Andewi

Daun-Lalapan-Andewi
Daun Lalapan Andewi

Sepintas, bentuk daun andewi menyerupai sawi hijau dengan ukuran terkecil. Nah, jika Anda bosan dengan lalapan yang biasa, Anda mungkin ingin mencoba daun andewi ini, yang tentunya cocok dengan sambal.

Daun Semanggi

Daun-Lalapan-Semanggi
Daun Lalapan Semanggi

Semanggi memiliki tampilan yang sangat cantik. Tumbuhan ini digolongkan sebagai tanaman liar yang dapat tumbuh di mana saja tetapi lebih umum di pegunungan.

Daun semanggi yang berbentuk hati ini bisa dimakan sebagai lalapan atau dimasak sebagai teh. Manfaat daun semanggi adalah netralisasi racun, pengencer dahak, antiinflamasi dan penurun panas.

Demikianlah pembahasan tentang daun lalapan semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya