12 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Pernahkah Anda memikirkan manfaat kesehatan dari mengkonsumsi Duku? Buah yang juga dikenal dengan nama langsat ini tidak hanya lezat tetapi juga mengandung berbagai bahan sehat. Jadi jangan remehkan manfaat buah duku.

Tidak hanya daging buahnya tetapi juga biji buah Duku dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Agar tidak lebih penasaran, Anda akan menemukan penjelasan yang lebih rinci di bawah ini.

Manfaat-Buah-Duku
Manfaat Buah Duku

Buah Duku kecil dan manis sering digunakan sebagai camilan favorit, terutama ketika musim panen telah dimulai. Namun, tidak bisa dipungkiri, manfaat buah duku untuk kesehatan memang belum menyamai popularitasnya sebagai kudapan biasa.Mulai dari daging, biji, hingga batang buah duku, ternyata bisa memberikan manfaat untuk kesehatan Anda, seperti berikut ini.

Manfaat Buah Duku

Menjaga Kesehatan Jantung

Dipercaya bahwa buah Duku dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah yang sehat karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Dengan kelebihan ini Anda juga bisa terhindar dari penyakit jantung akibat dinding pembuluh darah yang rusak. Vitamin C dalam buah Duku memainkan peran penting dalam memperbaiki dinding pembuluh darah dan mengurangi risiko serangan jantung.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Buah duku adalah salah satu buah yang dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi. Buah ini mengandung vitamin C dan vitamin D untuk membantu mengatasi semua jenis masalah mulut seperti pendarahan gusi, luka dan bau mulut.

Selain itu, buah Duku dapat membuat gigi lebih kuat dan lebih segar karena kandungan fosfornya. Bahkan buah dari Asia Tenggara mengandung kalsium untuk menjaga gigi dan tulang tetap kencang.

Menurunkan Berat Badan

Buah duku dapat membantu seseorang yang ingin menurunkan berat badan karena mengandung serat berkualitas tinggi. Buah duku membantu menghilangkan kalori dan meningkatkan pencernaan. Jika cukup dengan mengkonsumsi duku Anda tidak akan cepat lapar atau haus.

Kandungan nutrisi dalam buah Duku juga dapat mengontrol dan menormalkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan cara ini Anda terhindar dari stroke, serangan jantung, tekanan darah tinggi, kelebihan berat badan atau obesitas.

Mengatasi Diabetes

Sama seperti buah pada umumnya, Duku juga percaya bahwa ia dapat mengobati diabetes atau bahwa kadar gula darah terlalu tinggi. Sebuah penelitian menemukan senyawa alami dalam buah Duku yang dapat menurunkan kadar gula darah dan dengan demikian mengontrol kadar gula darah.

Memperkuat Tulang

Tidak kalah dengan susu, buah duku juga memiliki kalsium dan magnesium yang dapat meningkatkan kekuatan tulang. Rajin mengkonsumsi buah Duku dapat memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Buah berbentuk bulat ini juga mengandung fosfor yang memainkan peran penting dalam kesehatan tulang.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah duku mengandung riboflavin senyawa penting yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks. Menurut hasil penelitian tahun 2005 di “Archive for Ophthalmology”, seseorang yang kekurangan riboflavin dapat meningkatkan risiko penyakit mata terutama katarak.

Tidak perlu khawatir, Anda dapat menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi 3,5 ons Duku yang dipercaya dapat memenuhi kebutuhan asupan riboflavin setiap hari.

Mencegah Anemia

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa buah Duku dapat membantu seseorang menghindari anemia. Manfaat ini adalah karena adanya zat besi dalam buah Duku yang dapat meningkatkan sel darah merah.

Dengan cara ini, buah Duku dapat mengobati anemia. Tetapi bagi mereka dengan tekanan darah tinggi, Anda hanya bisa mengkonsumsi beberapa buah duku dan tidak terlalu banyak.

Mempercantik Kulit

Selain sehat, nutrisi dalam buah Duku juga memiliki efek positif pada kecantikan kulit yang sehat. Buah duku mengandung vitamin C yang berguna untuk melembabkan kulit dan meningkatkan kolagen.

Menjaga Kesehatan Rambut

Vitamin C dalam buah Duku juga dapat membantu menyehatkan kulit kepala, menguatkan rambut dan mencegah kerontokan rambut. Kandungan protein dalam buah yang satu ini dapat memperkuat akar rambut dan meningkatkan kualitas rambut. Anda bisa mengkonsuumsi buah duku untuk menyehatkan kulit kepala dari dalam.

Kaya Serat

Konsumsi 100 g buah Duku segar sesuai dengan 8-11% dari rekomendasi harian untuk konsumsi serat. Seperti yang sudah kita ketahui, peran serat sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh, misalnya dalam mendorong pencernaan untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Antioksidan Alami

Keuntungan selanjutnya dari buah Duku dicapai dengan kandungan antioksidan yang melimpah. Antioksidan membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh dari paparan radikal bebas yang berlebihan. Paparan semacam itu dapat menyebabkan penuaan dini dan meningkatkan risiko penyakit seperti penyakit jantung dan stroke.

Sumber Vitamin B

Buah duku juga dapat digunakan sebagai sumber vitamin B alami tubuh, terutama vitamin B2 atau riboflavin. Vitamin B berguna untuk memproses karbohidrat yang kita konsumsi untuk mendapatkan energi dan untuk menjaga sistem saraf agar berfungsi dengan baik.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah duku semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: