16 Manfaat Daun Gamal untuk Kesehatan

Posted on

Daun Gamal – Tanaman ini disebut Gamal (Gliricidia sepium). Beberapa menyebutnya sebagai Lirisida, Moringa, Laut atau Cebreng. Nama Gamal sendiri adalah singkatan untuk “Down with Alang-alang”. Bahkan, tanaman itu, yang semula digunakan sebagai tanaman teh pelindung, bisa membunuh gulma.

Tamanam Gamal melepaskan zat yang menyerang sistem akar alang-alang dan menghambat pertumbuhan alang-alang. Karena alasan inilah Gamal dikenal sebagai herbisida alami untuk pemberantasan alang-alang.

Daun-Gamal
Daun Gamal

Manfaat Daun Gamal

Mengatasi Kekurangan Vitamin dan Mineral

Daun gamal adalah jenis kacang-kacangan dan memiliki berbagai gejala yang disebabkan oleh kekurangan vitamin dan mineral, seperti kekurangan vitamin A (penglihatan kabur), kekurangan kolin (penumpukan lemak di hati), kekurangan vitamin B1 (Beriberi). Kekurangan vitamin B2 (kulit kering dan pecah-pecah), kekurangan vitamin B3 (dermatitis), kekurangan vitamin C (gusi berdarah), kekurangan kalsium (osteoporosis), kekurangan besi (anemia), kekurangan protein (rambut pecah-pecah dan gangguan pertumbuhan pada anak-anak).

Obat Rematik

Gamal (daun dan akarnya) dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit rematik, epilepsi, diuretik dan gonore. Epilepsi yang berhubungan dengan saraf, diuretik adalah kesulitan buang air kecil, sehingga rebusan daun gamal dapat menjadi melancarakan urin, sedangkan gonore adalah penyakit kelamin. Air rebusan ini juga bisa peluruh dahak.

Obat Sakit Kepala

Ekstrak daun gamal dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit kulit, rematik, sakit kepala, batuk dan sebagai obat luar pada luka tertentu.

Obat Sakit Kuning

Daun gamal ditumbuk halus dengan air kelapa yang cukup. Saring airnya dan tambahkan madu secukupnya. Air yang diseduh diminum pada orang dengan penyakit kuning setidaknya dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Gamal dapat meningkatkan fungsi hati normal.

Obat Sakit Tenggorokan

Ekstrak (daun dan bunga) Gamal dapat mengobati sakit tenggorokan, flu dan cacingan. Penderita minum air rebusan daun dan bunga gamal.

Merangsang Pencernaan.

Ekstrak daun gamal dan buahnya dapat mengaktifkan sistem pencernaan makanan. Jika daun Gamal direndam dalam air hangat, hal itu bisa meningkatkan nafsu makan.

Menghilangkan Flek Wajah

Daun gamal dapat menghaluskan kulit. Daun gamal dicuci bersih dan ditumbuk hingga halus. Dapat diaplikasikan sebagai masker pada wajah.

Mengatasi Pegal Linu

Daun gamal dapat digunakan sebagai obat luar. Tumbuk daun gamal sampai halus dicampur dengan kapur sirih. Oleskan ke bagian tubuh yang sakit.

Obat Mata

Daunnya (bersama dengan kulit dan akar gamal) dapat dimasak. Untuk penyakit mata, airnya diteteskan ke mata.

Pestisida Alami

Daun gamal dapat digunakan untuk pestisida dan rodentisida alami sebagai racun tikus. Daun (bersama dengan akarnya) dicacah dengan lompang, dihaluskan dan kemudian dicampur dengan air. Air bisa disemprotkan ke tanah di sudut mana pun. Ekstrak (daun, kulit kayu dan biji-bijian) gamal membunuh tikus ketika dicampur dengan umpan.

Penawar Racun

Ekstrak gamal (daun dan kulit kayu) dapat digunakan sebagai penawar racun. Ekstraknya ditumbuk halus ini digunakan untuk mengobati bengkak, sariawan dan karang gigi.

Membasmi Kutu Kulit

Ekstrak (daun, akar dan kulit kayu) dari rebusan daun gamal diterapkan ke seluruh tubuh atau kulit anjing, kambing atau sapi. Hal ini membunuh kutu (scabies) pada hewan-hewan ini. Pada manusia, dapat menghilangkan jamur kulit.

Mengobati penyakit kulit

Ekstrak tabrakan dari daun Gamal, bila ditambahkan ke air dan ether, dapat mengobati penyakit Kulit.

Racun Alami (herbisida)

Daun (bersama dengan biji gamal dan kulit kayu) mengandung zat-zat yang beracun bagi manusia dan hewan.

Pakan Ternak

Daun gamal mudah dicerna dan karenanya cocok untuk pakan ternak, terutama untuk ruminansia (sapi, kerbau). Pakan daun gamal mempengaruhi berat domba, kemampuan reproduksinya dan pembiakannya.

Menyuburkan Tanah

Tanaman gamal adalah jenis leguminosa. Spesies ini memiliki simpul yang dapat mengikat nitrogen dari udara, sehingga berfungsi untuk meningkatkan kandungan nitrogen di tanah. Daun dan rantingnya bisa dijadikan pupuk hijau untuk kesuburan tanah. Tanaman gamal dapat digunakan sebagai pagar, perlindungan erosi dan penguatan tanah.

Demikianlah pembahasan tentang daun gamal semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: