12 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Buah pir adalah salah satu buah favorit banyak orang. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, ada banyak manfaat kesehatan dalam buah pir yang bisa Anda nikmati. Buah pir sangat populer karena mengandung banyak air yang menyegarkan.

Buah pir dianggap terbaik untuk dikonsumsi saat cuaca sedang panas. Buah berbentuk unik ini tidak hanya enak untuk dimakan, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut beberapa manfaat buah pir untuk kesehatan dari berbagai sumber.

Manfaat-Buah-Pir-untuk-Kesehatan
Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

Meningkatkan Kesehatan Usus

Buah pir adalah sumber serat yang baik. Buah pir berukuran sedang mengandung sekitar 6 gram serat, atau 22% dari kebutuhan serat harian Anda. hal ini membuat pir sangat baik untuk pencernaan. Buah pir juga mengandung prebiotik, yang mampu menjaga kesehatan usus, meredakan sembelit, dan memperbaiki seluruh sistem pencernaan.

Mengandung senyawa bermanfaat

Beda warna, lalu kandungan bahannya berbeda dalam buah. Sebagai contoh, senyawa antosianin yang memberi pir warna merah dikatakan meningkatkan kesehatan jantung dan memperkuat pembuluh darah. Selain itu, pir berkulit hijau diperkaya dengan lutein dan zeaxanthin. Kedua kandungan ini diperlukan untuk menjaga penglihatan tetap tajam.

Anti Kanker

Buah pir mengandung berbagai senyawa yang memiliki sifat anti-kanker, seperti anthocyanin dan asam sinamat. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2013, kandungan flavonoid pir juga dapat melawan kanker payudara dan ovarium.

Menurunkan Berat Badan

Buah pir adalah buah rendah kalori yang mengandung banyak air dan tinggi serat. Kombinasi ini membuat manfaat pir dapat digunakan sebagai camilan diet yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Mengandung Banyak Nutrisi

Buah pir berukuran sedang memiliki beragam nutrisi, termasuk Vitamin C, Pottasium, Vitamin K. Magnesium dan Vitamin B. Buah pir juga mengandung banyak serat yang dapat mendukung saluran pencernaan.

Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Selain buah apel, kandungan serat yang tinggi dalam buah pir juga dapat membantu menurunkan gula darah dan menurunkan risiko diabetes tipe 2. Maka rajinlah mengkonsumsi buah pir.

Mengatur Manfaat phytonutrients

Kulit buah pir dapat mengatur fitonutrien. Komponen ini dapat membantu mengurangi peradangan radikal bebas, yang dapat merusak sel dan akhirnya menyebabkan kanker atau penyakit jantung. Radikal bebas juga dapat mempercepat proses penuaan.

Mudah Dikonsumsi

Buah pir cocok dikonsumsi setiap saat, mulai dari sarapan hingga hidangan penutup. Buah pir ini juga dapat diolah menjadi hidangan yang lebih lezat seperti salad atau dicampur dengan sereal di pagi hari.

Mencegah Radikal Bebas

Manfaat kesehatan pir adalah dalam memerangi radikal bebas. Karena pir mengandung antioksidan tingkat tinggi, berbagai vitamin dan mineral lainnya dapat menangkal radikal bebas dengan melindungi sel dari kerusakan. Radikal bebas dapat menyebabkan kanker tumbuh.

Cocok untuk Diet

Apakah kamu sedang diet? buah pir menjadi salah satu menu yang sesuai dengan daftar menu untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Buah pir tinggi serat dan 100 kalori, membuat Anda merasa kenyang cukup lama. Dalam sebuah penelitian yang memberikan hasil penurunan berat badan dengan makan pir selama 12 minggu.

Bagus untuk Otak

Mengkonsumsi buah pir berukuran sedang dapat mengonsumsi sekitar 15 persen tembaga atau mineral yang lebih kecil setiap hari. Kandungan tembaga yang cukup untuk meningkatkan kekuatan sistem saraf dan kinerja otak. hal ini muncul dari hasil penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas di Missouri, AS.

Meningkatkan Imunitas

Manfaat buah pir untuk kesehatan Anda selanjutnya dapat meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh Anda. Peran ini diambil alih oleh buah pir yang mengandung banyak vitamin C dan K. Jadi sangat baik bagi tubuh untuk menyerap zat besi, kemudian menghasilkan sel darah merah baru untuk sembuh dan untuk memperkuat kekebalan.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah pir untuk kesehatan semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya