13 Manfaat Kencur dan Kandungan Kencur

Posted on

Manfaat Kencur – Telah lama digunakan sebagai tanaman herbal tradisional Indonesia. Kencur diklasifikasikan sebagai rimpang tanaman obat yang telah dibudidayakan di Indonesia sejak lama. Diyakini bahwa manfaat kencur menyembuhkan berbagai penyakit dan meningkatkan vitalitas tubuh.

Kencur termasuk tanaman monokotil dalam famili tanaman jahe. Tanaman ini ditemukan di banyak wilayah di Indonesia, Cina, Kamboja, India, dan Taiwan. Selain itu, juga dibudidayakan di seluruh Asia Tenggara. Kencur memiliki sifat hangat yang cocok untuk orang yang masuk angin atau sakit perut.

Manfaat-Kencur
Manfaat Kencur

Kandungan Kencur

Analisis laboratorium menunjukkan bahwa serimpang Kencur mengandung zat lebih dari 23 jenis. Inilah beberapa diantaranya:

  1. Zat Pati
  2. Mineral
  3. Kamphane
  4. Borneol
  5. Asam Metal Kanil
  6. Asam cinnamic
  7. Ethyl aster
  8. Paraeumarin
  9. Alkolid
  10. Gom dan sebagainya.

Kandungan metanol dalam Kencur juga dapat digunakan untuk mengontrol jenis cacing parasit yang menyebabkan penyakit toksocariases. Zat ini efektif terhadap spesies yang menyebabkan penyakit pada sistem saraf pusat, serta terhadap bakteri yang menyebabkan infeksi mata.

Manfaat Kencur

Obat Masuk Angin

Kencur berkhasiat untuk menyembuhkan masuk angin. Penggunaannya cukup sederhana, yaitu dengan makan kencur mentah sebanyak satu rimpang.

Kunyah dengan sedikit garam lalu minum air hangat. Lakukan ini dua kali sehari untuk mencegah dan mengobati masuk angin.

Menyembuhkan Keseleo

Manfaat ini sudah dikenal banyak orang. Cara menggunakannya dengan menumbuk kencur sampai halus yang bercampur dengan beras. Kemudian oleskan kedua campuran ke anggota tubuh yang terluka.

Obat Batuk

Dengan menggunakan dua rimpang kencur yang dicuci, gosok kencur dan campur dengan segelas air hangat. Kemudian aduk dan saring air campuran.

Tambahkan sedikit garam dan aduk sampai garam larut. Kemudian diminum sebelum airnya dingin atau masih hangat untuk diminum.

Obat Diare

Tumbuk dua rimpang kencur dan dua bawang merah. Kemudian kedua bahan ini dihaluskan setelah mereka halus dan dicampur dalam daun pisang dan dipanaskan dengan cara dibakar. Jika terasa hangat, oleskan ke bagian perut yang sakit.

Obat Mules / Sakit Perut

Parut kencur yang sudah dicuci, lalu tambahkan sekitar dua sendok makan garam. Kemudian saring abon kencur dan campur. Minumlah air yang disaring di pagi dan sore hari untuk mengobati sakit perut.

Obat Radang Lambung

Perut kita rentan terhadap peradangan, Kencur dapat dengan mudah mengatasi ini. Cukup kunyah kencur kencur, menelan airnya dan buang ampasnya. Lakukan ini sampai perut Anda terasa sehat atau sembuh.

Menghilangkan Darah Kotor

Untuk menghilangkan darah kotor, berbagai bahan harus dicampur. Siapkan empat rimpang Kencur, dua biji cengkeh kering, dua daun Trengguli dan adas secukupnya.

Rebus dengan satu liter air, lalu saring. Jangan lupa untuk mencuci semua bahan sebelum dimasak. Minumlah secara teratur dua kali sehari dan cobalah untuk minum ketika airnya masih hangat.

Mengobati Jerawat

Selain untuk kesehatan, manfaat kencur bisa untuk mempercantik diri. Kencur efektif menghilangkan jerawat yang menempel di wajah.

Anda melakukan ini dengan memarut kencur, lalu pisahkan ampas dan sarinya. Ekstrak kencur dapat digunakan untuk masker wajah yang efektif melawan jerawat.

Obat Kencing Batu

parut dua rimpang kencur dan diseduh dengan segelas air hangat. Minumlah ramuan ini secara teratur setiap hari. Manfaat kencur untuk penyakit satu ini belum banyak diketahui, meskipun penggunaannya sangat mudah sekali.

Obat Influenza

Flu sering menyerang banyak orang, sistem kekebalan yang lemah adalah salah satu penyebab utama. Dengan Kencur, flu bisa disembuhkan. Anda melakukan ini dengan menumbuk kencur dengan daun kemukus dan kemudian mengoleskannya ke hidung.

Mengobati Sariawan

Kencur menyembuhkan masalah sariawan. Anda hanya perlu meneteskan air kencur pada permukaan bibir yang mengandung sariawan. Kehangatan dan sifat antibakteri dapat meredakan sariawan.

Mengatasi Sakit Tenggorokan

Tanaman kencur mengandung minyak atsiri (borneol, kapur barus, cineole, etil alkohol) sehingga dapat digunakan sebagai pembersih dahak atau tenggorokan yang menyumbat hidung, dihilangkan Sekaligus menghangatkan tubuh.

Segarkan Tubuh

Mengkonsumsi setiap hari Kencur dapat menghilangkan rasa lelah dan sakit. Merasa segar dan hangat dari tumbuh-tumbuhan Kencur dapat menyegarkan tubuh Anda yang lelah. Rasa segar kencur menyerupai minuman jahe panas, yang juga bisa menghangatkan tubuh.

Jangan ragu untuk mengkonsumsi herbal saat tubuh Anda sakit dan lelah. Ini juga mengandung analgesik yang dapat menghilangkan rasa sakit dan penyakit lainnya. Kencur juga mengandung ekstrak metanol, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kekebalan bayi dan anak-anak.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat kencur semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: