12 Manfaat Kulit Pisang dan Kandungan Gizi Kulit Pisang

Posted on

Kulit Pisang – Ada banyak manfaat kulit pisang untuk kecantikan wajah, termasuk kulit dan tubuh yang sehat. Selain itu, kandungan nutrisi kulit pisang sangat bervariasi, mulai dari protein, kalsium, fosfor, dll.

Secara umum, kulit pisang dianggap limbah yang tidak terlalu berguna dan bermanfaat, sementara di beberapa komunitas kulit pisang kadang-kadang digunakan sebagai pakan tambahan untuk ternak seperti kambing, ayam, bebek dan sebagainya.

Kulit-Pisang
Kulit Pisang

Padahal, tidak hanya baik untuk kecantikan dan kesehatan tubuh saja, tanaman kulit pisang bisa dijadikan kompos tanaman sebagai pengganti pupuk kimia.

Kandungan Gizi Kulit Pisang

Kandungan kulit pisang yang cukup besar adalah air dan karbohidrat. Kadar air dalam kulit pisang adalah 68,90% dan karbohidrat 18,50%.

Sedangkan sisanya adalah isi kulit pisang seperti yang disebutkan di atas, seperti zat besi, protein, kalsium, fosfor, dll.

Ini Kandungan kulit pisang dalam tiap 100 gr

Air (g):68.90
Karbohidrat (g):18.50
Lemak (g):2.11
Protein (g):0.32
Kalsium (mg):715
Fosfor (mg):117
Zat Besi (mg):1.60
Vitamin B (mg):0.12
Vitamin C (mg):17.50

Manfaat Daun Pisang

Memutihkan Gigi

Manfaat pertama dari kulit pisang adalah kemampuannya memutihkan gigi. Banyak orang tidak tahu bahwa kulit pisang dapat memutihkan gigi. Caranya mudah: gosok kulit pisang pada gigi Anda selama satu menit setiap hari selama satu minggu. Maka Anda bisa menyikat gigi tanpa pasta gigi. Dipercayai bahwa metode ini menghasilkan gigi putih alami.

Membersihkan Jerawat

Manfaat kulit pisang selanjutnya adalah dipercaya bisa menghilangkan jerawat. Caranya, Anda cukup memijatnya di wajah atau bagian tubuh lainnya pada jerawat dengan kulit pisang setiap hari selama lima menit. pada umumnya, jerawat hilang dalam waktu seminggu.

Mengurangi Keriput

Kulit pisang juga membantu kulit tetap terhidrasi, mengurangi kerutan. Anda bisa membuat masker kulit pisang dengan menambahkan kuning telur ke kulit pisang parut. Oleskan ke wajah dan biarkan selama 5 menit sebelum dibilas dengan air.

Selain kuning telur, Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh madu murni. Lalu oleskan campuran secara merata pada wajah. Setelah dibilas, diamkan selama 15 menit. Untuk hasil maksimal, Anda harus melakukan ini secara teratur tiga kali seminggu.

Menurunkan Kolesterol

Salah satu cara untuk menurunkan kolesterol adalah dengan menambah asupan serat. Penurunan kadar kolesterol jahat secara otomatis mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung. Manfaat kulit pisang yang dapat membantu menurunkan kolesterol karena kulit pisang mengandung serat yang lebih larut dan tidak larut dibandingkan buah.

Pembentukan Otot

Manfaat kulit pisang yang banyak orang tidak percaya adalah kemampuan untuk pembentukan otot. Kalium dan elektrolit membantu untuk pembentukan otot, memetabolisme karbohidrat, dan mengatur keseimbangan asam-basa di seluruh tubuh.

Membuat Anda Lebih Bahagia

Kulit pisang mengandung proporsi serotonin yang tinggi, suatu neurotransmitter yang berasal dari triptofan. Serotonin paling sering dianggap sebagai bahan kimia yang mengatur keseimbangan suasana hati.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Bagi Anda yang kesulitan tidur nyenyak, anda dapat manfaatkan kulit pisang. Kulit pisang mengandung triptofan. Tryptophan sendiri adalah obat yang digunakan sebagai obat alternatif untuk mengobati insomnia, kegelisahan, depresi dan sindrom pramenstruasi.

Mengecilkan Pinggang

Bagi Anda yang sedang diet, sepertinya Anda harus memanfaatkan kulit pisang. Kulit pisang mengandung sedikit kalori dan banyak serat dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sehingga menjadikan suplemen diet yang ideal bagi mereka yang ingin tetap langsing.

Mencegah Kanker

Bahan makanan yang bisa digunakan untuk mencegah kanker adalah kulit pisang. Kulit pisang kaya akan antioksidan dan terdiri dari senyawa yang melindungi sel dari bahaya mutasi yang biasanya menyebabkan tumor kanker. Namun, temuan ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Memperkuat Sel Darah Merah

Sel darah merah secara konstan mengirim oksigen ke jaringan tubuh. Kulit pisang mengandung nutrisi yang memperkuat sel darah merah dengan memastikan distribusi oksigen dan meminimalkan kerusakan pada sel darah merah.

Menjaga Kesehatan Mata

Khasiat kulit pisang yang memiliki kandungan Lutien yang tinggi, adalah mengoptimalkan kesehatan mata. Lutien adalah bahan aktif yang membantu kemampuan penglihatan pada malam hari dan mencegah katarak dan degenerasi makula.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kulit pisang kaya akan serat. Kandungan serat yang tinggi dalam kulit pisang membantu menghasilkan bakteri probiotik di usus besar. Dengan cara ini proses detoksifikasi tubuh akan bekerja dan sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih baik.

Membantu Penyembuhan Luka

Jika Anda memiliki luka ringan, tidak ada salahnya mengambil keuntungan dari kulit pisang. Diyakini bahwa kulit pisang dapat mengobati luka, terutama luka yang disebabkan oleh cedera. Anda cukup melakukan ini dengan menggosok kulit pisang ke area luka.

Mengatasi Psoriasis

Khasiat lainnya dari kulit pisang adalah dapat digunakan untuk mengobati psoriasis. Psoriasis adalah penyakit kulit radang kronis yang umumnya ditandai dengan pengelupasan kulit, ruam merah, kulit kering, bersisik dan penebalan. Jika sisiknya tergores, ada bintik-bintik pendarahan yang cukup sakit.

Anda dapat mencoba mengobati psoriasis dengan menggosok kulit yang terkena secara merata dengan kulit pisang. Saat kulit menjadi merah pada penggunaan pertama, tetapi memudar dengan sendirinya.

Menghilangkan Bekas Luka

Lemon secara alami bersifat asam, yang membunuh bakteri penyebab jerawat yang mungkin ada di kulit. Lemon juga merupakan zat pemutih yang sangat baik yang membantu dengan penggunaan rutin untuk menghilangkan bekas jerawat.

Campurkan kulit pisang yang dihancurkan dengan 1 sendok makan air lemon. Oleskan campuran tersebut dengan kapas ke area kulit yang berjerawat. Biarkan bertindak selama 15 menit. Terus bilas wajah Anda dengan air hangat dan keringkan.

Demikianlah pembahasan tentang kulit pisang semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: