10 Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Jika seorang wanita hamil kekurangan nutrisi, Hal tersebut dapat menyebabkan berbagai kendala seperti mual dan muntah. Akibat rasa mual yang tak jarang disertai muntah-muntah, hal ini membuat wanita hamil berisiko dehidrasi.

Dehidrasi selama kehamilan tidak diragukan lagi memiliki dampak negatif pada janin. Nah, ada satu buah yang sangat cocok untuk ibu hamil dengan kondisi ini yaitu semangka. Berbicara tentang semangka adalah salah satu buah yang baik untuk kesehatan wanita hamil. Ada begitu banyak manfaat buah berdaging merah dan kadar air yang tinggi untuk wanita hamil.

Manfaat-Buah-Semangka-untuk-Ibu-Hamil
Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil

Buah ini sangat kaya air dan memiliki efek positif pada wanita hamil, karena dapat meredakan sakit perut dan pembengkakan. Kadar air dan kadar gula yang tinggi dapat membantu meringankan mual di pagi hari dan dehidrasi selama kehamilan.

Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil

Mengurangi Morning Sickness

Efek morning sickness dapat dikurangi dengan mengkonsumsi semangka secara teratur=. Semangka akan menyegarkan, menenangkan dan membuat hari ibu lebih mudah. Jadi ibu hamil bisa memulai hari dengan segelas jus semangka segar atau beberapa potong semangka segar.
hal ini adalah cara terbaik untuk memulai hari ketika Anda tidak jatuh sakit di pagi hari.

Meredakan Heartburn Saat Hamil Muda

Selama kehamilan, ibu hamil akan mengalami berbagai masalah pencernaan terkait keasaman, masalah lain, dan juga heartburn. Heartburn sendiri adalah suatu kondisi di mana beberapa isi perut didorong kembali ke kerongkongan, menyebabkan rasa sakit yang membakar di dada bagian bawah.

Nah, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah semangka memiliki sifat mendinginkan yang membantu meringankan atau meredakan heartburn sesegera mungkin.

Mengurangi Pembengkakan atau Edema

Edema atau pembengkakan pada kaki dan tangan sangat umum terjadi selama kehamilan. Salah satu cara untuk mengurangi pembengkakan adalah mengkonsumsi buah semangka.

Dengan kadar air yang tinggi sekitar 92%, penyumbatan pada pembuluh darah dan otot yang menyebabkan edema berkurang.

Mengurangi Kram Otot

Disebutkan bahwa tubuh ibu hamil akan mengalami berbagai perubahan selama kehamilan. Perubahan ini berkisar dari berat badan hingga hormon yang menyebabkan nyeri otot dan tulang.

Kram otot adalah masalah lain yang dikhawatirkan ibu hamil. Seperti yang Anda ketahui, kandungan l-citrulline dalam semangka dapat meredakan nyeri otot dengan membantu otot mendapatkan oksigen lebih cepat.

Dengan mengkonsumsi buah semangka dalam bentuk apapun dapat membantu tubuh Anda mengatasi segala perubahan dan meredakan kejang otot dengan benar.

Mendukung Perkembangan Janin

Semangka adalah buah yang sangat bergiz. Buah ini mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin B6 dan mineral seperti kalium dan magnesium. Semua kandungan ini sangat berguna untuk perkembangan mata, otak, saraf, dan sistem kerangka bayi yang belum lahir. Kandungan kalium dan kalsium juga membantu dalam pembentukan tulang janin ibu.

Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih

Pada tahap awal kehamilan, banyak ibu hamil mengeluh infeksi saluran kemih. Hal ini adalah masalah umum tetapi itu akan mengganggu terutama ibu hamil tidak boleh menggunakan obat-obatan selama kehamilan.

Tapi jangan khawatir, buah Semangka telah terbukti menyembuhkan infeksi saluran kemih. Buah berair ini sangat cocok karena kandungan airnya yang tinggi dan sifat antibakteri. Saat Anda mengonsumsi buah ini, saluran kemih Anda bebas dari bakteri berdiri, sehingga anda juga terbebas dari buang air kecil yang terus-menerus dan menyakitkan.

Mencegah Dehidrasi

Tahukah Anda bahwa dehidrasi yang terjadi pada ibu hamil dapat berakibat fatal? Salah satu hasilnya adalah kontraksi dini yang mengarah ke kelahiran prematur. Buah semangka mengandung 90% air, sehingga bisa menjadi asupan yang baik untuk wanita hamil agar tidak mengalami dehidrasi.

Mengurangi Pembengkakan

Pembengkakan adalah salah satu gangguan kehamilan yang paling umum. Pembengkakan yang biasanya terjadi pada tangan dan kaki biasanya disebut sebagai edema. Kandungan air yang terkandung dalam semangka membuat buah ini mampu mengurangi penyumbatan pada pembuluh darah dan otot untuk mencegah pembengkakan.

Mencegah Kram

Kehamilan adalah masa di mana tubuh wanita hamil mengalami berbagai perubahan. Salah satunya adalah perubahan hormon dan berat badan. Kedua perubahan tersebut dapat menyebabkan nyeri tulang dan otot dan menyebabkan kram. Konsumsi semangka secara teratur dapat mengurangi kram otot dan tulang.

Mencegah Pigmentasi Kulit

Keuntungan selanjutnya semangka untuk wanita hamil adalah pencegahan pigmentasi kulit. Pigmentasi sering terjadi selama kehamilan yang disebabkan oleh kadar hormon yang tinggi. Semangka dapat membersihkan tubuh dan menghilangkan semua racun. Buah ini dapat membantu meningkatkan warna kulit, mencegah pigmentasi kulit dan menjaga kulit tetap sehat.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah semangka untuk ibu hamil semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya