12 Manfaat Buah Jeruk Purut untuk Kesehatan

Posted on

Manfaat Buah Jeruk Purut – Sebagian besar dari kita tentu akrab dengan Buah jeruk purut. Daun jeruk purut umumnya digunakan sebagai bumbu masakan. Sementara buahnya beberapa orang menggunakan jeruk purut untuk bumbu saus Pecel, Daun jeruk purut juga dapat menghilangkan amis pada ikan dan membuat minuman yang menyehatkan.

Buah jeruk purut yang memiliki bentuk khas kulit keriput, tidak hanya bisa menjadi penyedap makanan, tetapi juga menjaga beragam manfaat kesehatan. Manfaat buah jeruk purut tidak diragukan lagi tidak dapat dipisahkan dari kandungan yang terdapat dalam buah jeruk purut.

Jeruk-Purut
Jeruk Purut

Manfaat Buah Jeruk Purut

Menjaga Sistem Imun

Kandungan manfaat vitamin C dalam buah jeruk purut bertindak sebagai antioksidan alami yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat mengurangi risiko infeksi dan risiko penyakit lain seperti influenza dan batuk. Caranya mudah, Anda cukup mengambil air dari perasan jeruk purut dan kemudian mencampurnya dengan air hangat. Untuk mendapatkan rasa manis, Anda bisa menambahkan madu. minum ramuan tersebut selagi hangat.

Dektosifikasi Tubuh

Jika sirkulasi darah di tubuh kita lancar dan sehat, kondisi ini dapat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jeruk purut mengandung senyawa volatil yang membantu dalam proses detoksifikasi darah dengan memurnikan patogen jahat yang menularkan penyakit dalam darah. Selain itu, kandungan senyawa ini juga berguna dalam penyaringan zat berbahaya dalam hati dan limpa.

Menjaga Kesehatan Mulut

Khasiat lain dari buah jeruk purut adalah menjaga kesehatan mulut. Anda bisa menggunakan kulit buah dengan menggosoknya langsung ke bagian gusi. Langkah ini akan membantu Anda menghilangkan bakteri jahat yang ada di mulut Anda. Selain itu, minyak yang diperoleh dari ekstrak buah jeruk purut juga dapat diaplikasikan dengan mencampurkan dengan pasta gigi organik atau dengan obat kumur. Dengan langkah ini, Anda tidak perlu khawatir tentang perawatan mulut dan gusi.

Menjaga Sistem Pencernaan

Buah jeruk purut mengandung zat anti-inflamasi yang sama seperti serai atau bumbu dapur jenis lain, yang juga merangsang sistem pencernaan. Jadi jika Anda memiliki masalah dengan sistem pencernaan, seperti sembelit, jerukpurut bisa menjadi alternatif untuk mengatasi gangguan tersebut. Yang lebih menggembirakan, dengan terapi jeruk purut ini Anda dapat menghindari peningkatan risiko masalah pencernaan yang lebih parah seperti tukak lambung, wasir, dan kanker korolektal.

Mengobati Gigitan Serangga

Tanpa disadari, ada banyak kematian manusia akibat gigitan serangga. Keberadaan serangga karenanya tidak selalu dianggap remeh. Tetapi bagi Anda yang ingin mengurangi risiko infeksi gigitan serangga, Anda bisa mencoba mengoleskan lotion atau salep yang mengandung ekstrak buah jeruk purut. Alasan untuk ini adalah bahwa beberapa jenis serangga tidak menyukai kandungan senyawa yang terkandung dalam jeruk purut, citronellol dan limonene.

Untuk Perawatan Kulit

Dalam jeruk purut juga terdapat kandungan antioksidan alami yang bermanfaat tidak hanya bagi kesehatan tubuh, tetapi juga kesehatan kulit kita. Ya, antioksidan yang ditemukan dalam buah jeruk purut dapat mencegah kerusakan sel dan meminimalkan jerawat, bekas luka, dan bahkan tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, berbagai jenis kandungan zat asam dalam jeruk purut juga dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dan mutasi sel.

Mengurangi Peradangan

Jeruk purut juga dapat digunakan sebagai terapi alternatif yang sangat efektif untuk berbagai kondisi peradangan seperti asam urat, edema, radang sendi, rematik dan jenis peradangan lainnya. Metodenya cukup sederhana. Kita bisa mengoleskan minyak yang diekstrak dari Jeruk purut dan mengoleskannya pada bagian-bagian tubuh yang menyakitkan atau bisa dikonsumsi sebagai jus.

Sebagai Aromaterapi

Jeruk purut juga dapat digunakan sebagai aromaterapi untuk menghilangkan stres yang biasanya terkait dengannya. Aroma yang kuat yang dihirup oleh indera penciuman kita dapat memiliki efek menenangkan, pada akhirnya mengurangi kecemasan dan gangguan neurologis lainnya.

Menjaga Kesehatan Rambut

Meskipun kurang populer, bentuk lain aplikasi Jeruk purut adalah campuran perawatan kulit kepala dan rambut. Diyakini bahwa kandungan yang terkandung dalam jeruk purut mampu menjaga kelembaban kulit sehingga masalah ketombe bisa diatasi. Selain itu, kandungannya juga bisa membantu memperkuat folikel rambut, sehingga risiko rambut rontok dan kebokatakan, terutama pada pria, bisa berkurang. penerapannya juga cukup mudah, dengan menerapkan atau mendistribusikan sari jeruk purutpada akar rambut. Lakukan terapi secara teratur.

Merawat Kulit Wajah

Semua orang, terutama wanita, selalu ingin tampil cantik dan menawan, bukan? Karena wajah yang cantik dan menawan dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka. Tetapi tidak jarang kita menemukan banyak dari mereka yang masih memiliki kulit wajah kusam dan bekas jerawat, dan yang secara alami dapat mengganggu penampilan mereka. Jika Anda termasuk di antara banyak wanita yang memiliki masalah seperti itu, coba lakukan perawatan wajah dengan jeruk purut.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Buah jeruk purut kaya akan vitamin C. Selain itu, buah ini juga mengandung berbagai nutrisi sehat lainnya. Buah jeruk purut dapat digunakan sebagai minuman sehat. Minuman ini digunakan untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Menurunkan Stres

Minyak esensial dari ekstrak jeruk purut memiliki aroma yang kuat, minyak ini juga dapat digunakan sebagai aromaterapi. Aromaterapi sendiri memiliki banyak manfaat, termasuk membantu mengurangi stres. Menghirup aromaterapi dapat memiliki efek menenangkan pada Anda yang memiliki masalah seperti gangguan kecemasan dan depresi.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah jeruk purut semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya