14 Manfaat Buah Duwet untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Buah duwet atau dalam bahasa ilmiah dikenal sebagai Syzigium cumini adalah salah satu jenis buah yang tumbuh di Indonesia dan India. Buah duwet juga dikenal dengan nama buah jamblang ini mudah dikenali dengan warna hitam keunguan dan bentuk bulat oval.

Masyarakat di negara barat menyebut buah ini Black Plum dan tidak hanya di Indonesia, tetapi buahnya sudah dikenal khasiat nya di luar negeri. Selama ini mungkin kita belum mengetahui apa manfaat buah yang satu ini untuk kesehatan. Untuk itu simak terus ulasannya berikut ini, ya!

Manfaat-Buah-Duwet
Manfaat Buah Duwet

Manfaat Buah Duwet

Mengatasi Sakit Lambung

Masalah lambung seperti maag sangat mengganggu. Perut terasa tidak nyaman dan ketika diisi dengan makanan terasa sakit. Di India, penyakit lambung atau maag di masa lalu dapat diobati dengan jus duwet yang telah dipisahkan dari biji dan kulit dan disimpan selama 5 hari. Berbagai senyawa yang membantu memulihkan kondisi lambung meningkat selama penyimpanan. Dengan jus duwet ini Anda dapat mengobati sakit maag dan gangguan pencernaan lainnya.

Meningkatkan Nafsu Makan

Masalah gangguan nafsu makan dapat dialami oleh siapa saja, baik orang tua maupun anak-anak. Penyebabnya sangat beragam mulai dari gangguan pencernaan, sakit perut, sembelit dan penyakit lainnya. Namun, mengonsumsi buah duwet segar ternyata sangat baik untuk meningkatkan sistem pencernaan dan meningkatkan nafsu makan. Anda dapat mengonsumsi 50 gram duwet segar dengan air gula atau madu. Setelah itu, perut Anda terasa enak dan nafsu makan Anda meningkat.

Mengatasi Sakit Kepala

Memang sakit kepala membuat tubuh kurang nyaman. Gangguan sakit kepala dengan berbagai penyebab juga bisa memengaruhi aktivitas. Majalah Tradition Medicine edisi ke-101 menunjukkan bahwa pengobatan sakit kepala dengan duwet terbukti sangat efektif. Kandungan astringen yang ditemukan dalam buah duwet mengurangi sakit kepala dengan berbagai tingkat keparahan. Selain itu, buah Duwet segar memberikan efek segar sehingga penderita sakit kepala merasa lebih nyaman. Dianjurkan untuk mengkonsumsi buah duwet segar sebagai makanan ringan untuk penderita sakit kepala.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Diabetes telah menjadi salah satu penyakit terburuk. Penyakit ini disebabkan oleh fakta bahwa organ-organ yang memproduksi hormon insulin tidak bekerja, sehingga tubuh tidak dapat mengatur kadar gula darah. Makanan yang tinggi karbohidrat dan gula membuat tubuh menghasilkan banyak gula. Pengobatan diabetes dengan buah duwet telah dimulai di wilayah India dan sekarang dapat dipercaya di Inggris. Buah duwet yang telah dibuat menjadi sirup atau jus murni dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan tidak memiliki efek samping.

Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas dapat menyerang tubuh dari berbagai sumber misalnya dari polutan, sayuran yang mengandung pestisida, dan berbagai bahan makanan yang mengandung bahan kimia seperti pengawet dan rasa buatan. Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit degeneratif seperti kanker, tumor, dan masalah jantung. Sementara itu, buah duwet bisa menjadi penangkal kuat radikal bebas karena mengandung flavonoid. Manfaat senyawa flavonoid duwet segar telah terbukti efektif dalam mengatasi serangan radikal bebas dan melindungi terhadap enzim tubuh yang mengandung antioksidan. Di musim hujan, Anda bisa menggunakannya sebagai buah yang sangat baik untuk mengurangi potensi kanker dan penyakit lainnya.

Mengobati Sakit Batuk

Dalam kasus batuk kronis yang sulit disembuhkan buah duwet segar juga dapat dimanfaatkan. Percaya atau tidak, perawatan ini dimulai di pedalaman Madagaskar ratusan tahun yang lalu. Buah duwet yang masih segar mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat melawan bakteri atau infeksi bakteri yang menyebabkan batuk parah. Anda bisa menggunakan campuran duvet segar dengan madu daripada sirup obat batuk.

Membantu Pengobatan Gangguan Limpa

Pembesaran limpa dapat terjadi karena ada sistem tubuh yang mengatur hormon untuk fungsi limpa yang tidak berfungsi dengan baik. Penyakit ini biasanya disertai dengan beberapa gejala, seperti sakit perut, ketidaknyamanan perut, penurunan nafsu makan, dan penurunan berat badan yang menurun secara dramatis. Pengobatan dengan campuran jus buah Duwet segar dan madu untuk mengatasi gangguan limpa tampaknya telah dimulai di Cina dan India. Kandungan penghilang rasa sakit dan hormon penetral sangat efektif. Anda dapat mencampur 50 gram buah duwet yang dipisahkan dari bijinya dan dihaluskan dengan 3 sendok makan madu.

Mengatasi Sakit Perut

Buah duwet yang masih segar mengandung senyawa antosianin, kaemferol dan asam elagic, yang telah terbukti sangat berkhasiat untuk mendukung fungsi pencernaan dan usus dan untuk meringankan masalah tekanan darah tinggi. Anda bisa mengonsumsi buah duwet segar. Namun, ingatlah untuk mencuci diri sendiri terlebih dahulu agar buah duwet bebas dari bakteri atau kuman.

Mengobati Anemia

100 gram buah duwet mengandung sekitar 1,62 miligram zat besi yang berkontribusi sangat baik untuk meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi pasien dengan anemia yang kekurangan sel darah merah dan hemoglobin. Zat besi yang terkandung dalam buah duwet juga sangat baik bagi mereka yang memiliki masalah dengan sel darah merah seperti Wanita yang mengalami menstruasi.

Mencegah Penyakit Maag

Buah duwet juga diperkaya dengan zat antiinflamasi atau anti peradangan yang bisa meredakan rasa sakit akibat radang saluran pencernaan. Serat yang dikandungnya juga efektif untuk memperlancar pencernaan sehingga mencegah masalah sembelit. Selain mengatasi maag dan sembelit, buah duwet juga bersifat dingin di perut sehingga dapat mengatasi gangguan pencernaan lainnya seperti rasa tidak nyaman atau mual.

Menjaga Kesehatan Mulut

Kesehatan mulut gigi dan gusi juga harus dijaga, karena masalah yang terjadi di mulut dapat menyebabkan sakit gigi dan bau mulut. Penggunaan buah dawet secara teratur dapat membantu mengatasi masalah oral atau mulut karena buah duwet mengandung zat antibakteri seperti polifenol yang dapat mengurangi dan membunuh bakteri berbahaya yang hidup di mulut.

Mengatasi Diare

Senyawa antibakteri dalam buah duwet seperti asam malat dan tanin tidak hanya bisa menyelesaikan masalah bakteri di mulut, tetapi juga di saluran pencernaan. Buah duwet telah terbukti efektif mengobati bakteri penyebab diare seperti E. coli dan untuk mengobati diare. Orang India biasa minum jus buah duwet ketika mereka terinfeksi penyakit ini. Anda juga bisa mencobanya jika mengalami diare.

Menjaga Kepadatan Tulang

Tulang yang merupakan alat gerakan pasif dalam tubuh akhirnya menjadi keropos dan kehilangan kepadatannya jika tubuh tidak menyerap cukup kalsium. 100 gram buah duwet mengandung 15 miligram kalsium yang dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian dan menjaga kepadatan tulang dalam tubuh.

Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit mematikan yang terjadi dalam sel karena kerusakan DNA, menyebabkan sel berlipat ganda tanpa terkendali. Kerusakan DNA dalam sel kanker disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk efek radikal bebas dalam asap kendaraan, bahan kimia, dan makanan. Buah duwet mengandung berbagai senyawa flavonoid seperti asam oksalat, asam malat dan vitamin C yaitu antioksidan kuat untuk menangkal efek radikal bebas dalam tubuh yang berbahaya dan dapat menyebabkan kanker.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah duwet semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya