Manfaat Buah Juwet

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Buah juwet atau dikenal dalam istilah ilmiah sebagai syzigium cumini mudah dikenali dari warna buah berwarna ungu kehitaman dan bentuk oval mirip buah anggur. Selain itu, juwet ini juga memiliki karakter rasa yang beragam, yang disatukan antara asam, manis dan sepat dalam satu. Buah juwet dapat tumbuh berkelompok di cabang atau batang sehingga sangat mudah diambil.

Buah juwet ini sangat bergizi karena mengandung banyak serat, protein dan mineral diantaranya kalsium, zat besi, magnesium, natrium, kalium, dan fosfor. Buah juwet juga kaya akan vitamin C dengan riboflavin, tiamin, niasin, serta vitamin B6 yang tinggi. Buah juwet tidak hanya memiliki rasa yang beragam tetapi juga banyak kelebihan. Berikut adalah diantara manfaat kesehatan juwet.

Manfaat-Buah-Juwet
Manfaat Buah Juwet

Manfaat Buah Juwet

Menambah Energi

Buah juwet kaya akan karbohidrat, protein dan lemak baik, yang berguna sebagai sumber energi bagi tubuh. Saat tubuh lemah atau habis berolahraga lebih baik memakan buah ini untuk memulihkan energi.

Mencegah Penyakit Jantung

Selain kandungan nutrisi yang disebutkan di atas, buah juwet juga mengandung asam ellagic (ellagitannins), anthocyanidins dan anthocyanin yang memiliki efek antiinflamasi. Senyawa ini juga bertindak sebagai antioksidan yang dapat mencegah oksidasi kolesterol dan penumpukan plak yang menyebabkan penyakit jantung. Selain itu buah juwet adalah sumber potasium. 100 gram duwet mengandung 55 mg potasium untuk mencegah tekanan darah tinggi yang juga memicu penyakit jantung.

Baik untuk Gusi dan Gigi

Karena buah juwet mengandung banyak vitamin C sangat baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Vitamin C dikenal untuk menyembuhkan luka seperti gusi berdarah. Selain itu, sifat antibakteri yang terkandung dalam buah ini juga dapat digunakan untuk mengeluarkan bakteri yang mungkin masuk melalui mulut.

Menyembuhkan Gangguan Pencernaan

Kandungan serat, gula dan bahan aktif dalam juwet meredakan dan menyembuhkan berbagai gangguan pencernaan dan perut kembung. Cukup siapkan jus juwet atau makan langsung dengan sejumput garam untuk hasil yang efektif.

Mencegah Diabetes

Buah yang satu ini memiliki efek antihyperglycaemic atau menurunkan kadar gula dalam tubuh membuatnya sangat baik untuk penderita diabetes. Buah juwet tidak hanya rendah gul, juga telah ditunjukkan bahwa biji dan ekstrak daun dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh dan mencegah dan mengobati diabetes sebagaimana disebutkan dalam sebuah penelitian.

Mencegah Kanker

Beberapa penelitian telah meneliti sifat kemoprotektif buah juwet. Menurut sebuah penelitian ekstrak buah juwet dapat menghambat radiasi yang disebabkan oleh generasi radikal bebas yang menyebabkan kanker.

Mengobati Anemia

100 gram buah juwet mengandung sekitar 1,62 miligram zat besi yang berkontribusi sangat baik untuk meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. hal ini tentu sangat bermanfaat bagi pasien anemia yang kekurangan sel darah merah dan hemoglobin. Zat besi yang terkandung dalam buah juwet juga sangat baik bagi mereka yang memiliki masalah dengan sel darah merah seperti wanita yang mengalami menstruasi.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dan natrium yang tinggi membuat manfaat buah juwet sangat baik untuk mengendalikan detak jantung dan otot jantung. Kandungan ini juga efektif dalam memperkuat dan menangkal serangan jantung.

Obat Infeksi

Bagian lain dari buah juwet seperti daun, kulit kayu, batang dan biji secara tradisional digunakan sebagai obat infeksi bakteri. Tanaman juwer menyimpan senyawa seperti asam galat, asam malat, asam oksalat dan tanin. Kandungan senyawa ini bertindak sebagai sifat antibakteri, antimalaria dan gastroprotektif.

Mencegah Maag

Buah juwet diperkaya dengan zat antiperadangan atau antiinflamasi yang bisa meredakan rasa sakit akibat radang saluran pencernaan. Serat yang dikandungnya juga efektif dalam memperlancar pencernaan yang mencegah masalah sembelit. Selain mengatasi maag dan sembelit, buah juwet juga dingin di perut sehingga bisa mengatasi gangguan pencernaan lainnya seperti mual atau rasa tidak nyaman di perut.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah juwet semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: