12 Manfaat Buah Apel untuk Tubuh Manusia

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Siapa yang tidak kenal apel? Buah yang sangat populer ini dapat ditemukan di mana-mana, baik di pasar tradisional maupun di swalayan dan bahkan di supermarket. Siapa sangka di balik rasanya yang enak dan segar, ada banyak manfaat kesehatan dari apel yang bisa didapat untuk tubuh Anda.

Selain populer, apel memang memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat kesehatan dari apel yang dapat diperoleh dari tubuh termasuk pengobatan berbagai penyakit dan penggantian sel-sel jaringan tubuh yang rusak. Apakah hanya itu saja manfaat apel bagi kesehatan tubuh?

Manfaat-Buah-Apel
Manfaat Buah Apel

Sepertinya tidak. Manfaat apel bagi kesehatan sangat beragam dan Anda dapat memanfaatkannya sepenuhnya jika Anda makan apel secara teratur tetapi jangan terlalu banyak. Di bawah ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari apel yang harus Anda ketahui.

Manfaat Buah Apel

Mengurangi LDL Kolesterol

Apel adalah sumber pektin yang baik yang membantu menurunkan kolesterol LDL. Pektin mengikat kolesterol dan lemak sebelum tubuh menyerapnya. Juga telah ditunjukkan bahwa polifenol yang terkandung dalam apel menurunkan kadar kolesterol. Mengkonsumsi 2 apel sehari dapat menurunkan kolesterol hingga 10 persen.

Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular ( jantung, stroke)

Quercetin yang ditemukan dalam apel telah terbukti melindungi terhadap penyakit jantung. Sebuah penelitian terhadap 40.000 wanita menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi apel memiliki risiko 13 hingga 22% lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke daripada mereka yang tidak.

Mengurangi Risiko Diabetes

Pektin dalam apel menyalurkan asam galakturonat ke tubuh yang memiliki keuntungan mengurangi kebutuhan insulin tubuh dan membantu mengobati diabetes. Satu studi menemukan bahwa wanita yang makan setidaknya satu apel sehari 28% lebih kecil kemungkinannya untuk menderita diabetes tipe 2 dibandingkan wanita yang tidak makan apel.

Membantu Proses Pencernaan

Apel kaya kandungan serat yang dikenal dapat membantu proses pencernaan. Kulit apel dianggap serat dan obat terbaik untuk sembelit. Untuk itu perbanyak mengkonsumsi apel.

Menjaga Kesehatan Gigi

Serat dalam apel membersihkan gigi Anda sementara khasiat antivirus dari apel melindungi terhadap bakteri dan virus. Menkonsumsi apel juga merangsang produksi air liur di mulut yang membantu mengurangi kerusakan gigi dengan mengurangi jumlah bakteri.

Menguatkan Tulang

Apel mengandung flavonoid yang disebut phloridzine yang diketahui melindungi wanita pascamenopause terhadap osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang. Apel juga mengandung boron yang memperkuat tulang.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Serat larut seperti pektin dalam apel bermanfaat untuk meredakan peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa serat larut dapat mengubah sel-sel kekebalan dengan meningkatkan produksi protein anti-inflamasi, interleukin 4.

Menurunkan Berat Badan

Apel rendah kalori. Ukuran rata-rata apel hanya sekitar 80 kalori yang berarti memiliki kandungan air yang relatif tinggi. Hal ini memungkinkan Anda untuk merasa kenyang ketika Anda mengonsumsi beberapa apel.

Menguangi Risiko Alzheimer

Sebuah studi menemukan bahwa makan apel dan minum jus apel dapat meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi risiko Alzheimer. Menurut sebuah penelitian, kuersetin dalam apel dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

Membantu Diet

Manfaat apel untuk kesehatan lebih lanjut adalah mendukung program diet. Apel sangat berguna bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Seseorang yang berdiet membutuhkan banyak makanan yang mengandung serat, terutama dalam buah-buahan dan sayuran. Apel dipercaya mampu merespons dengan cepat ke lambung untuk mengisi karena serat yang dikandungnya sangat tinggi.

Menetralkan Kadar Gula Darah

Diabetes atau diabetes mellitus adalah penyakit yang sangat menghantui bagi mereka yang sudah memiliki keturunan dari penyakit tersebut. Meskipun rasanya manis, apel dapat secara efektif mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Mengobati Asma

Apel yang dikonsumsi secara rutin tidak hanya dapat mengurangi risiko kanker, tetapi juga dapat mengobati penyakit pernapasan seperti asma. Manfaat kesehatan apel dalam konteks mengobati asma terkait dengan tingginya tingkat quercetin. Kandungan quercetin dapat menjadi anti histamin dan antioksidan untuk mengurangi asma.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah apel semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya