13 Manfaat Buah Merah untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Untuk mempertahankan tubuh yang sehat, Anda perlu memulai hidup sehat dengan pola tidur, makan, dan olahraga yang teratur. Makanan menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap hari, bila tubuh kekurangan asupan makanan akan membuat aktivitas terganggu. Karena stamina berkurang dan tubuh Anda menjadi lemah.

Buah adalah makanan yang banyak mengandung makanan sehat. Dengan mengonsumsi buah, tubuh memiliki cukup vitamin dan nutrisi. Buah-buahan memiliki berbagai jenis mangga, apel, jeruk, buah merah dan sebagainya.

Manfaat-Buah-Merah
Manfaat Buah Merah

Mungkin Anda jarang mendengar buah merah Papua, buah ini hanya tumbuh di Papua, sangat unik dan langka ya. Manfaat buah merah ada bayak salah satunya bisa menurunkan kadar gula dalam tubuh lho.

Manfaat Buah Merah

Tekanan Darah Tinggi

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan tekanan darah, mengkonsumsi buah merah dipercaya dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Beta-karoten yang terkandung dalam buah merah dapat membantu memperlambat pembentukan bintik-bintik di arteri, membuat aliran darah lebih lancar. Dengan cara ini, pembuluh darah yang mengalirkan darah ke jantung dan otak tidak terhalang.

Kanker

Kanker identik dengan penyakit ganas yang sangat sulit disembuhkan, tetapi itu tidak berarti kanker tidak dapat disembuhkan. Kandungan beta-karoten dan tokoferol yang tinggi merupakan alasan mengapa buah merah sangat dianjurkan untuk pasien kanker. Kedua antioksidan ini dapat berkontribusi pada pembentukan sel alami yang dapat menekan pembentukan sel kanker dengan menetralkan karsinogen yang menyebabkan kanker.

Asam Urat

Sama seperti buah merah memperlambat akumulasi lemak dalam pembuluh darah, buah merah juga dapat digunakan untuk mengobati asam urat. Asam urat adalah penyakit yang menyerang sendi dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Biasanya pria di atas 30 tahun lebih rentan terkena asam urat daripada wanita. Mengkonsumsi buah merah dipercaya bisa membantu menyembuhkan asam urat.

Kolesterol

Selain tidak makan makanan berlemak, daging merah, daging jeroan, dan alkohol, penderita kolesterol juga bisa memasukkan buah merah dalam makanan mereka. Buah merah dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat (low density lipoprotein) dan meningkatkan kolesterol baik (high density lipoprotein). Buah merah juga dapat menurunkan risiko kolesterol dengan menyumbat pembuluh darah.

Penyakit Mata

Bagi Anda yang memiliki masalah penglihatan seperti rabun dekat atau kelelahan mata cobalah mengonsumsi buah merah. Kandungan antioksidan dalam buah merah, beta-karoten, dapat membantu Anda menghindari masalah mata. Selain buah merah, kandungan beta-karoten juga ditemukan dalam buah-buahan lain dengan warna domain merah-merah seperti wortel atau kentang manis.

Diabetes Mellitus

Tanda diabetes mellitus adalah kadar gula darah Anda di bawah normal. Indikasi ini mungkin disebabkan oleh melemahnya fungsi pankreas, sehingga tidak cukup insulin yang diproduksi yang digunakan untuk mengontrol kadar gula darah. Penyakit ini cukup berbahaya dan salah satu tindakan pencegahan dan penyembuhannya menyangkut buah merah, karena buah-buahan tersebut mengandung antioksidan tokoferol yang membantu meningkatkan kerja pankreas.

Penyakit Tulang

Penelitian telah menunjukkan bahwa 100 gram buah merah mengandung hingga 55.000 mg kalsium dan level ini dianggap sangat tinggi. Buah merah yang kaya kalsium dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk regenerasi sel di tulang. Selain itu, buah merah juga dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis atau gangguan tulang lainnya.

Lupus

Lupus adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh cacat pada sistem kekebalan tubuh. Beberapa penyakit ini, meskipun tidak menular mengancam jiwa dan bisa berakibat fatal. Mengkonsumsi buah merah diyakini dapat mengatasi masalah ini karena buah merah mengandung antioksidan yang dapat mendorong pertumbuhan sel pembunuh alami.

AIDS

Pengobatan AIDS dengan buah merah telah dikonfirmasi oleh penelitian pada penderita AIDS, Agustina Sawery oleh Drs. I Made Budi M.S. Agustina diberi jus merah tiga kali sehari dan perlahan-lahan menambah beratnya menjadi 46 kg, sementara sebelumnya ia hanya memiliki berat 27 kg. Peningkatan antibodi karena buah merah menekan kerja virus HIV dalam tubuh sehingga tubuh Agustina perlahan mulai membaik.

Tumor

Tumor adalah pertumbuhan sel abnormal yang membentuk jaringan tubuh manusia. Tumor itu sendiri dibagi menjadi dua jenis: tumor jinak yang tidak tumbuh kembali dan tumor ganas yang menyerang jaringan dan dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh. Dengan antioksidan tingkat tinggi dalam buah merah, sistem kekebalan tubuh orang yang mengonsumsi buah merah meningkat dan sel kanker ditemukan lebih mudah membuat pengangkatan lebih cepat.

Hepatitis

Hepatitis adalah penyakit yang menyerang bagian hati Anda yang disebabkan oleh virus. Hepatitis yang tidak diobati dapat menyebabkan kanker hati seperti sirosis. Buah merah mengandung ekstrak antivirus dan antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, kandungan zat dalam buah merah dapat meningkatkan pertumbuhan sel regenerasi di hati.

Meningkatkan Stamina

Penelitian yang dilakukan oleh Drs. Budi M.Sc, dosen di Universitas Cendrawasih, menunjukkan bahwa warga Wamena asal buah merah memiliki stamina yang kuat. hal ini telah diselidiki sehubungan dengan konsumsi teratur buah merah sehingga sebagian besar pria di Wamena memiliki tubuh yang sehat, kekar, dan sehat.

Menjaga Kesehatan Mata

Buah merah juga merupakan salah satu sumber utama beta karoten. Beta karoten adalah jenis vitamin A yang diperlukan mata untuk melihat. Tidak mengherankan, orang-orang di Papua memiliki kesehatan mata yang baik dari mengkonsumsi buah merah ini.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah merah semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya