15 Manfaat Kembang Kol dan Kandungan Kembang Kol

Posted on

Kembang Kol – Kembang kol atau Bunga kol adalah salah satu sayuran yang paling umum di konsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sayuran ini termasuk keluarga kubis-kubisan seperti brokoli.

Bentuknya juga menyerupai brokoli dengan bunga putih yang tersusun teratur dan memadat membentuk lingkarang.

Kembang-Kol
Kembang Kol

Pada Bagian pangkalnya adalah susunan daun hijau lebat dan pekat. Meski umumnya berwarna putih, ada juga varietas kembang kol dengan beberapa warna lain seperti hijau, oranye dan ungu.

Kandungan Kembang Kol

Kembang kol adalah sayuran yang sering dinikmati sebagai salad atau dimasak bersama dalam sup. Sayuran ini memiliki berbagai kandungan nutrisi penting untuk wanita hamil, seperti folat, zat besi, vitamin C, vitamin B, kalsium, magnesium, kalium.

Manfaat mengonsumsi kembang kol selama kehamilan telah terbukti melalui banyak penelitian. Per 100 gram atau secangkir kembang kol mengandung nutrisi sebagai berikut:

25 Kalori25% Nilai Harian
Lemak jenuh 0,1 g0%
Lemak tak jenuh ganda 0g
Lemak tak jenuh tunggal 0g
Lemak trans 0g
Kolesterol 0mg0%
Sodium 30mg1%
Kalium 299mg8%
Karbohidrat Total 5g1%
Serat 2g8%
Gula 1.9g
Protein 1,9 g3%
Vitamin A0%
Kalsium2%
Vitamin D0%
Vitamin B-120%
Vitamin C80%
Besi2%
Vitamin B-610%
Magnesium3%

Manfaat Kembang Kol

Mendukung Perkembangan Otak Janin

Kembang kol harus menjadi makanan utama pada wanita hamil karena kaya akan asam folat. Seperti yang kita ketahui, asam folat membantu perkembangan otak janin dan mencegah cacat tabung saraf selama kehamilan. Hal Ini adalah salah satu manfaat utama dari konsumsi kembang kol selama kehamilan, yaitu sekitar 600 mikrogram atau setara dengan 0,6 miligram asam folat.

Mendukung Pertumbuhan dan Replikasi Sel Janin

Kembang kol mengandung vitamin B6, yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sel dan replikasi pada janin. Sejumlah vitamin B6 yang cukup mendukung perkembangan optimal organ-organ janin. Selain itu, pengembangan sistem saraf dapat didukung.

Antioksidan Untuk Wanita Hamil

Kembang kol kaya akan vitamin C. Secangkir kembang kol (100 gram) sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C pada wanita hamil, yang mengandung antara 80 dan 85 miligram vitamin C. Vitamin ini bertindak sebagai antioksidan dan mencegah bebas dari bahaya radikal bebas.

Memperkuat Sistem Imunitas

Memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah manfaat lain dari penggunaan kembang kol selama kehamilan, karena mengandung vitamin C. Vitamin C berperan dalam sistem kekebalan tubuh untuk mencegah infeksi yang dapat terjadi pada wanita hamil. Selain itu, selenium yang terkandung berkontribusi pada optimalisasi sistem kekebalan tubuh.

Membantu Perkembangan Tulang dan Gigi Janin

Kembang kol mengandung banyak kalsium, yang merupakan manfaat yang sangat baik selama kehamilan. Wanita hamil membutuhkan 1000-1300 miligram kalsium untuk mendukung perkembangan janin mereka. Mineral ini penting untuk mendukung perkembangan tulang dan gigi pada janin.

Menetralisir Racun

Kembang kol mengandung senyawa sulfur yang membantu hati menetralkan racun dalam darah. Itu membuat aliran darah ke janin bebas dari zat beracun dan aman bagi mereka.

Mencegah Sembelit

Mencegah sembelit akan menjadi manfaat besar bunga kol. Sayuran ini kaya serat, yang membantu sistem pencernaan memproses makanan dengan baik, sehingga sembelit bisa dicegah.

Mencegah Anemia

Kembang kol mengandung zat besi dan vitamin C, yang dapat mencegah anemia. Zat besi adalah mineral yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah, dan Vitamin C membantu menyerap zat besi dengan mudah.

Mencegah Kram Otot

Pencegahan kram otot adalah manfaat luar biasa dari kembang kol selama kehamilan. Kalium dalam sayuran ini mengatur kontraksi otot. Ketika tingkat kalium mencapai tingkat normal, kejang otot dapat dicegah.

Menjaga Keseimbangan Cairan

Kembang kol mengandung natrium dan kalium, elektrolit yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan. Hal Ini adalah manfaat penting bunga kol untuk mencegah dehidrasi pada wanita hamil.

Mencegah Pendarahan Kehamilan

Kembang kol memiliki vitamin K, yang berperan dalam hemostasis. Sayuran ini dapat dikonsumsi pada akhir kehamilan untuk mengurangi perdarahan yang tidak diinginkan selama persalinan atau setelah persalinan.

Membantu Pembentukan Plasenta

Manfaat besar lain dari kembang kol selama kehamilan adalah folat yang terkandung di dalamnya. Selain itu, nutrisi dalam kembang kol ini juga membantu janin dalam pembentukan plasenta.

Anti Inflamasi

Manfaat kesehatan kembang kol juga didukung oleh kandungan vitamin K, yang dikenal untuk melindungi tubuh dari peradangan. hal Ini mungkin merupakan alternatif alami untuk beberapa obat siap pakai, seperti manfaat asam mefenamat dan manfaat mefentan.

Baik untuk Kesehatan Jantung

Kandungan beberapa senyawa penting dalam kembang kol juga sangat baik untuk menunjang kesehatan jantung, sehingga jantung bisa bekerja dengan baik dan terhindar dari berbagai penyakit atau gangguan. Karena itu, konsumsi kembang kol sangat dianjurkan untuk jantung bersama dengan beberapa makanan sehat lainnya ikan salmon.

Mencegah Kanker

Manfaat yang tak kalah penting dari bunga kol adalah dapat mencegah perkembangan sel kanker, sehingga Anda terhindar dari penyakit mematikan ini. Berdasarkan hasil penelitian tentang konsumsi sayuran seperti kembang kol, terjadinya berbagai kanker seperti kanker rahim, kanker payudara, kanker paru-paru, dll dapat diminimalisir.

Demikianlah pembahasan tentang kembang kol semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya