15 Manfaat Daun Pandan Bagi Kehidupan Manusia

Posted on

Daun Pandan – Daun pandan adalah salah satu bahan yang biasa digunakan oleh orang-orang di Indonesia untuk memberikan aroma yang khas. Selain itu, daun pandan sering digunakan sebagai penambah warna atau rasa untuk jenis makanan dan minuman tertentu.

Tidak hanya fungsi daun pandan sebagai bahan memasak, mereka juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan Anda. Kandungan minyak atsiri seperti tanin, glikosida, alkaloid dan komponen laksatif pada daun pandan dapat meningkatkan stamina dan menyembuhkan insomnia

Daun-Pandan
Daun Pandan

Manfaat Daun Pandan

Menurunkan Demam

Gejala demam biasanya terjadi ketika tubuh kita melawan infeksi. Dalam kasus demam, suhu tubuh naik dan Anda merasa tidak nyaman.

Kandungan minyak tannin, glikosida, dan alkaloid pada daun pandan dapat menyembuhkan demam. Konsumsilah rebusan daun pandan sehingga suhu tubuh bisa perlahan turun.

Menurunkan Gula Darah

Khasiat daun pandan adalah kemampuannya menurunkan kadar gula darah. Satu studi menemukan bahwa ekstrak daun pandan dapat menurunkan kadar gula darah postprandial. Tidak hanya itu, ekstrak daun pandan juga mampu meningkatkan produksi insulin dalam sel pankreas. Ini tentu akan mencegah datangnya diabetes.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Pharmacognosy Magazine di Thailand, ekstrak teh / pandan membantu seseorang menurunkan kadar gula darah. Itu menunjukkan bahwa glukosa plasma dari orang yang diperiksa menurun secara signifikan selama periode penelitian.

Menambah Stamina

Ternyata, mengonsumsi daun pandan dapat meningkatkan daya tahan dan memberi energi pada tubuh. Rebus daun pandan dengan tiga gelas air dan dinginkan air rebusan.

Tambahkan air lemon dan minumlah setiap dua hari. Konsumsi air rebusan secara teratur dari daun pandan memastikan tubuh Anda tetap sehat dan bugar.

Meningkatkan Nafsu Makan

Nafsu makan yang meningkat juga merupakan salah satu khasiat daun pandan. Menambahkan aroma pandan ke dalam makanan bisa merangsang nafsu makan dan rasa lapar Anda. Pada akhirnya, daun pandan juga memiliki khasiat khusus yang dapat meningkatkan nafsu makan Anda.

Untuk manfaat maksimal, Anda bisa menambahkan daun pandan ke makanan harian Anda. Jika Anda memiliki masalah nafsu makan yang serius, Anda bisa merebus daun pandan dan minum ramuan itu dua kali sehari.

Mengobati Sakit Kepala

Jika Anda sering sakit kepala, coba gunakan air rebusan daun Pandan. Kandungan laksatifnya bisa meredakan gejala sakit kepala. Selain itu, bahan alami ini lebih aman dan tidak memiliki efek samping dibandingkan dengan obat lain.

Menetralisir Racun Dalam Tubuh

Manfaat daun pandan bisa mengatasi keracunan. Caranya adalah Anda bisa membuat teh dari daun pandan sebagai pertolongan pertama.

Diyakini bahwa kandungan daun pandan mendetoksifikasi racun yang ada dalam tubuh, terutama di hati. Ini membantu menghilangkan racun dan zat-zat tidak sehat dari hati dan tubuh Anda.

Mengatasi Sembelit

Mengandung serat, daun pandan juga berfungsi melawan sembelit. Air rebusan daun Pandan membantu melancarkan pencernaan dan menyembuhkan sembelit.

Menjaga Kondisi Saraf

Percaya atau tidak, manfaat lain dari daun pandan yang bisa didapat adalah obat saraf. Minum air rebusan daun pandan dapat mengobati beberapa masalah saraf dengan meminumnya dua kali sehari. Rebus 3 lembar daun pandan dengan 3 gelas air, kemudian didihkan sampai tersisa 2 gelas.

Menyembuhkan Imsonia

Daun pandan mengandung alkanoid yang memiliki efek menenangkan pada tubuh.

Dengan mengonsumsi Pandan, Anda akan lebih santai dan lebih mudah untuk tidur.

Cukup rebus daun Pandan dengan air, lalu tambahkan satu sendok madu dan minum dalam kondisi hangat.

Mengatasi Nyeri

Sifat analgesik dari daun pandan dapat mengatasi sakit kepala, nyeri dada, kram perut atau nyeri rematik.

Untuk mengatasi rasa sakit di bagian tubuh ini, Anda hanya perlu mengonsumsi teh daun pandan dua kali sehari.

Menghilangkan Ketombe

Daun pandan tidak hanya memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan Anda, tetapi juga dapat membantu menghilangkan dan mencegah munculnya ketombe di kulit kepala.

Caranya cukup sederhana: ratakan sepuluh lembar daun pandan lalu tambahkan air secukupnya hingga membentuk pasta.
Kemudian oleskan pasta pandan di kulit kepala saat Anda memijatnya. hal ini tidak hanya menghilangkan ketombe, tetapi juga dapat membantu dalam perawatan rambut.

Mengobati Rematik

Manfaat tak terduga daun pandan adalah kemampuannya untuk mengatasi rematik. Bagaimana cara menggunakan daun Pandan untuk rematik?

Caranya, rebus daun pandan setelah itu, air rebusannya bisa digunakan bersamaan dengan minyak kelapa di area tubuh yang terkena rematik sebagai minyak gosok. Bagian tubuh yang sering terkena rematik adalah lutut, kaki, dan pergelangan tangan.

Melawan Kanker

Satu studi menemukan bahwa manfaat daun pandan dapat mengatasi kanker. Daun pandan bersifat antimitotik, apoptosis, antiproliferatif dan sitotoksik. Hal-hal ini dapat mencegah dan melawan pertumbuhan kanker.

Menyembuhkan Diare

Karena daun pandan memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antimikroba, diyakini bahwa tanaman ini mampu menghilangkan mikroba berbahaya dari usus secara keseluruhan.

Jika Anda menderita diare yang disebabkan oleh keracunan makanan atau bakteri, Anda dapat minum teh daun pandan untuk menghilangkan rasa sakit dan menghentikan penyakit.

Mencegah Stres

Manfaat terakhir daun pandan adalah kemampuannya mengatasi stres. Karena daun pandan memiliki sifat menenangkan, tanaman ini dapat mengurangi stres dan kecemasan yang Anda alami.

Setiap kali Anda merasa perlu bersantai karena tubuh Anda sedang stres, cobalah minum segelas teh daun pandan.

Demikianlah pembahasan tentang Daun pandan semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya