Manfaat Buah Alkesa

Posted on

Manfaat Buah Alkesa – Jenis buah yang saat ini langka yaitu buah alkimia. Buah yang dikenal sebagai juga sawo mentega memiliki warna kuning yang banyak akan khasiat kesehatan. Tidak hanya enak, tetapi buah alkimia juga baik untuk kesehatan dan bisa digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Buah yang berasal dari meksiko ini mempunyaii nama ilmiah pouteria campechiana. Sekarang buah alkimia bisa ditemukan di kota Bandung atau dekat Ragunan. Buah alkesa kaya akan vitamin seperti karoten, niasin, tiamin, riboflavin dan vitamin C.

Nutrisi dan mineral lain yang dikandungnya adalah kalori, kalsium, fosfor dan karbohidrat. karena kaya akan nutrisi penting. Tentu saja, produksi buah ini efektif melawan berbagai jenis penyakit. Berikut adalah manfaat buah alkesa untuk kesehatan.

Manfaat Buah Alkesa

Manfaat Buah Alkesa
Manfaat Buah Alkesa

Meredakan Panas dan Diare

Kulit alkesa sering dimanfaatkan untuk mengurangi panas dan demam. Daging buah dan daunnya bermanfaat untuk diare. Anda bisa memarut buah alkesa yang masih muda kemudian diambil sarinya. Kemudian masak dengan air hingga mendidih dan dimimun rutin pagi dan sore hari.

Mencegah Infeksi

Buah alkesa memiliki kandungan vitamin A dan C. Vitamin A membantu memelihara kesehatan kulit dan mata. Vitamin C dapat mencegah infeksi dan melindungi dari serangan berbahaya oleh radikal bebas.

Melindungi Kesehatan Mata

Buah alkesa memiliki kandungan karoten yang bermanfaat untuk mencegah penyakit mata dan menjaga kesehatan mata.

Mencegah Kanker Usus

Kandungan serat dalam buah alkesa cukup tinggi. Serat makanan baik untuk pencernaan di usus. Serat dapat mengatasi sembelit serta mencegah penyakit usus.

Mencegah Sembelit

Buah alkesa mengandung senyawa serat yang cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi buah ini dengan rutin bisa mengatasi konstipasi atau sembelit.

Mengatasi Radang Mulut

Daun alkesa muda dipotong dan direbus dengan air bersih yang cukup. Tunggu sampai mendidih dan dingin. Gunakan air rebusan untuk berkumur sehingga dapat mengatasi radang mulut.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang cukup tinggi didalam buah alkesa dapat digunakan untuk melancarkan sistem pencernaan. Serat ini membantu untuk memperlancar kerja usus dan organ pencernaan lainnya.

Sebagai Antioksidan

Buah alkesa memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan dapat membantu tubuh melawan radikal bebas yang berbahaya. Konsumsi buah alkesa dengan rutin untuk mengambil manfaatnya.

Meredakan Panas

Buah Alkesa sering digunakan sebagai bahan alami untuk mengurangi panas. Sementara daun dan buah alkimia dapat digunakan sebagai obat alami untuk diare.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan dalam buah alkesa bermanfaat untuk melindungi tubuh Anda dari berbagai penyakit. Sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Meningkatkan Berat Badan

Kandungan kalori dalam buah alkesa sangat bermanfaat untuk menambah nafsu makan dan menyebabkan berat badan naik. Hal ini sangat cocok untuk mereka yang menderita cacingan atau kehilangan nafsu makan.

Mencegah Keropos Tulang

Buah alkesa mengandung banyak kalium yang bermanfaat untuk pembentukan tulang yang sehat. Mineral ini sangat diperlukan untuk anak-anak maupun orang tua.

Menambah Stamina

Dengan kandungan karbohidrat yang kaya yang bisa berubah menjadi glukosa, sangat berguna untuk menambah energi baru setelah seharian beraktivitas cukup berat dan lelah. Buah alkesa bisa dijadikan jus atau dikonsumsi langsung.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah alkesa semoga dapat berguna dan jangan lupa baca juga artikel kami yang lainnya.

Baca Juga Artikel Lainnya