15 Manfaat Buah Carica untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Mungkin tidak banyak orang tahu tentang Buah Carica, Buah Carica sendiri adalah nama untuk Pepaya Gunung yang dapat ditemukan di daerah dieng Wonosobo. Buah ini sendiri sudah dikenal oleh penduduk Dieng dan Wonosobo. Selain rasanya yang enak juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, walaupun kita hanya bisa menemukannya di wilayah dieng, sebenarnya buah ini adalah buah yang berasal dari dataran tinggi Andes Amerika Serikat.

Buah ini dianggap berhasil dalam budidaya di dataran tinggi dieng dan telah menjadi buah yang unik di dieng. Masyarakat di wilayah dataran tinggi dieng percaya bahwa buah Carica memiliki manfaat kesehatan yang sangat besar. Pohon Carica sendiri adalah pohon yang hanya dapat tumbuh di daerah dengan ketinggian 1.500 – 3.000 meter di atas permukaan laut, yang menjadikan daerah dieng tempat yang sangat baik untuk pohon carica.

Manfaat-Buah-Carica
Manfaat Buah Carica

Manfaat Buah Carica

Melancarkan Pencernaan

Diyakini bahwa kandungan PH dalam buah Carica secara alami dapat membersihkan organ usus. Selain itu juga buah carica dapat menghilangkan bakteri jahat karena pH di usus bisa seimbang. Dipercaya juga bahwa beberapa vitamin dalam usus dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

Menjaga Kesehatan Tulang

Buah carica mengandung kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang kita yang masih dalam masa produktif yang tentunya membutuhkan tulang yang sehat dan kuat di usia produktif untuk mencegah osteoporosis di usia tua. Jangan lupa juga adanya kandungan enzim Lysosm dan Glicopeptidase B dalam buah Carica dapat mencegah dan mengobati sakit punggung terutama pada anda yang duduk terlalu lama.

Sumber Tenaga

Selain itu manfaat buah Carica bisa menjadi sumber energi untuk energi kita, ini tidak dapat dipisahkan dari banyak manfaat nutrisi dari buah Carica yang membuatnya penting untuk menyediakan energi tambahan. Karena itu, buah carica sangat penting bagi anda yang punya rutinitas. Anda bisa makan buah carica di pagi hari sebagai nutrisi tambahan.

Mengatasi Sembelit

Anda yang menderita sembelit dan menginginkan obat yang alami bisa langsung mengonsumsi buah karica, buah karica sendiri memiliki kandungan papain, kandungan papain inilah yang membuat sembelit teratasi, selain itu papain juga berfungsi untuk menetralisir PH di usus, ini juga bermanfaat bagi buah Carica yang sangat baik untuk pencernaan, tetapi juga mengobati berbagai penyakit dalam sistem pencernaan.

Baik untuk Diet

Bagi Anda yang merencanakan program diet, Anda dapat melakukannya dengan mengikuti diet sehat. Diet sehat itu sendiri adalah diet yang menyeimbangkan pola makan dengan pola olahraga, tetapi untuk pola makan yang dapat diimbangi dengan mengonsumsi buah Carica, konsumsilah buah Carica sebagai pendukung diet Anda. Manfaat carica untuk program diet perlu diseimbangkan dengan olahraga teratur.

Meningkatkan Sistem Imunitas

Manfaat selanjutnya dari buah Carica adalah peningkatan kekebalan dalam tubuh yang tentu saja meningkatkan sistem kekebalan tubuh membuat tubuh lebih kebal terhadap penyakit seperti pilek dan batuk.

Kesehatan Mata

Dipercayai bahwa vitamin A yang tinggi dalam buah Carica membuat mata lebih sehat, bagi anda yang sering kabur penglihatannya karena terlalu lama berada di depan komputer atau karena ia sering bermain dengan HP. Maka harus sering harus mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin A. Mata vitamin A juga dapat memiliki efek baik lainnya pada penglihatan.

Memberikan Kehangatan

Di negara asalnya yaitu di Amerika ada banyak buah Carica yang diolah menjadi alkohol. Dengan diolah menjadi minuman beralkohol, buah Carica ini dapat memberikan kehangatan bagi mereka yang meminumnya.

Mencegah Pembentukan Batu Empedu

Batu empedu menghalangi saluran empedu dan menyebabkan peradangan yang menyebabkan sakit perut di tengah dan bahkan dapat menyebabkan rasa sakit untuk waktu yang lama. Salah satu solusi untuk mencegah batu empedu adalah dengan mengkonsumsi buah Carica yang mengandung beberapa enzim yang berperan dalam menekan pembentukan batu empedu di tubuh Anda.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Selain itu, diyakini bahwa buah carica yang mengandung vitamin B kompleks dapat meningkatkan metabolisme tubuh, dengan vitamin B kompleks dalam tubuh memberi metabolisme lebih banyak pada tubuh dengan metabolisme yang baik memberi kekuatan tubuh untuk melawan dan terhindar dari beberapa penyakit seperti Batuk dan flu.

Mengontrol Tekanan Darah

Kelebihan Buah Carica Berikutnya adalah mengontrol tekanan darah dalam tubuh yang diyakini mampu menurunkan tekanan darah. hal ini karena kandungan nutrisi dalam buah Carica. Untuk anda yang sedang tidak mood juga di sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah yang satu ini.

Menghindari Resiko Asma

Kandungan nutrisi buah carica juga bermanfaat untuk mencegah risiko asma pada anak kecil. Dalam beberapa penelitian untuk orang yang menderita asma buah ini juga sering dikonsumsi untuk mencegah penyakit asma agar tidak kembali.

Mencegah Risiko Diabetes

Buah Carica cukup manis tetapi kadar gula dalam buah Carica dapat digolongkan rendah. Untuk anda yang menderita diabetes dan ingin mengkonsumi buah maka bisa beralih ke buah dataran tinggi yang satu ini, namun perhatikan juga takaran yang benar.

Memberi Kesegaran

Buah Carica yang sudah diproses atau belum diolah memberikan kesegaran tubuh karena rasanya yang enak. Buah Carica yang belum diolah tidak selezat yang diolah karena rasanya asam. Kebanyakan memang menyukai buah Carica yang sudah diolah.

Menghilangkan Rabun Senja

Penduduk Wonsosobo percaya bahwa buah carica juga dapat menghilangkan rabun senja. Buah Carica yang mengandung vitamin A masih bisa membantu penderita rabun senja secara bertahap pulih.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah carica semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya