12 Manfaat Kulit Jeruk Lemon Bagi Kesehatan

Posted on

Kulit Jeruk Lemon – Lemon adalah jenis jeruk yang memiliki warna kuning cerah dan sangat menarik. Rasa lemon sangat asam dan biasanya lebih banyak digunakan sebagai campuran minuman atau hiasan untuk berbagai jenis makanan dan minuman di dunia makanan.

Pohon lemon dengan nama latin citrus lemon sama seperti pohon jeruk pada umumnya dengan ketinggian hingga 6 meter. Pohon lemon biasanya ditanam di daerah yang iklimnya hangat dan cukup dingin. Manfaat lemon ini sangat penting bagi kesehatan Anda, karena mengandung banyak vitamin C.

Kulit-Lemon
Kulit Lemon

Tetapi tidak hanya buahnya yang terbukti bermanfaat dan baik untuk kesehatan, kulit lemon juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kehidupan sehari-hari. Jadi jika Anda mengkonsumis lemon, sebaiknya jangan membuang kulitnya.

Kulit lemon ini mengandung nutrisi dan gizi yang juga bermanfaat bagi tubuh dan dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan olahan dan minuman sehat.

Manfaat Kulit Lemon

Meningkatkan Stamina

Lemon memang terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi, tetapi ternyata ini juga ada dalam kulit lemon yang Anda tahu. Kulit lemon dengan Vitamin C dapat digunakan sebagai antioksidan alami untuk melindungi tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Anda dapat membuat minuman air jeruk lemon yang diminum dan menjadi cadangan minuman sehat untuk menjaga tubuh Anda sehat dan tidak mudah sakit, karena antioksidan alami melawan semua radikal bebas, bakteri, kuman dan virus yang menyebabkan penyakit.

Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang diklaim paling berbahaya di seluruh dunia dan di Indonesia. Ada banyak jenis kanker yang ada saat ini, seperti kanker payudara, kanker usus besar, kanker hati, kanker prostat, kanker kulit dan banyak lainnya.

Kulit jeruk lemon memiliki manfaat untuk menangkal semua jenis kanker karena mengandung bahan-bahan alami yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker yang tidak normal dalam tubuh.

Mencegah Gangguan Tulang

Kalsium juga cukup tinggi dalam kulit lemon, yang sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Setiap hari, kalsium perlahan-lahan terkikis dan hilang melalui urin, sehingga kepadatan tulang dan gigi berkurang seiring bertambahnya usia. Karena itu, sangat penting untuk mengonsumsi kalsium setiap hari.

Sumber kalsium selain susu yang bisa Anda konsumsi adalah dari kulit lemon ini. Buat minuman dengan campuran kulit lemon untuk menjaga kepadatan tulang yang sehat dan menjaga tulang tetap kuat.

Melancarkan Pencernaan

Siapa yang menyangka bahwa dalam kulit lemon pun tinggi serat, yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Serat membuat makanan di lambung dan usus menjadi gel, sehingga Anda lebih tahan lapar dan kenyang. Ini sangat cocok bagi Anda yang sedang melakukan program penurunan berat badan atau diet.

Serat makanan juga dapat memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit atau susah buang air besar, yang dapat membuat pencernaan menjadi tidak sehat. Dengan kulit jeruk lemon ini, Anda dapat meminimalkan dan mencegah berbagai jenis penyakit berbahaya lainnya, seperti kanker usus besar, yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Menghaluskan Kulit Siku

Kulit adalah bagian dari tubuh yang menjadi tubuh pelindung utama dan pertama tubuh. Karena tugas ini, kulit terkadang menjadi tidak terlindungi dan menjadi kasar, hitam dan kusam. Ini khususnya mempengaruhi kulit pada siku, yang rata-rata lebih hitam daripada warna kulit lainnya.

Untuk membuatnya halus dan tidak hitam, Anda bisa menggunakan bantuan kulit lemon. Caranya adalah dengan menggosok siku Anda secara teratur dengan kulit lemon setiap hari. Setelah beberapa hari, Anda dapat melihat perbedaan dari siku karena lebih putih dan halus.

Menurunkan Kolesterol

Keuntungan lain dari kulit lemon adalah menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ini karena kulit lemon mengandung flavonoid polifenol, yang sangat aktif dalam menurunkan kolesterol. Seperti yang kita ketahui, kolesterol tidak terlalu baik karena dapat menyebabkan berbagai penyumbatan pada pembuluh darah yang dapat memicu berbagai jenis penyakit lain yang lebih serius seperti penyakit jantung, stroke dan tekanan darah tinggi. Selain vitamin C, yang kaya akan kulit lemon, juga sangat baik untuk membersihkan pembuluh darah, sehingga sirkulasi darah lebih lancar.

Memelihara Kesehatan Mulut

Vitamin C sangat terkenal akan kesehatan mulutnya dan dapat meredakan berbagai jenis ketidaknyamanan di mulut, misalnya sariawan, bau mulut dan lain-lain. Selain kandungan asam sitrat dalam kulit lemon, juga sangat baik untuk kesehatan mulut dan tetap membuatnya sehat. Konsumsi kulit lemon dengan mengolahnya menjadi makanan atau minuman sehat untuk kesehatan dan keluarga Anda.

Menangkal Radikal Bebas

Kandungan vitamin C dalam kulit lemon juga bisa menjadi penangkal bagi tubuh untuk radikal bebas. Seperti diketahui, radikal bebas sekarang tersebar luas, dan ada berbagai jenis sinar UV yang sangat berbahaya bagi tubuh. Karena itu, mengonsumsi kulit lemon dapat membuat tubuh lebih sehat dan tidak mudah sakit.

Merawat Kulit

Kandungan asam sitrat dan vitamin C dalam kulit lemon juga bisa menjadi perawatan kulit yang baik. Kandungan tersebut dapat menghilangkan sel kulit mati dan meregenerasi sel kulit menjadi lebih sehat dan cerah. Antioksidan alami dalam kulit lemon juga dapat memberikan detoksifikasi alami untuk kulit yang lebih sehat.

Mencegah Obesitas

Dalam kulit lemon terdapat kandungan pektin, yang memiliki fungsi utama zat ini sebagai pengontrol berat badan. Dengan mengonsumsi kulit lemon ini, Anda bisa mengendalikan berat badan dan tidak menjadi gemuk. Obesitas tidak hanya harus dihindari karena mengganggu penampilan, tetapi juga merugikan kesehatan, karena ada risiko berbagai jenis penyakit seperti diabetes, stroke, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Memerangi Mikroba

Dalam kulit jeruk terutama lemon mengandung minyak yang memiliki sifat antimikroba yang kuat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Farmacology and Toxicology menyatakan bahwa kulit lemon memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Ini membantu melawan pilek dan flu.

Mencegah Diabetes

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Life Sciences, kulit jeruk lemon yang mengandung flavon polymethoxylated (PMFs) dapat membantu mencegah diabetes. Ekstrak kulit jeruk lemon telah terbukti mengurangi kadar trigliserida serum dan kadar kolesterol. Keduanya merupakan pemicu diabetes dan obesitas.

Demikianlah pembahasan tentang Kulit jeruk lemon semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: