13 Manfaat Buah Apel Merah untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Di Indonesia, apel dapat tumbuh dan berbuah baik di dataran tinggi dan di iklim subtropis, terutama di Malang (Batu dan Poncokusumo) dan Pasuruan (Nongkojajar) di Jawa Timur. Apel merah adalah buah yang kaya serat dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Kulit merah atau hijau mengandung quercetin yang dapat melindungi dari penyakit jantung dan alergi.

Sejak zaman kuno telah dipercaya bahwa apel merah memiliki banyak khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Manfaat apel merah juga telah dikonfirmasi oleh berbagai penelitian bahwa apel dapat mengurangi, mencegah dan mengobati berbagai penyakit bahkan penyakit fatal seperti stroke yang disebabkan oleh penumpukan kolesterol.

Manfaat-Buah-Apel-Merah
Manfaat Buah Apel Merah

Di berbagai belahan dunia, apel memiliki varietas yang berbeda, salah satunya adalah apel merah atau nama Latin Malus domestica “Red Delicious”, memiliki rasa manis dan asam dan harum dan segar ketika dikonsumsi atau diperoleh sebagai jus apel.

Manfaat Buah Apel Merah

Sumber Nutrisi Tubuh

Apel merah menyimpan banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan. Nutrisi ini adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, serat, fitonutrien dan mineral. Tidak heran jika banyak orang menyukai apel merahsebagai makanan penutup yang sehat.

Kulit Sehat dan Terawat

Kulit yang sehat adalah impian bagi wanita. Apel merah sangat cocok untuk dikonsumsi karena vitamin C dalam apel merah dapat menjaga kulit tetap sehat, dirawat, dan bersinar secara alami.

Menambah Energi

Lelah setelah seharian penuh kegiatan atau pelatihan? Apel merah segar dapat meringankan kelelahan dan letih serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Menurunkan kolesterol

Apel merah dapat menurunkan kolesterol (LDL). Seseorang yang mengonsumsi apel merah dua kali sehari dapat menurunkan kolesterol hingga 16%.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan seseorang menurun selama masa transisi. Akibatnya, Anda tidak dapat melakukan aktivitas secara optimal. Jika Anda makan apel merah setiap hari, Anda terbebas dari penyakit karena antioksidan dalam apel merah sehingga tubuh Anda selalu sehat dan terasa bugar.

Mengurangi Risiko Diabetes

Hampir semua orang menyukai makanan manis. Namun, beberapa orang tidak bisa lagi makan makanan berbasis gula karena mereka berisiko diabetes. Apel merah bisa menjadi camilan manis yang sangat cocok untuk penderita diabetes.

Melancarkan pencernaan

Tubuh membutuhkan serat terutama untuk pencernaan. Serat makanan ditemukan pada kulit apel merah dan dikatakan dapat melancarkan pencernaan dan mencegah gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit.

Penglihatan Lebih Jelas dan Jernih

Apel merah mengandung vitamin A dan antioksidan yang sangat bernutrisi untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah katarak. Anda bisa memakannya setiap hari untuk membuat penglihatan Anda terasa lebih jelas.

Obat Diet Alami

Banyak wanita sering tidak ingin menjadi gemuk, jadi mereka harus menemukan cara untuk menurunkan berat badan. Konsumsi apel merah secara teratur dapat menjadi cara makan yang sehat dan alami.

Obat Kesehatan Gigi

Bagi pecinta kopi dan penggemar makanan manis, apel merah sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan gigi. Apel merah memiliki asam alami, senyawa astrigen dan serat. Apel merah sangat ideal untuk membersihkan dan memutihkan gigi, terutama untuk gigi keropos.

Mencegah Penyakit Kanker

Kulit apel merah juga mengandung antioksidan yang disebut quercetin, yang cukup tinggi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, terutama kanker payudara dan kanker usus besar.

Mencegah Penyakit Alzheimer

Manfaat apel merah juga bisa mencegah penuaan otak jika dikonsumsi secara teratur. Untuk mencegah penyakit alzheimer ini cukup mengkonsumsi buah apel merah.

Menjaga Kesehatan Mata

Apel merah kaya akan vitamin A dan antioksidan yang menjaga kesehatan mata dan dapat mencegah katarak. Karena itu, makan apel merah setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan mata, sehingga penglihatan menjadi lebih jelas dan jernih.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah apel merah semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya