14 Kegunaan Daun Sukun untuk Kesehatan

Posted on

Kegunaan Daun Sukun – Sukun adalah buah yang dikenal di Indonesia. Makanan yang terbuat dari buah sukun sebenarnya tidak diragukan lagi kelezatannya. Tapi tahukah Anda bahwa daun sukun juga bisa diolah? Masyarakat meyakini bahwa manfaat daun sukun sangat banyak untuk kesehatan.

Sukun (Artocarpus altilis) atau yang buahnya disebut breadfruit dalam bahasa Inggris, umumnya digunakan sebagai makanan berupa sukun goreng dan keripik sukun. Untuk memanfaatkan tanaman sukun untuk kesehatan, daun sukun harus direbus atau dengan mengkonsumsi teh sukun.

Manfaat-Daun-Sukun
Daun Sukun

Kegunaan Daun Sukun Untuk Kesehatan

Mengobati Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal menjadi penyakit yang sangat menakutkan. Orang yang sudah mengalami gagal ginjal perlu mencuci darah secara teratur. Efek dari perawatan ini tidak cukup baik bagi tubuh, itulah sebabnya pasien seringkali tidak ingin mencuci darah.

Namun, ternyata manfaat daun sukun kering dapat digunakan sebagai obat yang sangat efektif. Daun sukun memiliki senyawa khusus yang dapat meningkatkan efek diuretik. Pasien ginjal dapat menggunakan terapi ini selama beberapa bulan sampai sembuh total.

Mengobati Penyakit Jantung

Manfaat daun sukun lainnya adalah mengatasi penyakit jantung. Satu studi menemukan bahwa kadar flavonoid dan sitosterol dalam daun sukun dapat secara signifikan melindungi jantung dari berbagai kerusakan kardiovaskular.

Penangkal Radikal Bebas

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sukun mengandung senyawa fenolik dan flavonoid yang merupakan antioksidan. Kedua bahan tersebut membantu tubuh melawan efek yang disebabkan oleh radikal bebas.

Bahkan, jenis sukun kuning-oranye memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi, yaitu xanthine dan lutein, yang memiliki manfaat serupa.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol berasal dari makanan yang mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans. Jenis lemak ini dapat diperoleh dari berbagai daging yang mengandung lemak, seperti lemak dalam daging sapi, lemak pada kulit unggas, dan minyak nabati, seperti minyak sawit.

Kolesterol tidak bisa digunakan oleh tubuh dan menumpuk di dalam darah. Efek jangka panjangnya adalah dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Daun sukun sebenarnya bisa digunakan sebagai obat untuk menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol berasal dari darah dan menjadi sisa metabolisme yang keluar melalui urin atau feses.

Mengatasi Penyakit Maag

Khasiat daun sukun selanjutnya adalah untuk saluran pencernaan. Seperti kita ketahui, penyakit maag adalah penyakit pencernaan yang paling umum. Daun sukun dipercaya memiliki manfaat dalam mengatasi penyakit ini.

Diasumsikan bahwa kandungan kalium dalam daun sukun menetralkan asam lambung. Selain itu, diyakini bahwa efek antiinflamasi juga menghilangkan peradangan lambung.

Membantu Kesehatan Peredaran Darah

Daun Sukun segar mengandung banyak kalium, zat besi dan berbagai mineral lainnya yang penting untuk menjaga stabilitas detak jantung dan tekanan darah.

Selain itu, kandungan senyawa fitokimia dalam sukun juga dapat membantu mencegah penyempitan dan pengerasan arteri akibat deposit kolesterol.

Menangkal Sel Kanker

Kanker dapat disebabkan oleh berbagai hal yang terjadi dalam tubuh manusia. Penyebab utama, bagaimanapun, adalah kerusakan sel-sel sehat dalam tubuh yang disebabkan oleh berbagai jenis radikal bebas.

Akibatnya, sel-sel sehat bermutasi dan dapat menyebabkan kanker. Sel-sel kanker dapat terjadi di semua jenis organ dan bermetastasis ke bagian tubuh yang lain.

Untuk mengurangi risiko kanker dan menyembuhkan kanker, rebusan daun sukun dapat menggantikan kemoterapi. Manfaat antioksidan dalam daun sukun kering sangat tinggi dan dapat mengatasi masalah kanker.

Mengobati Asam Urat

Efektivitas daun sukun selanjutnya adalah mengatasi asam urat. Asam urat adalah penyakit yang menyerang sendi dan menyebabkan gejala seperti nyeri sendi, kemerahan sendi dan pembengkakan.

Nyeri sendi akibat encok sering terjadi secara tiba-tiba. Dipercayai bahwa memakan rebusan dari daun sukun kering atau teh sukun dapat mengurangi gejala asam urat.

Melindungi Tubuh Dari Penyakit

Kebanyakan orang mengenal buah jeruk sebagai salah satu sumber vitamin C terbesar. Padahal, kandungan vitamin C dalam sukun tidak kalah tinggi.

Seratus gram sukun mengandung 29 miligram vitamin C, yang mencakup 48% dari kebutuhan vitamin C harian.

Mengkonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C membantu tubuh memerangi penyakit dan radikal bebas berbahaya.

Pengobati Penyakit Liver

Hati memiliki fungsi untuk menyimpan dan menetralkan semua racun dalam tubuh. Hati yang digunakan oleh tubuh untuk menetralisir mungkin memiliki kelainan karena kondisi metabolisme yang buruk.

Selain konsumsi alkohol dan rokok, risiko penyakit ini juga bisa meningkat. Daun sukun kering yang telah dimasak dan dibuat menjadi teh dapat digunakan untuk mengobati peradangan atau pembengkakan hati.
Beberapa jenis senyawa, seperti asetilkolin, sangat baik untuk mengendalikan peradangan.

Mengobati Penyakit Tulang

Manfaat selanjutnya dari daun sukun diyakini dalam penyembuhan gangguan tulang seperti osteoporosis (keropos tulang) dan osteoartritis (kalsifikasi sendi). Kedua penyakit ini cukup sulit diobati, sehingga daun sukun dapat membantu meredakan gejala.

Mengobati Alergi

Alergi sering menyebabkan tubuh gatal dari tingkat rendah ke berat. Alergi muncul karena tubuh tidak dapat menghasilkan hormon dan enzim yang membentuk sistem anti-alergi tubuh. Akibatnya, tubuh menderita beberapa kesalahan sistemik dalam imunisasi terhadap zat-zat tertentu.

Konsumsi daun sukun kering sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah alergi. Terapi juga harus menghindari berbagai pemicu alergi dan mensimulasikan tubuh jika memiliki efek menggunakan daun kering.

Mengatasi Peradangan Kulit

Manfaat daun sukun tidak hanya ketika dikonsumsi, tetapi juga langsung pada kulit. Daun sukun dianggap sebagai obat eksim kering dan basah dan juga dapat digunakan sebagai pengelupasan alami.

Caranya adalah dengan mencampurkan daun sukun, yang dilumatkan dengan minyak esensial dan kemudian dibagikan langsung pada kulit.

Anti Pendarahan

Pada jaman dulu, rebusan daun sukun kering sering menjadi obat anti pendarahan. Kasus yang paling umum adalah pengobatan perdarahan pada ibu yang baru saja melahirkan. I

ni karena senyawa kimia yang terkandung dalam daun sukun kering dapat memicu sistem pembuluh darah dan menghentikan pengencer darah sehingga perdarahan bisa dihentikan. Minum dengan ibu yang berdarah tiga kali sehari menghentikan pendarahan dan memastikan kesehatan Anda pulih dengan cepat.

Demikianlah pembahasan tentang kegunaan daun sukun semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: