Daun Sambung Nyawa, Ciri-ciri dan Manfaat Daun Sambung Nyawa

Posted on

Daun Sambung Nyawa – Daun dari sambung nyawa atau sambung Nyowo atau Akar sebiak, yang nama Latinnya adalah Gynura procumbens, adalah salah satu tanaman asli Indonesia yang telah lama digunakan masyarakat untuk mengobati berbagai penyakit. sambung nyawa dapat ditemukan di pulau Jawa dan Sumatra, beberapa di antaranya tumbuh liar di pulau Bali.

Tumbuhan ini bisa tumbuh liar, tetapi banyak juga yang dibiakkan dengan stek batang. Pertumbuhan sambung nyawa cukup cepat dan optimal bila ditanam di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Daun sambung nyawa yang tumbuh di tempat yang teduh menjadi lebih tipis tetapi lebih lebar.

Daun-Sambung-Nyawa
Daun Sambung Nyawa

Penggunaan tanaman herbal sebagai pengobatan alternatif memang sudah meluas di Indonesia. Jumlah tanaman herbal yang tumbuh di Indonesia juga hampir tak terhitung. Pernahkah Anda mendengar tentang manfaat daun sambung nyawa? daun sambung nyawa adalah salah satu tanaman yang dipercaya sebagai tanaman herbal di Indonesia.

Ciri-ciri Daun Sambung Nyawa

Daun

Daun berbentuk helaian daun, bentuk bulat telur, bulat telur memanjang, bulat memanjang, panjang 3,5 – 12,5 cm, lebar 1-5,5 cm, ujung tumpul, runcing, meruncing pendek, pangkal bundar atau mengotak-atik. Tepi daunnya rata, bergelombang atau sedikit bergerigi. Tangkai daun 0,5 cm hingga 1,5 cm. Permukaan daun kedua sisi botak atau berambut halus.

Daun memiliki susunan dan fragmen yang sesuai dengan sifat anatomi keluarga bunga matahari (Asteraccae = Compositae).

Bunga

Perbungaan dengan pembungaan majemuk cawan, malai (panicula) ke malai dangkal (Corymb), masing-masing cawan memuat bunga 20-35, panjang 1,5-2 cm, lebar 5-6 mm. Karangan bunga dan tangkai botak atau rambut pendek, karangan bunga dari 0,5 hingga 0,7 cm.

Brachtea involucralis dalam bentuk garis tajam atau tumpul, panjang 0,3-1 cm. Lebar 0,6 – 1,7 cm, ujung gundul, hijau atau coklat kemerahan. Mahkota adalah semacam tabung, panjang 1 – 1,5 cm, kuningan oranye atau oranye. Benang sari berbentuk jarum, kuning, kepala sari menempel. Garis berbentuk buah, panjang 4-5 mm, berwarna coklat.

Klasifikasi

Kingdom: Plantae (Tanaman) Super Division: Spermatophyta (memproduksi biji) Divisi: Magnoliophyta (Tanaman Berbunga) Kelas: Magnoliopsida (fragmenter / dicotyledonous) Subclass: Asteridae Urutan: Asterales Keluarga: Asteraceae Genus: Gynura procumbensens

Manfaat Daun Sambung Nyawa

Mengobati Darah Tinggi

Salah satu keuntungan dari daun sambung nyawa yang umum digunakan adalah pengobatan tekanan darah tinggi. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, Anda dapat mengobatinya segera dengan memakan daun sambung nyawa ini.

Obat-obatan dengan daun sambung nyawa sangat cocok untuk pengobatan hipertensi. Namun, jika tidak ada daun yang disambung di tempat Anda, tetapi daun Afrika, maka jangan khawatir, karena manfaat daun Afrika untuk tekanan darah tinggi juga bisa digunakan. Efek yang Anda rasakan hampir sama dengan daun.

Mengobati Ginjal

Keuntungan dari daun sambung nyawa adalah dalam pengobatan penyakit ginjal. Manfaat yang satu ini masih berkaitan dengan efek diuretik dari daun sambung nyawa. Diuretik untuk pengobatan penyakit ginjal diberikan untuk mengurangi penumpukan cairan di bagian tubuh tertentu.

Mengobati Diabetes

Ternyata daun sambung nyawa bisa digunakan tidak hanya untuk pengobatan tekanan darah tinggi, tetapi juga untuk pengobatan diabetes. Bahkan, ada begitu banyak manfaat yang Anda dapatkan ketika Anda menggunakan atau mengkonsumsi daun sambung nyawa ini. untuk ini, gunakan daun sambung nyawa sebagai obat herbal.

Jika tidak ada daun sambung nyawa dalam diabetes, Anda harus menggunakan alternatif lain, seperti manfaat daun mangga dalam diabetes, manfaat daun Binahong dalam diabetes, dan manfaat pisang dalam diabetes.

Menjaga Saluran Pencernaan

Dipercaya juga bahwa daun sambung nyawa mampu mengatasi beberapa masalah sistem pencernaan. Daun sambung nyawa sering digunakan untuk mengobati disentri karena diyakini bahwa daun ini memiliki kemampuan untuk menghilangkan racun dalam tubuh.

Dipercaya juga bahwa daunnya mampu mengatasi maag atau radang lambung yang sangat umum di masyarakat.

Mengobati Penyakit Tumor

Tumor adalah penyakit yang perlu segera diperhatikan agar tidak menyebar ke lokasi lain. Jika Anda memiliki tumor, Anda bisa langsung mengatasi penyakit dengan mengonsumsi daun sambung nyawa ini.

Mengobati Radang Tenggorokan

Manfaat daun sambung nyawa selanjutnya adalah mengatasi peradangan pada kerongkongan. Esofagus atau kerongkongan adalah saluran yang terletak di kerongkongan sampai terhubung ke lambung. Penyebab esofagitis dapat bervariasi, mulai dari asam lambung , infeksi hingga reaksi alergi.

Penyakit kerongkongan dapat memengaruhi kerja saluran pencernaan. Anda dapat mencoba mengatasinya dengan daun sambung nyawa. Kandungan berbagai senyawa dalam daun sambung nyawa menyebabkan daun ini memiliki efek anti-inflamasi dan anti-pembengkakan yang dapat meredakan radang kerongkongan.

Mengobati Liver

Manfaat daun sambung nyawa tidak diragukan karena diyakini bahwa daun sambung nyawa sejak zaman dahulu menyembuhkan berbagai penyakit.

Dipercayai bahwa daunnya mampu menyembuhkan berbagai penyakit dalam dan luar. Salah satu penyakit dalam yang dapat disembuhkan dengan daun sambung nyawa adalah penyakit hati

Membantu Masalah Tonsillitis

Selain mengobati radang kerongkongan, daun sambung nyawa juga mampu mengatasi Tonsillitis atau radang amandel. yang dapat mengganggu saluran pencernaan, karena sulit bagi penderita untuk menelan makanan. Peradangan amandel umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Daun sambung nyawa memiliki senyawa antimikroba yang membantu mengurangi infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme tertentu. Sebelum operasi, Anda dapat mencoba perawatan dengan daun sambung nyawa untuk mengatasi radang amandel.

Mengobati Maag

Penyakit maag adalah penyakit yang umumnya dialami oleh berbagai kelompok orang tua dan muda serta anak-anak. Ada banyak penyebab yang menyebabkan maag.

Tapi tahukah Anda bahwa ternyata daun sambung nyawa sangat berguna untuk mengatasi maagyang Anda derita? Bagi penderita maag, sangat baik untuk mengonsumsi manfaat buah naga dan manfaat jahe dalam maag. Karena tidak hanya bisa menghangatkan perut, tetapi juga meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh maag.

Mengatasi Gejala sinusitis

Keuntungan lain dari daun sambung nyawa adalah mengatasi sinusitis. Kondisi ini adalah kondisi di mana rongga di sekitar hidung meradang. Sinusitis adalah jenis penyakit pernapasan kronis yang dapat terjadi hingga 8 minggu. Gejala penyakit ini termasuk sakit kepala, pilek atau hidung tersumbat dan nyeri pada wajah.

Cara mengatasi sinusitis untuk meredakan gejala. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan daun sambung nyawauntuk mengurangi gejala-gejala tersebut.

Demikianlah pembahasan tentang daun sambung nyawa semog dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya


Related posts: