10 Manfaat Buah Jarak untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Buah jarak memiliki banyak manfaat bagi manusia, mulai dari batang, daun, bunga, buah hingga biji. Keuntungan utama buah jarak adalah produksi minyak atau bahan bakar yang terkandung dalam bagian-bagian biji yang mengandung getah risin, terutama untuk jenis jarak wurung dan jarak pagar yang bijinya mengandung lebih banyak getah daripada dua jenis jarak lainnya.

Sehingga jarak wurung dan jarak pagar dibudidayakan oleh banyak orang saat ini. Jarak pagar tidak hanya memiliki efek positif pada bahan bakar tetapi juga memiliki efek positif pada kesehatan. Tetapi tidak semua jenis pohon jarak memiliki manfaat kesehatan, hanya pohon jarak pagar yang dapat memiliki efek positif pada kesehatan.

Manfaat-Buah-Jarak
Manfaat Buah Jarak

Manfaat Buah Jarak

Mengobati Sariawan

Getah jarak dapat digunakan sebagai obat sariawan. Cara mengambil getah dengan kapas, kemudian menempelkannya ke area mulut yang terkena sariawan dan menggunakannya secara teratur sehingga sariawan dapat segera pulih.

Mengobati Sakit Gigi

Lubang pada gigi mudah dimasuki oleh bakteri yang menyebabkan rasa sakit, gunakan getah jarak pada bagian gigi yang sakit, getah jarak bisa mengobati sakit gigi karena getah jarak mengandung zat antimikroba yang mampu memberantas bakteri ecshereccia coli, staphylococcus, streptococcus, .

Mengobati Luka

Buah jarak yang mengandung zat antimikroba, dapat membuat luka cepat kering dengan meneteskan getahnya dengan kapas dan diamkan selama beberapa saat kemudian luka akan mengering dengan cepat.

Mengencangkan Payudara

Bagi wanita, payudara yang kencang adalah bagian dari kecantikan. Untuk mengencangkan payudara, ambil 3 lembar daun jarak, 2 lembar daun pinang, 1 jari jahe dan 1 sendok teh garam. Haluskan semua bahan, lalu oleskan ke dada, biarkan kering dan bersihkan payudara dengan air hangat.

Mengobati Keputihan pada Mulut Bayi

Keputihan pada bayi biasanya disebabkan oleh bakteri Candida yang melekat pada puting ibu dan ketika menyusui bany menyebabkan keputihan di mulut bayi. Untuk mengatasinya, ambil tangkai jarak yang masih segar, ambil getahnya dan teteskan sedikit ke mulut bayi.

Mengobati Rematik

Rematik biasanya suatu kondisi yang umum pada orang tua. Untuk pengobatan, akar jarak dapat digunakan dengan mengambil 25 gram akar jarak kemudian merebusnya dengan 1 liter air.

Mengobati Radang Telinga

Getah pada daun jarak dapat digunakan untuk mengobati sakit telinga yang disebabkan oleh influenza. Ambil getah jarak hingga satu sendok makan dan kemudian teteskan sebanyak enam kali. Diamkan selama beberapa saat, lalu bersihkan dengan kapas.

Memperbesar Alat Kelamin

Banyak pria yang menginginkan alat kelamin besar dapat menggunakan daun jarak pada masalah ini, dengan cara haluskan 10 lembar daun jarak bersama dengan batangnya, 1 buah jeruk nipis, hingga semuanya halus. Kemudian pijat penis menggunakan ramuan tersebut.

Mengatasi Ketombe

Ketombe adalah pengelupasan kulit mati yang berlebihan pada kulit kepala, ketombe biasanya muncul putih pada rambut, daun jarak yang ditumbuk halus dapat digunakan untuk mengatasi ketombe yang kemudian secara rutin dioleskan ke kulit kepala sebelum dicuci.

Memelihara Rambut

Untuk menyuburkan rambut, Anda bisa menggunakan biji buah jarak, hancurkan 20 sampai 30 biji jara kemudian peras minyaknya dan oleskan ke kulit kepala.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah jarak semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya