10 Manfaat Daun Legundi dan Kandungan Daun Legundi

Posted on

Daun Legundi – Legundi (Latin: vitex trifolia L.) adalah tanaman yang tumbuh di daerah tropis dengan ukuran tanaman hanya 1 hingga 4 meter. Pohon legundi terkenal di dunia medis karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan dapat mengobati berbagai jenis penyakit dalam tubuh.

Tanaman legundi ini sangat indah dan memiliki bunga berwarna ungu. Karena itu juga tanaman lebgundi cocok sebagai tanaman hias. Dengan pemangkasan yang rajin, tanaman Legundi tumbuh lebih baik saat perut mereka bercabang dan menjadi lebih padat.

Daun-Legundi
Daun Legundi

Untuk penanaman, Anda dapat menggunakan sistem stek yang tidak menggunakan batang yang tidak terlalu tua atau menggunakan biji tetapi akan memakan waktu lebih lama.

Kandungan Daun Legundi

Daun legundi mengandung sejumlah nutrisi seperti viteksin, casticin, artemetin, luteolin, friedelin, sitosterol, glucoside, trimethylquercetagetin, Friedelin triterpenoid, isoorientin dan glucuronide. Daun dan buah legundi mengandung kadar antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu, semua bagian tanaman legundi ini mengandung minyak Astiri. Karena itu, tidak mengherankan jika daun legundi ini sangat bermanfaat.

Manfaat Daun Legundi

Mengobati Sakit Tenggorokan

Manfaat pertama dari daun Legundi dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Radang tenggorokan biasanya menyebabkan rasa sakit saat menelan makanan dan minuman. Untuk pengobatan, Anda dapat menggunakan rebusan daun legundi dan kemudian minum air secara teratur sekali sehari.

Mengobati Rahim Bengkak pada Wanita

Salah satu khasiat dan keunggulan daun Legundi adalah dapat digunakan untuk mengobati rahim yang membesar atau rahim yang membengkak. Sebelum menggunakan daun Legundi untuk pengobatan, disarankan untuk berkonsultasi dengan para ahli tentang penggunaan yang disarankan untuk meminimalkan efek samping daun Legundi.

Mengobati Batuk

Diketahui bahwa ada berbagai jenis batuk, seperti batuk kering, hingga batuk berdahak. Sebagai Obat batuk dan untuk menghilangkan rasa sakit dalam batuk, terutama di paru-paru, Anda dapat secara teratur mengolah rebusan daun Legundi atau mengkonsumis sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Mengobati Penyakit Cacingan

Seperti diketahui, penyakit cacingan sering menderita banyak anak. Untuk mengobati penyakit cacingan ini, Anda dapat memberikan air rebusan daun legundi kepada anak-anak dengan dosis hanya beberapa sendok makan setelah makan untuk mencegah dan membunuh cacing di perut.

Mencegah Stres

Daun alpukat juga berguna untuk menghilangkan stres. Karena kehadiran antioksidan dalam daun alpukat dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan mengurangi produksi hormon kortisol untuk menghilangkan stres.

Mengatasi Maag

Daun legundi juga efektif dalam mengobati penyakit maag karena daun legundi memiliki senyawa strolglokosida dan sulfornylurea serta soudium sulfure, senyawa ini bisanya ditemukan pada obat untuk mengobati maag, diare, sembelit dan diabetes.

Mengobati Sesak Napas

Manfaat Daun legundi untuk kesehatan adalah pengobatan gangguan pernapasan. Cara mengolah Daun Legundi untuk mengobati gangguan pernapasan, yaitu:

  1. Menyediakan 9 Daun Legundi, 3 Daun Sembung dan 3 Daun Serawung.
  2. Pertama cuci sampai bersih
  3. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai hanya 1 gelas yang tersisa.
  4. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari di pagi dan sore hari.

Muntah Darah

Keuntungan menggunakan daun Legundi untuk pengobatan adalah mereka dapat digunakan untuk mengobati pasien dengan muntah darah. Cara mengolah daun Legundi untuk muntah darah:

  1. Tambahkan bahan-bahan, 9 lembar daun Legundi, 3 daun dan 3 daun serawung, lalu cuci bersih
  2. Rebus semua bahan ini dengan 3 gelas air hingga mendidih hingga tinggal tersisa 1 gelas.
  3. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari di pagi dan sore hari.

Mengobati Gangguan Limpa

Secara tradisional, daun Legundi digunakan untuk mengobati pasien dengan nyeri limpa. Cara mengolahnya sangat sederhana, yaitu:

  1. Sediakan 1 genggam daun Legundi segar dan cuka.
  2. Hancurkan daun Legundi dan tambahkan sedikit cuka.
  3. Kemudian tempelkan di sisi kiri perut Anda.

Mengobati Asam Urat

Daun legundi sering digunakan oleh masyarakat untuk mengobati berbagai penyakit. Salah satu khasiat daun legundi ini adalah mengatasi asam urat. Bunga dan daun legundi adalah di antara herbal yang sangat efektif dalam memerangi rasa sakit dan peradangan karena asam urat dan pegal linu.

Demikianlah pembahasan tentang daun legundi semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: