10 Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Kehamilan adalah masa yang harus diperhatikan untuk perkembangan janin. Gaya hidup sehat perlu ditingkatkan untuk membentuk janin yang sehat. Pola hidup sehat selama kehamilan adalah mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Berbagai jenis buah baik yang dikonsumsi selama kehamilan. Salah satu buah yang bisa dikonsumsi selama kehamilan adalah buah pir.

Manfaat buah pir bisa dirasakan oleh ibu hamil dan bayi di dalam kandungan. Pir benar-benar aman dikonsumsi selama kehamilan. Buah yang kaya air ini mengandung berbagai nutrisi yang sangat penting bagi wanita hamil. Buah pir mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalori dan berbagai jenis mineral. Semua nutrisi ini memiliki efek positif dan sangat baik untuk wanita hamil dan janin.

Manfaat-Buah-Pir-untuk-Ibu-Hamil
Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah pir cukup tinggi dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Ibu hamil yang kebutuhan vitamin C-nya cukup terpenuhi selama kehamilan cenderung memiliki risiko lebih rendah tertular penyakit menular seperti batuk, pilek dan flu.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin C dalam buah pir juga dapat membantu menangkal radikal bebas yang bisa membahayakan kesehatan ibu dan janin di dalam rahim.

Membantu Penyerapan Nutrisi

Kandungan vitamin C dalam buah pir tidak hanya dapat meningkatkan daya tahan dan menangkal radikal bebas, tetapi juga meningkatkan penyerapan makanan yang dikonsumsi ibu hamil terutama zat besi. Hal ini tentu saja penting karena jika asupan zat besi baik, perkembangan janin di dalam rahim dapat didukung dengan baik.

Mencegah Sembelit

Sembelit adalah salah satu keluhan yang bisa terjadi pada ibu hamil. Sembelit selama kehamilan dapat disebabkan oleh berbagai hal mulai dari perubahan hormon hingga gizi buruk.

Nah, ibu hamil yang mengalami sembelit selama kehamilan bisa menjadikan pir sebagai “obat”. Menurut Boldsky, kandungan serat yang tinggi pada buah pir dapat membantu meringankan sembelit yang diderita ibu hamil.

Untuk memanfaatkan buah pir, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi buah pir bersama kulitnya karena mengandung banyak serat. Jangan lupa untuk mencuci bersih.

Menyeimbangkan Kadar Elektrolit dalam Darah

kandungan kalium dalam buah pir dapat membantu menyeimbangkan elektrolit dalam darah dan cairan sehingga tubuh berfungsi dengan baik. Kandungan kalium dalam pir juga mengurangi risiko kram kaki, yang merupakan salah satu masalah kehamilan yang dimiliki beberapa wanita.

Mencegah Bayi lahir Cacat

Mengkonsumsi buah pir selama kehamilan juga dapat membantu mencegah bayi cacat lahir. Hal ini karena pir, termasuk buah-buahan yang mengandung asam folat yang tinggi, sehingga mengkonsumsi buah pir selama kehamilan dapat membantu memenuhi kebutuhan asam folat dengan baik. Asam folat merupakan persediaan penting yang dibutuhkan selama kehamilan. Asupan asam folat yang tidak memadai dapat meningkatkan risiko bayi prematur cacat.

Membuat Tubuh tetap Bugar

Perubahan tubuh yang terjadi selama kehamilan dapat dengan mudah melelahkan ibu hamil. Konsumsi buah pir secara teratur dapat meminimalkan risiko ibu menjadi sangat lelah.

Hal ini karena buah pir mengandung magnesium suatu zat yang berperan penting dalam mendukung relaksasi otot dan memberi energi pada ibu dan tidak begitu mudah kelelahan.

Mengurangi Gejala Morning Sickness

Mengkonsumsi buah pir selama kehamilan juga dapat meredakan gejala mual dan muntah, terutama pada trimester pertama kehamilan. Hal ini karena buah pir mengandung vitamin B-6.

Kandungan vitamin B-6 dalam buah pir tidak hanya mengurangi gejala mual di pagi hari, tetapi juga mendukung perkembangan fungsi motorik dan kognitif janin dan bayi baru lahir.

Mempertahankan Kelembaban Kulit

Buah pir yang rasanya segar saat dikonsumsi sangat bermanfaat bagi wanita hamil. Biasanya, wanita hamil menderita masalah kulit seperti kering dan kusam karena pengaruh hormon. Kandungan alami humektan berfungsi untuk menyeimbangkan kadar air dalam tubuh dan menjaga kelembaban kulit.

Kaya akan Asam Folat

Buah pir juga sangat bermanfaat bagi wanita hamil karena kaya akan asam folat. Sementara asam folat sendiri berfungsi sebagai penunjang bagi perkembangan janin dan pencegahan gangguan saraf atau risiko bayi yang dilahirkan cacat. Kekurangan asam folat selama kehamilan dapat menyebabkan bayi prematur dan berat badan rendah.

Kaya akan Vitamin C

Semua jenis buah termasuk buah pir tidak dapat dipisahkan dari kandungan vitamin C. Kandungan vitamin C dalam buah pir sangat bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Karena itu,sehingga terbebas dari dari infeksi penyakit.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah pir untuk ibu hamil semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya