12 Manfaat Daun Pakis untuk Kesehatan

Posted on

Daun Pakis – Daun pakis adalah sejenis tanaman pakis dengan daun hijau. Seperti yang kita ketahui, pakis ini memiliki dua jenis warna daun. Ada yang merah, disebut Pakis Merah, dan yang hijau tentu saja Pakis Hijau.

Secara umum, pakis hijau lebih banyak dijual. Karena keberadaannya lebih mudah ditemukan di alam. Entah itu tumbuh secara alami, atau hasil budidaya.

Daun-Pakis
Daun Pakis

Tanaman pakis sebenarnya adalah tanaman liar. Jenis tumbuhan paku yang hidup di dekat air sungai. Tanaman ini bisa mencapai ketinggian lebih dari 100 cm.

Daunnya sudah sudah tua akan kaku. Namun yang disebut Pakis ini adalah daun yang muda dan elastis empuk. Pucuk-pucuk muda dari tanaman paku inilah yang sering dimanfaatkan sebagai sayuran.

Manfaat Daun Pakis

Kaya Serat

Manfaat daun pakis adalah serat tinggi, yang sangat bagus untuk tubuh. Dapat menyebabkan tubuh terhindar dari sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Usus menjadi lebih bersih dan bekerja lebih baik dalam sistem pencernaan makanan.

Meningkatkan Nafsu Makan

Makan dengan lauk pakis Sayuran sangat efektif untuk meningkatkan nafsu makan Anda. Rasanya selalu ingin menambahkan. Terutama saat dimakan dengan nasi pulen dan dibumbui dengan ikan asin gurih. Rasakan dunia ini penuh dengan kebahagiaan dan selalu ingin makan.

Mengatasi Stres dan Depresi

Memang jika kita menyantap makanan lezat. Kemudian tubuh secara otomatis melepaskan hormon anti stres seperti dopamin, endorfin dan serotonin. Semuanya berfungsi sebagai anti stres dan anti depresi alami, yang sangat efektif dan tanpa efek samping yang berbahaya.

Mencerdaskan Otak

Manfaat daun pakis sangat bagus untuk mencerdaskan otak. Sebaiknya kita mulai mengajari anak-anak untuk mengkonsumsi sayur ini. Sehingga otak dapat berkembang sempurna dalam proses berpikir.

Makanan Diet

Manfaat daun pakis sangat bagus untuk diet. Aman dikonsumsi dalam jumlah banyak, bahkan dari orang yang sedang diet. Dapat dikombinasikan dengan jus buah atau sayuran lainnya. Pakis juga memberi Anda perasaan kenyang. Tidak mudah lapar yang cocok untuk diet.

Mencegah Sembelit

Sembelit dapat disembuhkan dengan mengonsumsi banyak buah dan sayuran yang kaya serat. Manfaat daun pakis sangat tinggi seratnya, yang bagus untuk mengobati sembelit. Jadi tidak ada ketergantungan lagi pada obat pencahar atau obat-obatan kimia.

Menghaluskan Kulit

Kulit yang cerah dan halus adalah impian banyak orang. Jika Anda ingin memiliki kulit seperti itu, perawatan dengan krim dan lotion serta perawatan oleh klinik kecantikan saja tidak cukup. Kita harus makan sayur yang kaya vitamin dan mineral, seperti daun pakis ini.

Mencegah Kolesterol

Manfaat daun pakis sangat bagus untuk mencegah peningkatan kolesterol. Hal ini akan membuat tubuh penderita kolesterol jauh lebih baik. Mereka tidak lagi bingung harus makan apa. Gunakan saja daun pakis ini.

Baik untuk Penderita Diabetes

Manfaat daun pakis dengan kadar gula dan lemak yang rendah juga baik untuk penderita diabetes. Cocok untuk dikonsumsi mereka. Bahkan jika diabetes sedang terjadi.

Mencegah Penyakit Ginjal

Pada dasarnya, sayuran yang tumbuh di dekat perairan seperti daun pakis sangat baik untuk ginjal. Dapat mencegah berbagai penyakit ginjal. Dan juga melancarkan buang air kecil.

Anti Kanker

Daun pakis mengandung vitamin A dan C serta potasium, fosfor, magnesium, kalsium dan protein. hal ini dapat membantu tubuh melawan kanker dan radikal bebas.

Mengatasi Insomnia

Ternyata jika Anda tidak bisa tidur lebih awal, daun pakis bisa menjadi solusi Anda untuk mengatasi insomnia. Daun pakis mengandung senyawa yang bisa mengatasi gangguan tidur.

Demikianlah pembahasan tentang daun pakis semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya