15 Manfaat Kulit Jeruk dan Kandungan Kimia Kulit Jeruk

Posted on

Kulit Jeruk – Secara umum, kita pasti mengonsumsi berbagai jenis buah dalam daging buahnya saja, termasuk jeruk, tetapi siapa sangka manfaat kulit jeruk ternyata memiliki khasiat hebat yang belum diketahui.

Sangat sedikit orang yang sadar akan penggunaan kulit jeruk. Yang mereka tahu hanyalah buah yang bermanfaat bagi tubuh. Walaupun ternyata sesuatu yang dianggap sampah memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita, lho.

Kulit-Jeruk
Kulit Jeruk

Anda harus tahu bahwa kulit jeruk kaya akan asam buah dan vitamin C. Kulit jeruk juga mengandung lebih banyak fitonutrien dan flavonoid daripada daging buah jeruk.

Kandungan Kimia Kulit Jeruk

Informasi Kalori

  1. Kalori 5,8 (24,3 kj)
  2. Karbohidrat 5.4 (22.6 kj)
  3. Lemak 0,1 (0,4 kj)
  4. Protein 0,3 (1,3 kj)

Protein

  1. Protein 0,1 g (0%)

Vitamin

  1. Vitamin A 25.2 IU (1%)
  2. Vitamin C 8,2 mg (14%)
  3. Vitamin E (alfa tokoferol) 0,0 mg (0%)
  4. Tiamin 0,0 mg (0%)
  5. Riboflavin 0,0 mg (0%)
  6. Niasin 0,1 mg (0%)
  7. Vitamin B6 0,0 mg (1%)
  8. Folat 1,8 μg (0%)

Mineral

  1. Kalsium 9,7 mg (1%)
  2. Zat Besi 0,0 mg (0%)
  3. Magnesium 1,3 mg (0%)
  4. Fosfor 1,3 mg (0%)
  5. Potasium 12,7 mg (0%)
  6. Sodium 0,2 mg (0%)
  7. Seleneium 0,1 μg (0%)

Kandungan Kimia Lainnya

Kulit jeruk menghasilkan minyak atsiri yang sering digunakan sebagai aromatik dengan komposisi senyawanya adalah limonene, sitronelal, geraniol, linalol, α-pinen, mirsen, β-pinen, sabinen, geranil asetat, nonanal, geranial, βkariofilen, dan α-terpineol.

Kulit jeruk mengandung pektin dalam konsentrasi tinggi berkisar antara 15-25 % dari berat kering dan terdapat senyawa limonene 94% dalam kulit jeruk. Pektin merupakan polimer dari asam D-galakturonat yang dihubungkan oleh ikatan β-1,4 glikosidik. Kandungan pektinn bermanfaat sebagai :

  1. Kesehatan tubuh karena dapat membantu menurunkan kolesterol dan gula darah
  2. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena memiliki kemampuan mengikat asam empedu
  3. Kulit jeruk mengandung lebih banyak vitamin C daripada buahnya.
  4. Inositol hadir dalam banyak kulit buah, 70-83% kulit buah
  5. Mengandung air.

Kandungan nutrisi, vitamin dan mineral seperti vitamin C, protein, nitrogen amino, kalsium, magnesium, kalium dan belerang paling tinggi pada kulit jeruk dibandingkan dengan daging buah jeruk atau sari buah jeruk. Sementara itu, kandungan lemak dan gula dalam kulit jeruk lebih rendah.

Manfaat Kulit Jeruk

Anti Penuaan

Kulit jeruk terbukti kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan mengatasi keriput. Kulit jeruk juga cocok sebagai tonik yang sangat baik. Untuk melakukan langkah-langkah, campur 1 sendok makan bubuk kulit jeruk, madu dan oatmeal secukupnya. Aduk sampai rata, lalu gosokkan merata ke wajah Anda. Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin.

Memutihkan Gigi

Pernahkah Anda merasa kesal dengan warna gigi yang menguning? Menggunakan kulit jeruk adalah jawaban yang tepat. Kulit jeruk mengandung senyawa yang disebut D-limonene, yang dapat membantu mengurangi warna kuning gigi yang disebabkan oleh berbagai hal. Gosok bagian dalam kulit jeruk pada gigi Anda selama 2-3 menit, lalu bilas. Jika Anda melakukan ini secara teratur dua kali sehari, gigi Anda akan memutih lagi.

Menurunkan Berat Badan

Sudah dapat dibuktikan bahwa vitamin C membantu menurunkan berat badan. Selama diet, ganti kopi atau soda yang sering Anda konsumsi dengan teh kulit jeruk. Keringkan kulit jeruk organik di tempat yang sejuk dan kering. Masukkan 1 sendok makan kulit jeruk kering ke dalam 1 gelas air panas. Tutup gelas dan diamkan selama 10 menit. Buang kulit dan tambahkan beberapa sendok madu. Minumlah 2 cangkir teh sehari.

Menurunkan Kolesterol

Kulit jeruk dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh Anda. Kebanyakan orang tahu bahwa kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Kandungan pektin dalam kulit jeruk menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan hipertensi. Anda hanya perlu minum teh kulit jeruk dua kali sehari.

Pembersih Buatan

Ternyata kulit jeruk ini bisa digunakan sebagai pembersih buatan. Bagaimana cara menggunakannya? caranya cukup mudah, cukup rendam kulit jeruk dalam cuka dan biarkan selama satu hingga dua minggu. Kemudian campur air dengan perbandingan 50:50 dan mulailah membersihkan rumah seperti biasa. Setelah itu, rumah bersih. Tidak hanya bersih, tetapi juga aroma kulit jeruk segar.

Pewangi Ruangan

Kulit jeruk selain bisa membersihkan ruangan juga bisa digunakan untuk mengharumkan. Langkahnya cukup mudah, pertama-tama masukkan kulit jeruk ke dalam wajan yang diisi air, masak pada suhu rendah dan kemudian rebus airnya.

Sekarang, uap jeruk yang mendidih mengandung minyak alami yang berbau ruangan. Sekedar saran, kita bisa memberi batang kayu manis atau daun kemangi, agar aromanya lebih terasa.

Menetralisir Bau di Kulkas

Kita juga tahu bahwa makanan bisa bertahan lebih lama jika disimpan di lemari es. Nah, karena begitu banyak jenis makanan diletakkan di sana, seringkali ada bau tidak sedap dari lemari es.

Nah, untuk menetralkannya, kita bisa menggunakan kulit jeruk. Langkah-langkahnya mudah menempatkan kulit jeruk di mangkuk dan menaruhnya di lemari es. Aroma kulit jeruk menetralkan dan menyegarkan lemari es.

Membersihkan Talenan

Papan kayu untuk memotong sayuran atau yang biasa kita sebut sebagai talenan dapat menjadi rongga bakteri. Terkadang sayuran yang belum dicuci, atau bahkan dicuci sayuran, masih mengandung bakteri.

Nah, pembersihan menyeluruh diperlukan untuk membuat kuman di dalamnya hilang. Langkah-langkahnya, gosok kulit jeruk di atas talenan, bilas dan keringkan di tempat yang panas. Kulit jeruk ini juga cocok sebagai desinfektan untuk menghilangkan bakteri.

Membersihkan Pori-pori Kulit

Perawatan kulit sehari-hari biasanya membantu menghilangkan pori-pori yang tersumbat, yang merupakan akibat dari minyak, serta kotoran. Masker wajah dengan bubuk kulit jeruk dan yoghurt membantu Anda mengatasinya. Kombinasi ini dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi munculnya bintik hitam.

Singkirkan Garis Halus

Untuk menghilangkan garis-garis halus dengan kulit jeruk, buat masker wajah dari kulit jeruk dan madu. Gosok campuran pada wajah dan biarkan mengering, lalu bersihkan wajah dengan air jernih. masker ini tidak hanya membantu menghilangkan garis-garis halus, tetapi juga membuat kulit terlihat bercahaya.

Mengatasi Flu dan Pilek

Jeruk yang baru saja diperas dengan vitamin C adalah pendorong peningkatan kekebalan terhadap sistem kekebalan tubuh. Antioksidan pada jeruk, terutama vitamin C, dapat mencegah berbagai penyakit pernapasan seperti gejala bronkitis, pilek, flu, asma, dan penyakit paru-paru.

Mengatasi Bronkitis

Bronkitis adalah penyakit yang sangat menyakitkan dan sulit ditanganu. Dengan mengkonsumsi rebusan kulit jeruk secara teratur, infeksi dapat disembuhkan dan memiliki efek ditenangkan.

Obat Alami Nyamuk

Nyamuk, kecoak, dan semut api tidak menyukai aroma tajam jeruk. Maka taruh beberapa potong kulit jeruk di mangkuk di sudut rumah untuk menjauhkan berbagai serangga dari rumah.

Meredakan Stres

Biarkan kulit jeruk mengering pada suhu kamar. Lalu hancurkan dengan blender sampai menjadi bubuk. Kemudian distribusikan di bak mandi dan nikmati kesegaran aroma jeruk yang menenangkan sambil berendam.

Anti Alergi

Kulit jeruk memiliki sifat anti alergi. Kulit jeruk ini membantu menghilangkan bercak paru-paru, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meredakan pilek.

Demikianlah pembahasan tentang kulit jeruk semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: