12 Manfaat Daun Walang Sangit untuk Kesehatan

Posted on

Daun Walang Sangit – Daun walang sangit mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Tanaman yang biasa tumbuh di pekarangan rumah ini memang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Umumnya, daun ini digunakan sebagai umpan memancing. Namun, tahukah anda bahwa daun ini juga dapat membantu anda dalam meningkatkan kesehatan.

Daun kecil ini bisa terlihat sepele. Tapi jangan salah sangka! faktanya, daun ini mengandung sejumlah nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Daun-Walang-Sangit
Daun Walang Sangit

Seperti vitamin, kalsium, fosfor, magnesium, dan berbagai mineral lainnya. Mengingat begitu banyak nutrisinya, tidak heran jika daun yang satu ini pada akhirnya dapat berdampak baik bagi tubuh.

Manfaat Daun Walang Sangit

Sumber Vitamin

Daun walang sangit mungkin memiliki ukuran yang kecil. Namun di balik itu semua ada kandungan vitamin yang cukup tinggi. Vitamin ini membantu anda menjaga kekebalan dan vitalitas tubuh Anda.

Menjaga Kekuatan Tulang

Manfaat kesehatan kedua dari daun walang sangit adalah dapat menjaga kekuatan tulang. Tentu saja hal itu wajar. Karena daunnya sarat dengan kalsium, fosfor dan magnesium, yang sangat penting dalam menjaga kepadatan tulang.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah yang lancar sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Tanpa sirkulasi darah yang lancar, organ-organ tubuh akan terganggu. Karena itu, tidak ada salahnya jika anda mengkonsumsi daun ini secara teratur. Daun walang sangit mengandung sejumlah vitamin seperti zat besi dan fosfor, yang dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Mencegah Anemia

Zat besi yang terkandung daun walang sangit tidak hanya dapat meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, zat besi dalam daun kecil ini juga membantu dalam pembentukan hemoglobin dalam tubuh. Dengan nilai hemoglobin atau eritrosit yang cukup, masalah anemia tentu tidak akan terjadi.

Menjaga kesehatan kulit

Manfaat Daun walang sangit untuk Kesehatan Yang berikutnya adalah pemeliharaan kesehatan kulit. Sebenarnya, itu tidak perlu dipertanyakan lagi. Daun yang satu ini kaya akan vitamin dan kaya akan berbagai mineral yang baik untuk kulit.

Menyehatkan Gigi

Daun walang sangit juga dapat menjaga kesehatan gigi kita. Alasannya adalah daun kecil ini memiliki kandungan kalsium tinggi. Kalsium memang nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan dan kesehatan gigi.Hal ini membuat gigi lebih kuat dan tidak mudah keropos.

Meningkatkan Nafsu Makan

Nafsu makan Anda terganggu? Cobalah mengkonsumsi daun ini secara teratur. Daun walang sangit sangat efektif dalam mengobati masalah nafsu makan seseorang yang berkurang, menurut penelitian dalam jurnal Clinical Of Food & Nutrition 2001. Hal ini disebabkan kandungan momordicin dan asam trichosanic dalam daun walang sangit.

Menghilangkan Bau Badan

Siapa yang mengira? Ternyata, daun walang sangit mengandung aldehid yang bisa menghilangkan bau badan. Cara mengambil khasiat ini sangat mudah. Pertama, rebus daun walang sangit dengan 6 gelas air. Kemudian tunggu sampai mendidih dan airnya menyusut hingga 3 gelas air. Jika Anda minum secara teratur tiga kali sehari, maka masalah bau badan akan segera teratasi.

Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin dan berbagai mineral daun walang sangit sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Tidak hanya mencegah kerusakan sel-sel kulit, tetapi juga mencegah penuaan dini pada kulit. Seperti kulit kusam, garis-garis halus, kulit keriput dan sebagainya.

Menjaga kesehatan mata

Manfaat lain dari Daun walang sangit untuk kesehatan adalah dapat menjaga kesehatan mata. Seperti kita ketahui, daun ini mengandung vitamin A. Vitamin A sendiri adalah nutrisi yang paling dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata.

Menetralkan Racun dalam Tubuh

Menurut sebuah penelitian bahwa daun walang sangit dapat digunakan sebagai ramuan herbal untuk menetralisir racun dalam tubuh dengan cara membuang nya pada saat proses buang air kecil.

Mengatasi Maag

Daun walang sangit memiliki senyawa seperti sulfonylurea dan soudium sulfure, kedua senyawa ini biasa ditemukan dalam obat-obatan untuk mengobati penyakit maag dan diabetes.

Demikianlah pembahasan tentang daun walang sangit semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: