11 Manfaat Daun Muncang untuk Kesehatan

Posted on

Daun Muncang – Muncang sering dianggap sebagai daun bawang. Sebenarnya berbeda. Karena Muncang ini adalah tanaman tersendiri yang berbeda dari daun bawang. Juga pada akar serat tidak ada bawang. Ukuran daun bervariasi, ada yang lebar dan ada yang kecil.

Sayuran ini dapat dimanfaatkan seluruh bagian tanaman, kecuali untuk akar dan selaput tipis pada batang yang sering memiliki banyak tanah. Rasanya sangat lezat dan baunya enak. Jadi sering digunakan sebagai bumbu dan perasa alami.

Daun-Muncang
Daun Muncang

Manfaat Daun Muncang

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya Tahan Tubuh sering disebut sebagai antibodi atau kekebalan tubuh. Ini adalah sistem pertahanan tubuh untuk deteksi dan pengendalian penyakit. Kekebalan ini dapat diperkuat oleh anda yang suka makan sayur muncang. Lebih baik jika sayuran pertama kali disiram dengan air panas sehingga setengah matang.

Sumber Energi

Energi didalam sayur muncang hingga 1 ons, 30 kkal. Hal ini mungkin cukup untuk menyeimbangkan kalori tubuh Anda. Jadi Anda tidak hanya mendapat kalori dari satu makanan saja.

Menyehatkan Gigi

Apakah Anda ingin memiliki gigi yang kuat dan sehat? Sudahkah Anda mencoba khasiat daun muncang yang memiliki banyak kandungan kalsium? Jika tidak, silakan ambil 50 gram sayuran ini untuk mencampurnya dengan 2 butir telur. Hal ini sangat ideal untuk meningkatkan kekuatan gigi Anda. Jadi tidak mudah keropos, patah, dan berlubang.

Meningkatkan Nafsu Makan

Fleksibilitas sayuran muncang ini membuatnya cocok untuk dijadikan masakan apa pun. Misalnya untuk menambah nafsu makan. Anda bisa menaburkan daun irisan ini dalam bakso dan sup. Bisa juga ditaburkan di berbagai hidangan lainnya. Bau dan rasanya sangat menggoda.

Sumber Zat Besi

Daun muncang memiliki zat besi cukup tinggi untuk mencapai 7 mg per 1 ons. Anda harus tahu bahwa zat besi adalah zat yang sangat penting yang harus ada dan stabil dalam tubuh manusia. Zat besi karenanya memiliki tugas mengangkut oksigen dan energi dan mengarahkannya dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh. Tidak terkecuali di otak.

Kandungan Vitamin B1

Manfaat muncang juga mengandung Vitamin B1, yang ampuh dalam mengembalikan daya tahan tubuh. Jika Anda sakit, Anda dapat meningkatkan kebugaran fisik dengan mengonsumsi vitamin B1 yang banyak terdapat dalam sayuran ini.

Menyehatkan Tulang

Tulang manusia perlu diberi asupan gizi agar tetap sehat. Kekuatan tulang sangat bergantung pada nutrisi yang diberika. Fosfor adalah zat yang dibutuhkan oleh tulang untuk mempertahankan kepadatannya. Nah, fosfor ini juga termasuk dalam daun muncang hingga 40 mg / g.

Menyehatkan Mata

Vitamin A dalam daun muncang mencapai 1.370 IU. Tentu saja jumlah ini lebih dari cukup untuk mendukung kesehatan mata Anda. Bola mata terlihat jernih dan menghindari rabun jauh.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Seperti namanya, penyakit kardiovaskular adalah penyakit yang terkait dengan organ jantung. Kandungan lemak HDL dalam daun muncang dapat digunakan sebagai terapi untuk penyakit jantung. Bahkan bisa menjadi sarana perlindungan agar jantung tidak sakit.

Antiseptik Alami

Jika Anda terluka, Anda harus segera dirawat agar tidak terjadi infeksi. Berurusan dengan luka tidak harus dilakukan dari luar. Bisa juga berasal dari dalam dengan mengonsumsi daun muncang, yang notabene merupakan antiseptik alami.

Antioksidan

Daun muncang banyak mengandung antioksidan yang sangat baik untuki tubuh, antioksidan dapat menangkal radikal bebas dan mengusirnya dari tubuh karena sangat berbahaya.

Demikianlah pembahasan tentang daun muncang semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya