Khasiat Daun Kelor untuk Asam Urat dan Cara Mengolahnya

Posted on

Khasiat Daun Kelor untuk Asam Urat – Masyarakat indonesia banyak yang mengenal daun kelor ini sebagai daun mistis dan supranatural yang diyakini dapat mengusir setan, menangkal ilmu gaib, dan menyangkal kedatangan hantu dan kepercayaan lainnya.

Tapi daun kelor tidak hanya dikenal sebagai penangkal kedatangan makhluk tak kasat mata, tetapi juga memiliki kualitas baik yang tak terhitung banyaknya yang dapat membantu dalam pengobatan berbagai jenis penyakit seperti menghilangkan asam urat.

Daun-Kelor-untuk-Asam-Urat
Daun Kelor untuk Asam Urat

Khasiat Daun Kelor untuk Asam Urat

Daun kelor sangat efektif dalam mengobati asam urat. Ini karena daun kelor itu sendiri mengandung bahan aktif, yaitu Flovonoids dan Alkoloid, yang dapat mencegah pembentukan asam urat. Selain itu, daun kelor juga dapat digunakan sebagai antiinflamasi dan analgesik yang biasanya dirasakan oleh penderita penyakit asam urat.

Jenis alkoloid yang dapat menghambat pembentukan asam urat adalah kholkicin. Selain itu, senyawa ini juga bisa menghilangkan respon inflamasi. Jika reaksi dapat dihambat, itu dapat mencegah pembengkakan merah pada sendi.

Selain itu, karena sifat anti-inflamasi, antioksidan dan analgesik yang kuat dari komponen bioaktifnya dalam artritis, daun kelor dapat terbukti sangat berguna. Sifat ini dapat mengatasi beberapa proses biologis penting yang terlibat dalam pengembangan radang sendi.

Peradangan memainkan peran penting dalam pengembangan dan manifestasi gejala sebagian besar jenis radang sendi seperti rheumatoid arthritis, osteoarthritis, dll.

Kondisi peradangan disebabkan oleh berbagai faktor risiko penyakit seperti aktivitas fisik, usia, obesitas dan lainnya.

Daun kelor (daun, buah-buahan, biji-bijian dan akar) dikenal karena tindakan anti-inflamasi yang kuat dan dapat sangat berguna melawan peradangan pada penyakit ini.

Ekstrak daun kelor telah terbukti secara signifikan menekan molekul proinflamasi seperti TNF-α, interleukin (IL-10, IL-1β), cyclooxygenase-2, prostaglandin-2, dll.

Dan jalur inflamasi, daun NF-kappa B. Daun kelor, memiliki potensi untuk menghilangkan rasa sakit. Bertindak melawan rangsangan nosiseptif, yaitu, ia menghambat sinyal rasa sakit. Akar tanaman ini juga menunjukkan aktivitas analgesik yang signifikan.

Bagaimana Anda bisa memproses daun kelor untuk mengobati asam urat?

Sangat mudah untuk menyiapkan dan mengolah daun kelor sebagai obat anti-asam urat tradisional

  1. Pertama, daun kelor dipersiapkan secukupnya, kemudian daun kelor dibersihkan dengan air hangat. Usahakan membersihkan dengan air mengalir atau air hangat saat mencuci.
  2. Pada tahap kedua setelah dibersihkan biarkan daun kelor mengering. Setelah daun kelor kering, tumbuk atau hancurkan menggunakan alat penumbuk. Pastikan alat penghancur bersih.
  3. Selanjutnya, simpan di tempat tertutup.
  4. Dan akhirnya, serbuk daun kelor yang dihancurkan dan dihaluskan siap untuk dikonsumsi.
  5. NB: Cara menggunakannya, Anda bisa mencampurnya dengan makanan atau minuman.

Manfaat Daun Kelor Lainnya

Antioksidan

Antioksidan melindungi tubuh dari radikal bebas. Tingkat radikal bebas yang sangat tinggi dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti diabetes mellitus tipe 2 dan penyakit jantung.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun kelor juga dikatakan membantu menurunkan kadar gula darah. Sayangnya, tidak banyak penelitian yang menunjukkan manfaat daun kelor dalam hal ini.

Meredakan Peradangan

Daun kelor mengandung isothiocyanate, agen anti-inflamasi. Diyakini bahwa tanaman ini membantu meredakan peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

Menurunkan Kolesterol

Manfaat daun kelor dirancang untuk membantu menurunkan kolesterol dan menjadikannya target banyak orang. Dalam daun kelor, efek penurun kolesterol disebutkan dalam almond dan gandum.

Melindungi Tubuh dari Keracunan Arsenik

Dalam studi pada hewan percobaan, daun kelor dikatakan melindungi tubuh dari keracunan arsenik, yang seringkali dapat masuk ke tubuh melalui kontaminasi makanan dan air.

Mengatasi Kanker

Manfaat lain daun kelor adalah kemampuan memperlambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini juga membuat daun kelor bermanfaat untuk membuat kemoterapi lebih efektif.

Baik untuk Daya Ingat

Diyakini bahwa kandungan antioksidan dan zat-zat kimia dalam daun kelor mengurangi stres dan peradangan di otak. Hal ini membuatnya bagus untuk meningkatkan daya ingat.

Baik untuk Jantung

Ekstrak daun kelor, yang disebut sebagai obat potensial untuk dislipidemia, sejenis penyakit jantung yang disebabkan oleh peningkatan kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh.

Mencegah Anemia

Kandungan zat besi yang tinggi dalam daun kelor menunjukkan bahwa daun kelor dapat berkontribusi pada pencegahan anemia. Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan kegunaan daun kelor ini.

Mengatasi Infeksi Bakteri

Diyakini juga bahwa ekstrak daun kelor membantu meringankan infeksi bakteri. Alasannya adalah bahwa tanaman ini mengandung bahan antimikroba yang dapat menghancurkan bakteri, terutama bakteri berjenis gram positif.

Demikianlah pembahasan tentang khasiat daun kelor untuk asam urat semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: