10 Manfaat Buah Delima untuk Ibu Hamil

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Wanita hamil harus memperhatikan makanan dan minuman yang mereka konsumsi, karena ini dapat mempengaruhi kesehatan diri dan janin mereka. Karena itu, calon ibu cenderung menjadi pemilih dalam urusan makanan sehingga kebutuhan nutrisi mereka dapat terpenuhi selama kehamilan.

Makanan sehat yang bisa Anda pilih adalah buah delima. Science Daily melansir, para peneliti dari klinik Brigham and Women’s Hospital, Amerika Serikat, sedang menyelidiki hubungan antara jus delima selama kehamilan dan efek perlindungan bayi di dalam rahim.

Manfaat-Buah-Delima-untuk-Ibu-Hamil
Manfaat Buah Delima untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Delima untuk Ibu Hamil

Memperlancar Saluran Usus

Delima kaya serat, yang bisa membuat usus wanita hamil lebih mudah. Karena selama kehamilan Anda rentan terhadap sembelit, mulas dan masalah lainnya. Paling tidak, makan banyak buah delima dapat membantu mencegah masalah usus dan masalah lainnya.

Aliran Darah Menjadi Lancar

Delima kaya akan zat besi dan dapat meningkatkan sirkulasi darah. Beberapa wanita rentan terhadap anemia, yang mengganggu aktivitas. Jika anemia terjadi kehamilan jelas terganggu. Karena itu, Anda perlu meningkatkan konsumsi buah delima Anda untuk memiliki efek yang baik.

Memperkuat Imunitas

Selama kehamilan, Anda perlu memperkuat kekebalan tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh dan janin. Buah delima yang kaya akan vitamin C dapat menjadi konsumsi yang sehat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, karena Anda harus tetap sehat dan terhindar dari penyakit menular yang ditandai dengan flu, batuk dan demam.

Rendah Kalori

Delima juga merupakan salah satu buah rendah kalori dan cocok untuk nutrisi ibu hamil. Buah rendah kalori ini juga kaya akan zat besi dan kalsium. Jika Anda mengonsumsi buah delima, janin Anda tentu tidak akan tumbuh berlebihan saat lahir.

Sumber Asam Folat

Wanita hamil membutuhkan sumber asam folat yang cukup. Anda bisa memakan buah delima ini untuk membuat janin tumbuh dengan sempurna. Makan saja buah delima merah sekali sehari untuk memanfaatkannya.

Perkembangan Otak Bayi

Segelas jus buah delima dapat memenuhi setidaknya 10 persen dari kebutuhan asam folat harian yang penting untuk perkembangan otak janin dan saraf bayi.

Mengobati Kram

Kalium adalah mineral lain yang dibutuhkan untuk wanita hamil. Jika Anda mengonsumsi cukup jus delima setiap hari, pasokan kalium dapat terpenuhi. Jus buah delima juga dapat mencegah kram kehamilan.

Melawan Radikal Bebas

Buah delima mengandung antioksidan tingkat tinggi yang membantu memperbaiki kerusakan sel dan melindungi otak anak-anak dari kerusakan. Selain itu, delima juga dapat mengatasi radikal bebas yang terbentuk dalam tubuh dari berbagai proses endogen yang menghasilkan racun.

Kesehatan Sistem Pencernaan

Buah delima adalah sumber serat yang baik. Serat yang terkandung dalam buah delima dapat merangsang pergerakan usus wanita hamil sehingga mereka tidak mengalami sembelit atau gangguan pencernaan lainnya.

Kaya Serat

Setengah cangkir buah delima mengandung sekitar 5g serat. Yang perlu diketahui, serat sangat penting selama kehamilan karena ibu hamil rentan terhadap penyakit sembelit, Sembelit adalah masalah umum yang sering dialami oleh wanita hamil.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah delima untuk ibu hamil semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya