15 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Alpukat dipercaya mengandung lemak tak jenuh sehingga aman dikonsumsi. Buah yang satu ini tidak hanya mengandung lemak yang baik, tetapi juga vitamin A, B, C, E dan K serta karbohidrat, protein, asam folat dan magnesium.

Di sisi lain, alpukat juga kaya sterol yang dapat menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Buah ini juga dipercaya dapat mencegah risiko diabetes.

Manfaat-Buah-Alpukat
Manfaat Buah Alpukat

Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi alpukat dapat meningkatkan asupan antioksidan sebanyak 2,6 hingga 15 kali. Itulah mengapa alpukat merupakan sumber lemak sehat yang sangat baik daripada makanan lain. Selain itu, lemak dalam alpukat dipercaya dapat menyehatkan mukosa usus, mengurangi risiko sembelit dan mencegah gejala sindrom iritasi usus.

Manfaat Buah Alpukat

Mengatur Kadar Gula Darah

Lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh tunggal bisa membalikkan resistensi insulin yang mengatur kadar gula darah. Alpukat juga mengandung lebih banyak serat larut yang menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Mencegah Cacat Lahir

Alpukat kaya akan asam folat, vitamin B, yang dikenal sebagai folic acid. Secangkir alpukat menyediakan sekitar 23% dari nilai harian untuk asam folat. Tingginya jumlah asam folat dalam alpukat sangat penting untuk pencegahan cacat lahir seperti kerusakan saraf dan spina bifida.

Mengurangi Risiko Stroke

Tingginya kadar asam folat dalam alpukat juga melindungi terhadap stroke. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan makanan kaya folat memiliki risiko lebih rendah terkena stroke daripada orang yang tidak.

Melindungi Dari Kanker

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa alpukat dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat. Kandungan Asam folat dalam alpukat juga efektif dalam mencegah kanker payudara.

Menangkal Radikal Bebas

Buah alpukat mengandung glutathione, antioksidan yang kuat untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh. Maka dari itu rajinlah mengkonsumsi buah yang satu ini.

Anti Penuaan

Alpukat kaya akan antioksidan dan sangat bermanfaat untuk mencegah gejala penuaan. Kandungan glutathione dalam alpukat juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, memperlambat proses penuaan dan meningkatkan sistem saraf yang sehat.

Mengobati Bau Mulut

Buah alpukat adalah salah satu obat kumur alami dan obat bau mulut terbaik. Alpukat membersihkan usus, yang merupakan akar penyebab bau mulut dan ini adalah kondisi yang tidak nyaman.

Meningkatkan Asupan Nutrisi

Asupan alpukat dikaitkan dengan peningkatan asupan gizi. Satu studi menemukan bahwa ketika makan salad termasuk alpukat, makanan tersebut menyerap lima kali jumlah karotenoid (beta-karoten dan kelompok makanan lycopene) dibandingkan mereka yang tidak makan alpukat.

Perawatan Kulit

Serat alpukat digunakan dalam banyak kosmetik karena memberi nutrisi dan membuat kulit bercahaya. hal ini juga membantu mengobati psoriasis yaitu suatu kondisi kulit yang menyebabkan kemerahan dan iritasi.

Menambah Berat Badan

Alpukat memiliki 200 kalori setiap 100 gram. Biasanya buah memiliki sekitar 60-80 kalori per 100 gram. Karena jumlah kalori yang tinggi alpukat adalah diet terbaik untuk orang yang ingin menambah berat badan. Alpukat adalah sumber kalori yang sehat, tidak seperti banyak makanan berkalori tinggi lainnya yang dapat mengandung lemak jenuh dan gula berlebihan.

Menigkatkan Asupan Gizi

Buah alpukat mengandung senyawa karotenoid yang membantu tubuh Anda meningkatkan penyerapan Gizi dari makanan yang Anda makan. Jadi Perbanyaklah mengkonsumsi buah alpukat.

Meningkatan fungsi kognitif

Menurut sebuah penelitian, manfaat buah alpukat berguna untuk meningkatkan fungsi kognitif pada mereka yang sudah lanjut usia. Konsumsi alpukat akan meningkatkan kadar lutein pada tubuh. Meningkatnya kadar lutein berefek pada meningkatnya kemampuan memori seseorang.

Mencegah Peradangan Sendi

Alpukat juga memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan sendi karena ada bahan dalam alpukat yang dikenal sebagai fitosterol yang berguna sebagai zat antiinflamasi.

Menjaga Kesehatan Mata

Bagi seorang blogger, hal terpenting adalah menjaga organ mata. Selain mengenakan kacamata di depan komputer atau laptop, Anda juga bisa melindungi mata dengan sering makan alpukat. Alpukat memiliki kandungan karotenoid lutein yang berfungsi melindungi mata dari katarak.

Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat alpukat jarang diketahui banyak orang. Padahal, alpukat bermanfaat untuk menguatkan rambut Anda. Cara menggunakannya. Campur alpukat yang sudah dikupas dengan minyak jojoba. Kemudian oleskan ke rambut yang baru dicuci secara merata di semua bagian rambut. Tutupi kepala Anda dengan shower cap selama 15-30 menit untuk mendapatkan manfaat alpukat maksimum. Lalu bilas sampai bersih.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah alpukat semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: