10 Manfaat Buah Berenuk untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Buah berenuk sekilas hampir menyerupai buah maja. Bentuk buahnya bulat, hanya buah Maja yang relatif lebih kecil dari buah Berenuk. Meskipun keduanya adalah 2 jenis buah yang berbeda. Tanaman asli Amerika ini tumbuh subur di wilayah Mojokerto, Jawa Timur, sebuah daerah yang memiliki sejarah panjang sebagai cikal bakal kerajaan Majapahit.

Mungkin karena keduanya sama-sama pahit, diyakini bahwa keduanya adalah obat herbal untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Hampir semua bagian tanaman Berenuk (daun, batang, kulit kayu, akar) dapat digunakan sebagai obat. Berenuk mengandung saponin, poliferol. Buah dan daun berenuk mengandung flavonoid, saponin, tanin, polifenol, vitamin A, C, E, niasin, riboflavin, tiamin, karbohidrat dan mineral seperti natrium, kalium, kalsium, fosfor dan magnesium.

Manfaat-Buah-Berenuk
Manfaat Buah Berenuk

Manfaat Buah Berenuk

Kesehatan dan Kekebalan Tubuh

Kandungan polifenol memiliki sifat antioksidan yang sangat baik dan melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Juga baik untuk sistem kekebalan tubuh

Pengurangan panas

Buah berenuk yang rasanya pahit efektif sebagai penurun panas (antipiretik) dan anti rematik. Juga baik untuk mengurangi panas. tetapi belum pasti kebenarannya.

Obat Hipertensi

Akar tanaman berenuk umumnya digunakan sebagai obat tradisional untuk menenangkan jantung berdebar dan juga untuk mengurangi tekanan darah tinggi (hipertensi). Juga baik untuk tekanan darah tinggi

Obat Gangguan Lambung

Daun berenuk dan buah berenuk yang direndam semalaman dapat mencegah gangguan pencernaan dan perut bengkak. Juga bagus untuk masalah perut

Obat Demam

Buah berenuk bisa mengatasi demam. Demam adalah manifestasi sistemik dan gejala utama penyakit menular. Salah satunya adalah infeksi ISPA (infeksi saluran pernapasan akut). Juga baik untuk demam.

Obat Diare

Buah berenuk bisa digunakan untuk obat pencahar, diare. Buah-buahan dan biji-bijian diperas untuk mengobati diare atau sakit perut yang melilit. Juga baik untuk obat flu

Obat Pernafasan

Buah berenuk dapat digunakan untuk mengobati masuk angin dan flu, pilek, juga untuk bronkitis dan asma. Daun, akar, dan potongan buah Berunuk yang basah dapat diminum untuk mempercepat pernapasan. Juga baik untuk penyakit pernapasan.

Obat Susah Buang Air

Perendaman daun dan buah berenuk dapat digunakan untuk mengobati keinginan untuk buang air kecil (dyssuria). Minum rendaman dalam kondisi hangat.

Obat Kulit & Luka

Daun buah berenuk dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan gatal-gatal dan tapal untuk luka. Untuk fungsi ini, daun Berenuk dicampur dengan daun sirih dan kapur sirih.

Pestisida Nabati

Buah-buahan yang mengandung zat alkaloid dapat digunakan sebagai pengusir untuk tikus, kutu daun dan werang tanaman. Berenuk memiliki efek bakteriostatik (menghambat bakteri). Buah ini adalah pestisida alternatif yang ramah lingkungan dan tidak memiliki efek toksik pada kehidupan. Potongan berenuk juga bisa mengusir semut. Kulit tanaman dapat meracuni ikan.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah berenuk semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya