10 Manfaat Buah Dewandaru untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Indonesia dengan ribuan pulau memiliki sumber daya hayati yang melimpah terutama tanaman tropis yang menghasilkan buah tropis. Tidak kurang dari 329 jenis buah-buahan, baik yang merupakan jenis asli Indonesia maupun dari luar Indonesia, dapat ditemukan di Indonesia.

Ada 266 buah asli Indonesia, yang sebagian besar tumbuh liar di hutan dan hanya sebagian kecil yang dibudidayakan. Jika tujuan budidaya adalah untuk mencapai manfaat seperti menanam pohon Dewandaru, karena Dewandaru memiliki manfaat kesehatan.

Manfaat-Buah-Dewandaru
Manfaat Buah Dewandaru

Bagi penggemar cerita Wayang klasik, nama pohon yang satu ini tentunya tidak asing lagi, karena konon pohon ini memiliki semacam “kesaktian” yang bisa digunakan oleh tokoh wayang.

Manfaat Buah Dewandaru

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tahukah Anda bahwa buah Dewandaru dapat menurunkan tekanan darah tinggi? Hal ini karena buah dan daun Dewandaru dapat meningkatkan kualitas zat dan menurunkan tekanan darah tinggi. Juga dikutip dari obat tradisional Brasil, buah Dewandaru digunakan sebagai anti diare, diuretik, anti rematik, anti demam dan anti diabetes.

Menjaga Organ Hati Dari Penyakit Hepatitis

Hati atau liver memiliki fungsi penting bagi tubuh Anda, terutama untuk metabolisme tubuh dan salah satu penyakit yang paling sering menyerang hati adalah hepatitis. Hepatitis adalah peradangan difus jaringan hati yang dapat disebabkan oleh berbagai penyebab seperti virus, bakteri, parasit, bahan kimia dan obat-obatan dengan manifestasi klinis yang serupa.

Untuk mengatasi masalah hati, Anda bisa menggunakan buah Dewandaru. Ini dikonfirmasi oleh sebuah penelitia. Gambaran histopatologis hati tetrachloride yang diinduksi karbon hati dan ekstrak etil asetat yang diberikan dari buah Dewandaru dapat mengurangi degenerasi lemak dengan mengurangi vakuola lemak dalam sitoplasma sel hati.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Tentu saja, jika sistem kekebalan tubuh yang sehat membuat tubuh Anda tetap sehat tetapi seiring waktu jumlah aktivitas dan polusi membuat daya tahan tubuh anda bisa drop, jika anda tidak pandai menjaga kesehatan tubuh.

Agar Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat memanfaatkan buah dewandaru untuk mempertahankan stamina tubuh Anda ketika sistem kekebalan berada pada titik terendah. Anda juga harus berlatih keras.

Penangkal Radikal Bebas

Telah ditemukan bahwa buah Dewandaru tidak hanya mencegah hepatitis, tetapi juga menangkal radikal dengan mencegah kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh proses radikal bebas.

Faktanya, manusia dapat mencegah radikal bebas dengan antioksidan dalam tubuh manusia tetapi sampai batas tertentu. Untuk mencegah radikal bebas ini Anda bisa mengonsumsi buah Dewandaru. Diketahui pula bahwa buah Dewandaru dapat mencegah munculnya sel tumor.

Buah Dewandaru memiliki kemampuan untuk mencegah radikal bebas karena senyawa cardoid yang dikandungnya bertindak sebagai antioksidan. Selain buah-buahan, kartenid juga dapat ditemukan di daun Dewandaru.

Sumber Antibakteri

Biji buah Dewandaru mengandung manfaat untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare yang disebabkan oleh bakteri. Jadi mengapa biji Dewandaru bermanfaat untuk membasmi bakteri?

Hal ini disebabkan fakta bahwa biji buah dewandaru mengandung protein yang berguna untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan kuman di dalam tubuh terutama bakteri yang menyebabkan diare seperti bakteri E. coli.

Mengatasi Diare

Seperti yang kami jelaskan di atas, biji buah dewandaru kecil bermanfaat untuk mencegah perkembangan bakteri. Penyebab diare itu sendiri adalah bakteri yang menyerang usus sehingga menginfeksi usus.

Biji buah Dewandaru sendiri memiliki sifat antibakteri yang dapat menghilangkan bakteri penyebab diare di usus, membuat fungsi usus normal kembali.

Cara mengolahnya pun cukup mudah, yaitu dengan memakan biji. Namun, jangan lupa untuk mencuci biji sampai benar-benar bersih sehingga tidak ada bakteri yang bisa masuk ke tubuh kita dari luar.

Mengobati Nyeri

Selain buah-buahan, ada manfaat daun dewandaru dalam mangobati rasa sakit, karena daun Dewandaru mengandung minyak esensial yang dapat memainkan peran dalam menghilangkan rasa sakit pada tulang dan otot, seperti penyakit rematik.

Dalam hal ini, minyak atsiri dalam daun dewandaru dikatakan bertindak sebagai penghilang rasa sakit atau analgesik. Cara mengolah daun Dewandaru untuk mengatasi rematik cukup sederhana. siapkan sekitar 10 hingga 15 lembar Dewandaru, cuci dulu.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, rebus daunnya dengan tiga gelas air, tunggu hingga mendidih, dan sisakan hanya sekitar segelas air. Konsumsi rebusan dau ndewandaru lebih awal di pagi hari dan di malam hari secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Sumber Astringent

Astringent sendiri adalah zat yang berguna dalam mengurangi pembengkakan yang terjadi pada tubuh seseorang. Astringents bekerja dengan mengurangi pembengkakan selaput lendir.

Zat yang terkandung dalam buah dewandaru tidak mengandung alkohol dan karenanya tidak berbahaya untuk produk kosmetik. Selain itu, astringent juga efektif menghilangkan iritasi kulit yang disebabkan oleh serangga dan jamur.

Mencegah Kanker

Mengkonsumsi buah dewandaru juga memiliki efek positif pada pencegahan kanker yang dikenal sebagai penyakit mematikan. Dengan mengonsumsi buah ini dengan seksama, kesehatan sel-sel tubuh terjaga sehingga sel-sel tubuh yang sehat tidak berkembang menjadi sel-sel kanker.

Mencegah Penuaan Dini

Vitamin C dikenal sebagai nutrisi penting untuk kecantikan karena dapat menjaga kesehatan kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan dini oleh radikal bebas. Karena alasan ini, konsumsi buah yang mengandung vitamin C sangat disarankan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah dewandaru semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: