15 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Manfaat buah kesemek untuk kesehatan yang paling umum adalah menyehatkan mata. Kesemek dengan berbagai keunggulan ini datang dari Cina dan menyebar ke seluruh Asia. Anda bisa langsung mengonsumsi buah ini ketika sudah matang, tetapi jangan lupa mengolesi buah ini dengan garam sehingga rasa sepat dari buah itu hilang.

Buah kesemek dapat ditemukan di daerah Sumatera Utara, khususnya di wilayah Brastagi kemudian di Jawa Barat dan Jawa Timur dan ditanam di daerah tinggi seperti gunung. Buah bernama latin Diospyros kaki ini kaya akan nutrisi, sehingga manfaat kesehatan dari buah kesemek banyak digunakan oleh orang-orang.

Manfaat-Buah-Kesemek
Manfaat Buah Kesemek

Tetapi tahukah Anda bahwa kesemek yang berwarna oranye kecoklatanmemiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh? Berikut adalah manfaat kesemek untuk kesehatan.

Manfaat Buah Kesemek

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah kesemek mengandung 7,5 mg vitamin C per 100 gram. hal ini membuat buah kesemek baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Konsumsi buah kesemek dapat mencegah penyakit seperti flu, asma, dan infeksi paru-paru.

Merawat Sistem Pencernaan

Kesemek adalah buah yang kaya serat. Kehadiran serat dalam buah kesemek membuat buah ini baik untuk mengobati fungsi sistem pencernaan dan mencegah gangguan pencernaan seperti diare, radang usus dan sembelit.

Menjaga Kesehatan Mata

Untuk melindungi kesehatan mata Anda, Anda bisa mengonsumsi kesemek secara teratur. Manfaat kesemek untuk kesehatan mata didasarkan pada keberadaan vitamin A dalam buah. Gangguan kesehatan mata yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah kesemek termasuk kerusakan pada retina dan katarak.

Mengatasi Hipertensi

Manfaat buah kesemek juga dapat digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan untuk merawat kesehatan jantung. hal ini karena buah kesemek mengandung mineral yang disebut potasium yang menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kandungan vitamin B dalam Persimmon baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang baik memberi energi pada tubuh dan organ-organ dapat berfungsi secara optimal.

Menurunkan Berat Badan

Apakah Anda mengikuti program penurunan berat badan? Anda tidak hanya perlu mengatur pola makan, Anda juga perlu makan makanan sehat. Satu hal yang bisa Anda konsumsi adalah buah kesemek. Buah kesemek dikatakan membantu Anda menurunkan berat badan. Kadar lemak dalam kesemek hanya 0,19 gram. Selain itu, kesemek kaya akan serat yang memiliki efek kenyang lebih lama.

Mencegah Kanker

Siapa yang menyangka bahwa buah kesemek juga bisa mencegah penyakit kronis seperti kanker. Manfaat buah kesemek dalam mencegah kanker adalah mungkin karena buah mengandung antioksidan dan fitonutrien yang melawan radikal bebas sebagai pemicu pertumbuhan sel kanker.

Anti-Inflamasi

Buah kesemek mengandung senyawa kimia yang disebut phytochemical yang anti-inflamasi dan anti-infeksi. Mengkonsumsi buah kesemek secara teratur dapat melindungi Anda dari risiko infeksi penyakit.

Mengatasi Wasir dan Ambeien

Manfaat lain buah kesemek adalah pengobatan wasir dan ambeien. Hal ini karena buah kesemek mengandung zat yang bekerja melawan wasir dan mengobati kedua jenis penyakit ini.

Mengobati Anemia

Orang dengan kekurangan darah (anemia) juga dapat mengkonsumsi buah kesemek untuk meningkatkan produksi sel darah merah (eritrosit). Manfaat buah kesemek ini terkait erat dengan kandungan tembaga yang menyerap zat besi sehingga dapat berkontribusi secara optimal pada pembentukan sel darah merah.

Menambah Stamina

Jika akhir-akhir ini Anda merasa kurang berenergi, cobalah konsumsi buah kesemek secara langsung atau mengolahnya menjadi jus kesemek. Buah kesemek dianggap sebagai sumber energi yang baik untuk tubuh karena buah ini mengandung vitamin B yang meningkatkan metabolisme tubuh.

Merawat Fungsi Hati

Hati harus tetap berfungsi sebagai organ vital. Salah satu cara untuk mempertahankan fungsi hati adalah mengkonsumsi buah kesemak secara teratur. Buah kesemek kaya akan antioksidan yang melawan radikal bebas. Seperti kita ketahui, radikal bebas dapat merusak jaringan sel di dalam tubuh, termasuk sel di hati.

Mencegah Penyakit Menular

Kandungan zat antiinflamasi seperti polifenol, fitokimia dan katekin mengarah pada keunggulan buah kesemek yakni mencegah tubuh rentan terserang infeksi penyakit menular.

Menurunkan Retensi Air

Efek diuretik pada buah kesemek dikatakan mampu mengurangi dan menghilangkan retensi air dan meningkatkan volume urin yang bocor dari ginjal. Buah kesemek juga mengandung kalium yang digunakan untuk mencegah penghilangan mineral esensial selama buang air kecil.

Mencegah Penuaan Dini

Buah kesemek ini sangat kaya akan nutrisi penting seperti beta-karoten, lutein dan banyak lagi. Nutrisi ini bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh, sehingga mereka dapat menghilangkan stres dan mencegah tanda-tanda penuaan dini, kelelahan, penglihatan yang buruk, kelemahan otot dan kerutan. Manfaat kesehatan buah kesemek dapat membuat Anda awet muda.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah kesemek semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya