14 Manfaat Daun Parsley dan Kandungan Daun Parsley

Posted on

Daun Parsley – Daun parsley, meskipun mirip dengan daun seledri, namun ternyata memiliki perbedaan. Daun parsley memiliki nama ilmiah Ptroselinum Cripsum dan milik keluarga wortel.

Daun parsley sendiri adalah tanaman merambat yang bisa mencapai ketinggian hingga 1 meter. Daun parsley biasa ditemukan di seluruh dunia, mulai dari daratan Eropa, Asia, dan Amerika.

Manfaat-Daun-Parsley
Daun Parsley

Daun parsley memiliki ciri daun yang mirip dengan daun wortel, berwarna hijau dan juga harum. Daun parsley tumbuh di daerah yang biasanya dingin. Di Indonesia, daun parsley tidak terlalu banyak ditemukan.

Kandungan Daun Parsley

  1. Lisin
  2. Asam folat
  3. Firocoumarin
  4. Xanthotoxin
  5. Asam amino
  6. Vitamin C
  7. Nikotin
  8. Apiola
  9. Beta – phelandrene
  10. Kalsium
  11. Zat besi
  12. Fosfor
  13. Potassium
  14. Vitamin A

Manfaat Daun Parsley

Menyehatkan Mata

Daun parsley memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Dengan kandungan vitamin A ini kesehatan mata Anda terjaga. Selain itu, Anda juga terhindar dari berbagai jenis gangguan yang sering menyerang mata, seperti:

  1. Rabun jauh, Rabun dekat, dan Rabun ayam
  2. Mata merah
  3. Silindris
  4. Katarak

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam daun parsley memainkan peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh kita. Dengan menggunakan Vitamin C, sistem kekebalan tubuh dan imunitas tetap terjaga. Dengan mempertahankan daya tahan, Anda akan:

  1. Tidak mudah terserang penyakit
  2. Menjadi lebih segar dan bugar
  3. Dapat bergerak dengan lancar dan bersemangat.

Baik untuk kesehatan tulang

Daun parsley mengandung kalsium dan fosfor serta vitamin K. Jika unsur-unsur nutrisi ini memberikan kontribusi yang luar biasa bagi kesehatan tulang dan gigi yang sehat. keuntungannya adalah:

  1. Pencegahan osteoporosis dan keropos tulang
  2. Mencegah Pengapuran
  3. Memperkuat struktur tulang
  4. Meningkatkan tinggi badan, terutama selama pertumbuhan

Menjaga Kondisi Jantung

Dipercaya juga bahwa daun parsley mampu menjaga dan mempertahankan kesehatan jantung Anda. Apakah Anda menginginkan jantung yang lebih sehat dan terjaga? Maka Anda mungkin perlu menambahkan parsley ke dalam diet harian Anda. Ketika kondisi jantung tetap terjaga dan sehat, Anda akan:

  • Stamina tubuh terjaga
  • Sirkulasi darah seluruh tubuh menjadi lebih lancar dan lebih optimal
  • Mencegah kekurangan oksigen
  • Mencegah terjadinya serangan jantung dan penyakit jantung koroner

Anti Kanker

Daun parsley juga bermanfaat sebagai antikanker. Kandungan nutrisi dan gizi dalam daun parsley dapat mencegah perkembangan sel kanker yang terjadi pada tubuh Anda. Di bawah ini adalah beberapa kanker yang berbahaya bagi tubuh kita.

  1. Kanker hati
  2. Kanker paru-paru
  3. Kanker kulit
  4. Kanker payudara
  5. Kanker prostat
  6. Kanker serviks
  7. Dan masih banyak lagi

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Sebagai jenis sayuran hijau, maka daun parsley sangat baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Dengan mengkonsumsi daun parsley, pencernaan Anda menjadi lebih lancar dan Anda dapat menghindari berbagai gangguan pencernaan, seperti:

  1. Sembelit
  2. Diare
  3. Sakit perut
  4. Kesulitan dengan buang air besar
  5. Wasir

Mencegah Penyakit Ginjal

Sayuran hijau baik untuk pencernaan. Selain itu, sayuran hijau salah satunya adalah daun parsley juga sangat baik untuk kesehatan ginjal Anda. Hal ini tentu saja dapat mencegah beberapa penyakit ginjal, seperti:

  1. Gagal ginjal
  2. Batu ginjal

Sebagai Antioksidan

Daun parsley juga memiliki tingkat antioksidan yang cukup tinggi. Dengan kehadiran antioksidan ini, ia dapat menangkis radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Dengan kehadiran antioksidan ini, bermanfaat untuk:

  1. Mencegah penuaan dini
  2. Mencegah kanker
  3. Meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh.

Mencegah Anemia

Zat besi yang terkandung dalam daun parsley sangat cocok untuk pencegahan dan pengurangan gejala anemia yang terjadi. Anemia adalah suatu kondisi di mana tubuh kekurangan darah, membuat tubuh Anda lemah, lesu dan mudah lelah.

Membantu Produksi Eritrosit

Asam folat yang terkandung dalam daun parsley dapat mendukung produksi eritrosit dalam tubuh Anda, sehingga tidak ada kekurangan eritrosit.

Menyehatkan Ibu Hamil

Wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Karena itu, daun parsley yang juga mengandung asam folat merupakan sayuran penting untuk dikonsumsi karena asam folat dapat menjaga kesehatan ibu dan juga perkembangan janin di dalam rahim.

Membantu Perkembangan Jaringan Tubuh

Keuntungan lain dari asam folat yang terkandung dalam daun parsley adalah dukungan pengembangan dan pembentukan jaringan dan sel dalam tubuh. Dengan cara ini, kondisi tubuh Anda menjadi lebih baik dan Anda menjadi lebih sehat.

Bagus untuk Kesehatan Bayi

Selain penting dalam masa kandungan, bayi terutama tiga tahun pertama juga penting. Oleh karena itu disarankan untuk menambahkan daun parsley ke makanan bayi sebagai sumber asam folat, yang penting untuk perkembangan anak.

Mencegah Kerusakan Otak

Asam folat yang terkandung dalam daun parsley, juga berguna untuk mencegah kerusakan otak dan mengoptimalkan fungsi dan kapasitas otak.

Demikianlah pembahasan tentang daun parsley semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: