Daun Ungu : 10 Manfaat dan Efek Samping Daun Ungu

Posted on

Daun Ungu – Daun ungu atau dalam bahasa Latin graptophyllum pictum adalah tanaman unik yang berwarna ungu gelap dengan ukuran daun lebar. Ketinggian tanaman ini bisa mencapai 3 meter lebih.

Jenis tanaman obat di pedesaan biasanya digunakan untuk tanaman pagar. Sebagai dekorasi dan keindahan halaman. Bahkan, warna daunnya memberi kesan jelas bagi siapa saja yang melihatnya. Terutama dalam kombinasi dengan tanaman lain, itu akan jauh lebih indah.

Daun-Ungu
Daun Ungu

Namun kali ini, tidak akan membahas tanaman ungu sejauh struktur yang bersangkutan. Tetapi akan memeriksa manfaat yang terlibat. memang tidak banyak orang mengenalnya. Sebagai tanaman obat yang baik bagi tubuh.

Meskipun setiap hari melihat dan memegangnya. Salah satu manfaat yang dihasilkan adalah pengobatan wasir dan sembelit. Selain itu, ada manfaat lain yang harus Anda ketahui.

Manfaat Daun Ungu

Merawat Kesehatan Kulit

Daun ungu telah terbukti efektif melembutkan dan tidak mengeringkan kulit. Pelembut yang terkandung dalam daun ungu mencegah dan mengurangi pengeringan kulit serta melindungi kulit dari panas dan sinar matahari, sehingga kulit dapat terhidrasi lebih lama.

Mengobati Demam

Efek positif dari daun ungu yaitu dapat mengatasi demam. Demam adalah salah satu gejala penyakit. Semacam petunjuk atau indikator bahwa tubuh sedang diserang oleh bakteri.

Salah satu penyakit yang didahului oleh demam adalah malaria. Untuk mengatasi demam ini, daun ungu bisa digunakan. Karena daun ini mengandung diuretik yang dapat menyembuhkan demam dalam tubuh.

Menyembuhkan Bekas Luka

Apakah Anda memiliki bekas luka lama atau borok yang tidak hilang? Anda bisa menggunakan daun ungu untuk menghilangkan bisul di tubuh Anda.

Anda cukup melakukan ini dengan menumbuk beberapa lembar daun ungu dengan sedikit air. Kemudian rekatkan daun ungu yang dulu tumbuh di bekas luka atau bisul Anda. Lakukan secara teratur setiap hari dan bekasAnda akan hilang secara alami.

Anti Inflamasi

Manfaat daun ungu lainnya adalah antiinflamasi. Sifat anti-inflamasi membantu dalam meredakan peradangan.

Jika Anda menderita radang kulit dan tenggorokan, Anda dapat menggunakan daun ungu ini sebagai obat herbal tanpa efek samping dan antioksidan

Mengobati Bisul

Daun ungu sangat berguna untuk mempercepat pemasakan bisul, sehingga bisul di tubuh Anda terjadi dengan cepat dan menghilang.

Sama seperti Anda dapat menghilangkan bisul pada tubuh Anda, cukup lekatkan daun ungu yang tumbuh di bisul Anda.

Jangan lupa untuk melakukannya secara teratur sampai bisul Anda hilang dan kulit Anda kembali dengan mulus dan tanpa bisul.

Anti Bakteri

Daun ungu ini memiliki sifat luar biasa yang bersifat antibakteri. Bakteri yang menyerang tubuh bisa diatasi.

Karena daun ungu ini memiliki senyawan yang dapat membunuh dan menghilangkan bakteri yang menyerang tubuh.

Selain itu, daun ungu ini adalah cara untuk meningkatkan stamina. Tentu saja secara alami dan tanpa efek samping.

Membantu Memperlancar Haid

Menstruasi yang tidak lancar, tentu sangat mengganggu dan membuat wanita tidak nyaman.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan daun ungu yang memiliki banyak kelebihan tanpa harus meminum obat kimia dari apotek.

Rebus 10-15 gram daun ungu dengan 2 gelas air hingga airnya menyusut menjadi 1 gelas. Minumlah air matang ungu sebelum atau selama menstruasi.

Mengobati Maag

Daun ungu juga memiliki manfaat untuk obat maag. Tukak lambung sering timbul karena pola makan yang buruk dan faktor kelelahan.

Jika Anda terinfeksi oleh maag, Anda pasti akan mengganggu pola makan anda. Karena perut terasa sakit dan perih.

Untuk mengatasi maag ini, dapat menggunakan rebusan Duan ungu. Karena daun ini bisa mengurangi asam lambung, sehingga maag bisa diatasi.

Mencegah Sakit menopause

Tanaman dengan daun ungu tidak hanya bisa memperlancar menstruasi, tetapi juga mencegah rasa sakit menopause. Kadang-kadang seorang wanita menderita menopause dini karena faktor-faktor tertentu, tetapi mungkin juga karena faktor-faktor yang tidak lagi muda.

Menopause biasanya dibarengi dengan rasa sakit. Untuk menghindari rasa sakit saat menopause, Anda dapat minum air rebusan daun ungu secara teratur. Ketika Anda mengalami menopause, Anda tidak akan merasakan sakit.

Mengatasi Rematik

Rematik biasanya menyerang orang dewasa. Penyakit ini tidak hanya disebabkan oleh virus tetapi juga oleh aktivitas yang berlebihan. Efek rematik sangat berbahaya, karena pembengkakan dan gangguan dapat terjadi saat berjalan.

Rematik dapat dikurangi dengan makan rebusan daun ungu. Karena daun ini mengandung anti-penghilang rasa sakit yang baik untuk penderita rematik.

Efek Samping Daun Ungu

Tidak Baik Untuk Janin

Janin sangat rentan terhadap berbagai hal. Bagi Anda yang sedang hamil, Anda harus berhati-hati saat memilih makanan. Begitu juga dengan daun ungu Meskipu memiliki keunggulan besar. Daun ungu ini tidak baik untuk wanita hamil. Karena diyakini bahwa daun ini menyebabkan keguguran. Tentu Anda tidak ingin itu terjadi. Untuk alasan ini, penting untuk menghindari daun ungu.

Gangguan kesuburan

Kesuburan sangat dibutuhkan wanita, baik pengantin baru maupun wanita. Melalui suburan ini, mereka dapat memberikan keturunan untuk bertahan hidup di rumah tangga.

Kesuburan penting untuk dirawat dan dilestarikan. Satu hal penting yang harus dihindari adalah daun ungu. Karena daun ini sangat tidak cocok untuk kesuburan. Siapa yang ingin mengkonsumsi, harus mengambil jumlah yang tepat dan tidak terlalu banyak.

Mengganggu metabolisme

Daun ungu, yang kaya akan manfaat, baik untuk tubuh. Meskipun demikian, Anda harus berhati-hati ketika mengkonsumsinya. Konsumsi berlebihan mengganggu keseimbangan tubuh. Karena tubuh hanya membutuhkan vitamin yang tepat dan seimbang.

Demikianlah Pembahasan tentang manfaat dan efek samping daun ungu semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: